Mengharu Biru, 10 Anime Bercerita Sedih yang Bakal Bikin Kamu Nyesek!

Memilih Anime yang menghibur itu sulit, karena rasa “terhibur” orang-orang bisa dibilang bersifat relatif.

Beberapa orang mungkin terhibur karena menonton cerita yang ringan nan kocak. Tapi, ada juga beberapa orang yang justru merasa terhibur saat menonton anime dengan kisah-kisah sedih yang membuat pilu.

Kira-kira apa saja sih anime yang punya kisah sedih itu? Kalau kalian adalah tipe orang seperti yang disebut di atas, langsung aja simak rekomendasi mimin yang satu ini!

1. Hotaru no Haka

Rekomendasi anime tersedih yang pertama adalah Hotaru no Haka atau Grave of the Fireflies.

Anime yang satu ini menceritakan tentang kakak beradik Seita dan Setsuko yang hidup di masa Perang Dunia II. Seita dan Setsuko harus berjuang bersama-sama untuk bertahan hidup ketika serangan negara lawan memisahkan mereka dari orang tuanya,

Setelah orang tua mereka meninggal, mereka memutuskan untuk tinggal di bunker dan kisah penuh haru itu dimulai dari sini.

2. Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou

Masih berlatar peperangan, kali ini ada anime berjudul Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou. Anime ini menceritakan perang berlatar fantasi.

Animovie ini bercerita tentang Maquia, seorang ras Iorph langka yang akhirnya bertemu dengan manusia setelah bertahun-tahun lamanya. Pertemuan antara Maquia dengan bayi bernama Ariel mengubah kehidupan Maquia sepenuhnya.

Maquia mengurus Ariel dengan sungguh-sungguh, meskipun mereka dua ras yang berbeda. Cinta Maquia terhadap Ariel memberikan kita gambaran tentang kasih sayang seorang ibu yang tidak pernah tergantikan.

3. Shigatsu wa Kimi no Uso

Anime tersedih selanjutnya ada Shigatsu wa Kimi no Uso, atau dikenal juga Your Lie in April.

Anime ini menceritakan Arima Kousei, seorang pianis muda berbakat yang mengalami trauma sehingga ia tak lagi bisa memainkan piano seperti sebelumnya.

Suatu hari, Arima bertemu dengan violinis cantik bernama Kaori Miyazono. Kaori memberikan dukungan penuh terhadap Arima, hingga akhirnya Arima secara perlahan mulai mengatasi traumanya dan kembali mengikuti kompetisi piano.

Kaori yang terlihat ceria pun memiliki masalahnya sendiri, karena ia harus berjuang melawan penyakitnya.

4. AnoHana

AnoHana merupakan anime tersedih dengan alur yang cukup unik.

Mengisahkan tentang Jinta Yadomi yang didatangi arwah penasaran bernama Honma Meiko atau Menma.

Menma meminta pada Jinta untuk mengabulkan permintaan terakhirnya sebelum ia pergi ke akhirat. Menariknya, Menma adalah teman masa kecil Jinta.

Mereka pernah menjalin kisah cinta sebelum Menma meninggal. Tentu saja bayang-bayang arwah penasaran Menma membuat Jinta merasa sedih, walau awalnya dia tidak memedulikannya.

Namun, lama-kelamaan Jinta mulai menyadari bahwa arwah Menma benar-benar ada.

5. Plastic Memories

Plastic Memories merupakan anime yang menceritakan tentang robot Android bernama Isla yang memiliki perasaan layaknya seorang manusia biasa.

Gara-gara perasaan tersebut, sang robot pun merasa jatuh cinta pada seseorang karyawan di perusahaan yang menciptakan Isla.

Namun, Isla hanya diberi kesempatan untuk hidup selama 81.820 jam saja karena setelah mencapai 9 tahun, Isla harus dinonaktifkan sepenuhnya.

6. Ansatsu Kyoushitsu

Ansatsu Kyoushitsu atau Assassination Classroom merupakan anime yang berkisah tentang kehidupan sehari-hari makhluk hidup gurita bernama Koro-sensei.

Koro-sensei bekerja sebagai wali kelas di sebuah SMP. Menariknya, murid-murid Koro justru mengemban tugas untuk membunuh Koro-sensei demi mencegah kehancuran bumi.

Koro-sensei memiliki kekuatan super sehingga ia bisa menghancurkan bulan dengan mudah. Setelah bulan berhasil dihancurkan ia akan menghancurkan bumi.

