Daftar 10 Game Horor PS1 yang Dijamin Bikin Kamu Merinding Ketakutan!

game horor ps1_cr

Sejak zaman PlayStation 1, game bergenre horor memang menjadi jenis game yang sangat diminati karena bikin pemain tegang karena gameplay-nya.

Nah, ada beberapa game horor PS1 yang mungkin secara tidak sengaja bikin masa kecil kamu trauma.

Selain dari game horor Indonesia yang selalu bikin bergidik, game horor PS1 apa saja sih yang menarik? Yok! Langsung aja baca daftar rekomendasi dari mimin ini:

10. Galerians

Galerians adalah game survival horror yang dikembangkan oleh Polygon Magic.

Game ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Rion yang tiba-tiba mengetahui bahwa dirinya punya kemampuan psychic. Namun, dirinya mengalami amnesia. Ketika sedang mencoba mengembalikan ingatannya, dia sadar bahwa dirinya adalah harapan terakhir umat manusia untuk bertahan hidup dari serangan Galerian.

Rion mempunyai beberapa kekuatan psikis yang telah dikuasai. Ia mampu menggunakan kekuatan telepati untuk mendapatkan petunjuk memecahkan teka-teki yang ada.

9. Nightmare Creatures

Nightmare Creatures merupakan game single-player berlatar abad pertengahan, tepatnya tahun 1666. Pada zaman itu, kultus pemuja setan bernama Brotherhood of Hecate sedang melakukan eksperimen jahat untuk mengambil alih kekuasaan di dunia.

Brotherhood mencoba mengembangkan elixir yang memberi mereka kekuatan super. Alih-alih, menciptakan manusia super, eksperimen mereka malah menghasilkan monster yang disebut sebagai Nightmare Creatures.

Ketika bermain, kamu dapat menggunakan karakter bernama Ignatius atau Nadia yang dilengkapi dengan persenjataan berupa pistol, ranjau, bom api, serta mantra sihir yang bisa digunakan oleh masing-masing karakter.

8. Echo Night

Echo Night adalah game petualangan horor dari FromSoftware yang bercerita Richard Osmond. Richard adalah seorang pria yang sedang mencari tahu tentang kapal Orpheus yang menghilang secara misterius di lautan.

Game ini dimainkan secara first person perspective yang membuat seramnya genre horor jadi semakin merasuk ke relung jiwa. Saat pemain berhadapan dengan hantu, pemain diharuskan untuk menyalakan lampu di ruangan untuk mengusir para hantu. 

7. Clock Tower

Clock Tower adalah game petualangan point-and-click survival horror dengan grafis 2D. Pemain mengontrol kursor untuk mengarahkan karakter utama, Jennifer Simpson, atau memberi perintah seperti menyelidiki objek atau membuka pintu. Jennifer bisa berjalan dan berlari dengan menggunakan stamina. Dia dapat memulihkan staminanya dengan duduk di lantai. 

Potret karakter Jennifer di sudut layar akan berubah tergantung pada tingkat staminanya. Selain berinteraksi dengan objek dalam game, Jennifer juga dapat menyimpannya di inventory untuk digunakan di sepanjang permainan.

Game ini mempunyai delapan ending yang dijamin akan membuat kamu betah main untuk mencari semua ending-nya.

6. Alone in the Dark

Alone in the Dark dianggap sebagai nenek moyang game bergenre survival horror.

Game ini memiliki latar tahun 1924. Alone in the Dark bercerita tentang Jeremy Hartwood, seorang seniman terkenal dan pemilik rumah Louisiana Derceto yang telah melakukan bunuh diri dengan cara gantung diri. Kematiannya memang dianggap mencurigakan, namun tidak mengejutkan karena Derceto adalah tempat angker. 

Pemain dapat memilih antara protagonis pria atau wanita (Edward Carnby atau Emily Hartwood masing-masing). Siapaun yang kita pilih, karakter kita akan terjebak di dalam rumah angker Derceto di awal permainan. Pemain ditugaskan untuk menemukan jalan keluar dari mansion sambil menghindari atau mengalahkan berbagai makhluk astral. 

Meskipun mampu membunuh lawan menggunakan tangan kosong, pemain juga dapat menggunakan berbagai senjata yang ditemukan.

Ada beberapa lawan yang bisa dikalahkan dengan memecahkan teka-teki tertentu daripada melawannya secara langsung.

5. Koudelka

Koudelka merupakan game RPG horor yang bisa dibilang sebagai game horor PS1 dengan latar cerita yang “gelap”.

Di dalam game ini pemain akan bermain sebagai Koudelka Lasant yang bertemu dengan kejadian-kejadian mengerikan saat dalam perjalanan menuju Nemeton Mansion yang misterius. 

Layaknya game RPG horor pada umumnya, Koudelka memiliki unsur aksi, eksplorasi, serta teka-teki sulit yang harus dipecahkan oleh pemain.

4. Parasite Eve

Parasite Eve merupakan game pesaing berat Resident Evil pada zamannya.

Game tersebut bercerita tentang polisi bernama Aya Brea yang sedang berjuang melawan monster mutan mengerikan bernama Eve.

Monster tersebut mengancam seluruh kehidupan di bumi termasuk manusia dan hewan, sehingga game ini dijamin akan memberi kamu pengalaman ngeri dibalut aksi seru melawan monster-monster tersebut.

3. Dino Crisis

Dino Crisis telah menjadi salah satu game PS1 terbaik pada masanya karena gameplay dan jalan ceritanya yang menarik.

Bisa dibilang, Dino Crisis punya suasana yang mencekam seperti Parasite Eve dan Resident Evil, namun dengan dinosaurus sebagai lawan pengganti mutan atau zombie.

2. Resident Evil

Resident Evil mungkin menjadi satu-satunya game yang waralabanya masih aktif hingga saat ini.

Game ini memang begitu populer. Bahkan, beberapa game Residents Evil di PS1 adalah judul game yang membuat seri ini jadi populer seperti Resident Evil 2 atau Resident Evil 3: Nemesis.

Resident Evil diterima dengan sangat baik, menerima pujian untuk grafis, gameplay, suara, dan suasana. Selain video game, Resident Evil telah mempopulerkan kembali zombie dalam pop culture akhir 1990-an. Sejak saat itu, Resident Evil telah dipuji sebagai salah satu game paling berpengaruh sepanjang masa.

1. Silent Hill

Gamer pastinya sudah nggak asing lagi mendengar nama yang satu ini. Silent Hill mungkin telah menjadi game horor PS1 yang memberikan rasa trauma mendalam bagi pemainnya. Namun, buat kamu yang belum pernah main game ini, mimin sangat sarankan untuk mainkan game ini!

Itulah beberapa game horor PS1 terbaik yang bikin trauma karena gameplay-nya yang mencekam dan menegangkan. 

More Stories
MAJAMOJO Luncurkan Boxing Star: KO Master dan Gerakan #HidupkanTinjuIndonesia