Inilah 5 Cara Atasi Game Free Fire Gagal Login dan Error

Apabila ada error sehingga Free Fire jadi tidak bisa login, pemain umumnya akan panik seketika. Apalagi buat para player Free Fire garis keras, yang enggak bisa melewatkan hari tanpa main game Free Fire walau hanya sehari.

Tapi … Enggak usah panik! Masalah game Free Fire error login itu sebetulnya punya solusi dan jawaban kok! Gimana cara memperbaikinya? Simak beberapa tips berikut ini ya!

Ketahui Penyebab Game Free Fire Tidak Bisa Login

Hal yang pertama kali dilakukan saat game tidak bisa dibuka adalah dengan mencari tahu apa penyebabnya.

Sebenarnya, kasus error login game Free Fire ini jarang dialami oleh pemain. Kalaupun terjadi, biasanya penyebab hal tersebut adalah karena sedang maintenance sehingga server game Free Fire memang sengaja ditutup sementara oleh Garena.

Maintenance itu sendiri dilakukan untuk menghadirkan update atau menambahkan fitur-fitur baru pada permainan. Jadi jangan heran jika kalian mengalami error login game Free Fire di masa-masa pergantian season.

Namun tak menutup kemungkinan jika game FF tidak bisa diakses karena sistem mendeteksi kecurangan atau cheat. Sistem pertahanan dalam game Free Fire akan secara otomatis memblokir para pemain curang yang menggunakan mod apk illegal.

Tips Atasi Game Free Fire Error

Sebelum mengeluh, kalian harus memastikan terlebih dahulu apa yang membuat game FF error dan tidak bisa login. Apakah game Free Fire emang sedang maintenance? Atau kalian menginstall apk mod yang mencurigakan?

Jika sudah mengetahui penyebabnya, lakukan beberapa tips ini untuk mengatasi game Free Fire error dan tidak bisa login berikut ini.

1. Periksa Jaringan Internet

Jika game Free Fire tak bisa diakses, jangan langsung panik ya!

Pertama, kalian harus memeriksa jaringan internet yang sedang digunakan. Apakah kalian menggunakan mobile data atau jaringan Wifi atau modem? Jika menggunakan Mobile Data, pastikan kuota internet masih memadai untuk mengakses game. Untuk pemain yang menggunakan jaringan Wifi, lebih baik memeriksa apakah masa berlangganan belum jatuh tempo dan internet berjalan dengan baik.

2. Update Game Free Fire

Saat game Free Fire error, kalian harus memeriksa Play Store atau App Store untuk memastikan apakah versi terbarunya sudah terpasang. Pasalnya, notifikasi tentang update seringkali terlewatkan sehingga pemain tak melakukan pembaruan ke versi terbaru.

Hal tersebut kerap kali jadi salah satu penyebab game Free Fire tidak bisa diakses. Jadi, update aplikasi Free Fire terlebih dahulu agar kalian bisa login game tanpa masalah. Setelah itu, jangan lupa untuk restart handphone agar sistem lebih ringan dan tidak lag.

3. Mengosongkan Space Storage HP

Game Free Fire memang hanya membutuhkan storage sekitar 401 MB saja. Tapi, walau ukurannya kecil, game ini tetap membutuhkan storage tambahan ketika melakukan update maupun menjalankan sistemnya.

Biar enggak gagal login melulu, cobalah untuk mengosongkan sedikit memori handphone kalian. Jadi jangan sampai habis hingga limit, sisakan space kosong sekitar 1 (satu) hingga 2 (dua) GB di storage kamu.

Dengan demikian game Free Fire versi terbaru bisa dipasang dan dimainkan seperti sedia kala.

4. Hapus Cache Game Free Fire

Cache adalah tumpukan sampah dari aplikasi-aplikasi yang tersimpan di dalam memori handphone. Semakin sering dijalankan, maka cache aplikasi akan semakin memakan space memori gadget kalian.

Cara membersihkan cache Free Fire sangatlah mudah, berikut tata caranya: Masuk ke ‘Pengaturan’ atau ‘Setting’ > klik pilihan ‘Aplikasi Terinstal’ atau ‘Installed App’ > Caril ikon game Free Fire > pilih ‘Hapus Cache’ atau ‘Clear Cache’.

Langkah-langkah di atas tetap bisa diikuti apapun jenis HP Android yang kamu miliki. Sebab, rata-rata HP android punya cara yang serupa untuk membersihkan cache.

5. Hapus Data Game Free Fire

Menghapus data game Free Fire juga bisa dilakukan untuk mengatasi gagal login. Caranya enggak beda jauh dengan penghapusan Cache. Kalian hanya perlu masuk ke ‘Pengaturan’ lalu klik ‘Akun Terinstall’ dan pilih ikon game Free Fire. Bedanya, kali ini kalian harus mengklik tombol ‘Clear Data’.

Cara ini tak akan menghapus aplikasi, namun justru akan menghilangkan semua data yang tersimpan di dalamnya termasuk akun in game kalian.

Tidak usah khawatir, sebab jika akun game sudah terhubung dengan media sosial atau email maka data permainan kalian juga akan selamat. Setelah proses penghapusan data selesai, buka game Free Fire, dan lakukan login ulang dengan akun yang terhubung.

(Bonus Tips) Haramkan Penggunaan Mod Apk

Menggunakan cheat atau mod apk ilegal adalah dosa terbesar dalam game Free Fire yang tidak akan ditoleransi oleh pengembang.

Jika terdeteksi, akun game kalian akan langsung kena banned dan hilang tanpa jejak. Sayangnya, banyak pemain baru yang enggak sadar dengan hal ini dan malah bingung saat game Free Fire error tidak bisa login.

Tak sedikit pemain yang kehilangan akun setelah kedapatan menggunakan cheat. Jika hal ini terjadi pada kalian, ikhlaskanlah sebab akun tersebut tidak akan pernah bisa diakses kembali. Satu-satunya cara, kalian harus membuat akun baru.

Sebelumnya, kalian harus meng-uninstall mod apk dan menghapus semua cache maupun data game Free Fire. Bila perlu, hapus dan re-install kembali game Free Fire sebelum login dengan akun yang baru.

Semoga tips ini ampuh ya, teman-teman! Sebab untuk beberapa kasus, pengembang bahkan memblokir seri handphone cheater sehingga walaupun sudah di-install ulang, game Free Fire tetap tak bisa diakses.

More Stories
Promo Agustus YODU: Promo Merdeka! Bebas Top-Up Games Favorit