Tapi, Koro-sensei memberi bumi satu kesempatan selama satu tahun.

Dalam durasi tersebut, mengajarkan murid-muridnya untuk bisa mengalahkan dirinya. Tapi apabila ia tak terkalahkan selama durasi tersebut, maka ia akan menghancurkan bumi.

Anime yang satu ini memang tergolong cukup sukses hingga sempat hadir dalam format live-action. Apalagi, film live-action Assassination Classroom juga diperankan oleh Rena Takeda, sosok aktris jelita asal Jepang yang multitalenta.

7. Angel Beats

Angel Beats adalah anime yang mengisahkan kehidupan di akhirat.

Sebuah SMA digunakan sebagai tempat para arwah menghilangkan penyesalan mereka semasa hidupnya agar mereka bisa melanjutkan ke kehidupan setelah kematian.

Luka dan kematian tidak akan ada di tempat ini, meski mereka masih bisa merasa rasa sakit atau hal lain yang pernah mereka lakukan semasa hidup.

Orang-orang yang telah menyelesaikan semua masalahnya akan menghilang dan bereinkarnasi.

Awalnya, Angel Beats memang **menyajikan kisah kocak. Tetapi seiring berjalannya waktu kamu bakal melihat momen-momen sedih yang bikin haru dan pilu.

8. Violet Evergarden

Violet Evergarden menceritakan tentang kehidupan Violet, seorang gadis mantan prajurit yang kini bekerja sebagai juru ketik yang dikenal sebagai Auto Memory Doll.

Sebagai Auto Memory Doll, Violet menuliskan bertugas menulis surat kepada orang-orang, biasanya surat cinta.

Karena profesi Violet sebelumnya adalah seorang prajurit, ia pun jadi tidak memiliki perasaan lagi gara-gara hanya bertugas untuk mengeliminasi lawan.

Dengan menjadi Auto Memory Doll, Violet mulai memahami perasaan manusia dan emosinya perlahan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

9. 5 Centimeters per Second

5 Centimeters per Second merupakan salah satu film paling populer yang pernah dibuat oleh Makoto Shinkai karena jalan ceritanya yang bagus dan visual yang indah.

Anime ini menceritakan tentang drama percintaan anak muda bernama Takaki Tohno yang terbagi dalam tiga fase.

Fase pertama bercerita tentang Takaki yang bertemu dengan cinta pertamanya, Akari, tetapi mereka harus berpisah.

Fase kedua menceritakan tentang Takaki yang sudah remaja, tetapi masih belum bisa melupakan Akari.

Fase ketiga menceritakan kehidupan dewasa Takaki yang masih mengharapkan Akari.

Sayang, pada akhirnya Takaki harus mengetahui kenyataan pahit bahwa Akari ternyata sudah menikah.

Benar-benar satu kisah sedih yang membuat hati merasa pilu.

10. Clannad

Clannad merupakan anime komedi romantis dengan drama yang cukup menyedihkan.

Anime ini menceritakan tentang Okazaki Tomoya, seorang berandalan yang merasa bahwa hidupnya sangat biasa saja.

Namun, kehidupan Okazaki berubah sepenuhnya setelah iya bertemu dengan gadis bernama Furukawa Nagisa.

Bonus: Clannad: After Story

Kalau kamu sudah sedih dengan cerita Clannad, maka kamu harus lanjut nonton musim keduanya yang berjudul Clannad: After Story.

Lanjutan dari Clannad ini bercerita tentang kehidupan Okazaki dan Nagisa setelah berpacaran.

Akan ada banyak momen-momen menyedihkan yang terjadi di Clannad: After Story, jadi sebaiknya kamu persiapkan banyak tisu untuk menyeka air mata yang mungkin akan mengalir deras selama cerita berjalan.

Itulah rekomendasi anime tersedih yang bakal membuat kamu nyesek karena ceritanya yang menyayat hati.

Kalau mau nonton anime di atas, sebaiknya kamu persiapkan tisu yang banyak ya! Seperti sebelum-sebelumnya, mimin juga ingin ingatkan kalian untuk menonton anime tersebut di platform legal gratis ini yaa!

Ikuti terus media sosial YODU untuk berbagai berita seputar game, esports, teknologi, dan anime ya!

More Stories
Promo Agustus YODU: Promo Merdeka! Bebas Top-Up Games Favorit