10 Perubahan di Dota 2 Update 7.31, Hadirnya Primal Beast dan Rework Techies

Primal Beast jadi hero ke 123 di Dota 2 update 7.31

Dota 2 akhirnya mendapatkan update 7.31 yang membawa perubahan besar. Dua sorotan di update ini adalah Primal Beast yang merupakan hero baru dan hero Techies yang mendapat Rework.

Tapi selain itu, masih banyak perubahan lain lagi yang terjadi. Apa saja? Isinya? Berikut pembahasan dari kontributor YODU

1. Hadirnya Primal Beast, Sang Predator Buas di Dota 2

Hero baru yang dimunculkan di Dota 2 adalah Primal Beast yang bertipe strength. Sebelumnya, hero ini telah muncul di event Aghanim Labyrinth sebagai boss terakhir.

Primal Beast memiliki kemampuan inisiasi yang sangat baik berkat skill Onslaught dan Trample yang memiliki kemampuan area dan dapat mengacak teamfight lawan. Selain itu, ia juga memiliki skill pasif yang dapat menambah damage dan armor.

Pulverize yang merupakan skill ultimate dari Primal Beast yang mengunci satu hero dan dapat memberikan damage dan stun di area sekitar.

2. Techies yang Tidak Lagi Sama

Techies mendapatkan perubahan yang sangat drastis di patch 7.31. Jika kalian pernah bertemu baik sebagai musuh ataupun sekutu kalian pasti paham betapa kesalnya jika terkena bom walau ia tidak berada di tempat.

Kini, Techies lebih dipaksa untuk aktif di teamfight dengan dihapusnya Stasis Trap dan Remote Mine dan diganti dengan 2 skill baru yakni Sticky Bomb yang dapat memperlambat musuh dan memberikan efek area dan Reactive Taser yang dapat memberikan efek disarm.

Skill Techies yang tersisa yakni Proximity Mines kini menjadi skill ultimate dan Blast Off kini tidak bisa memberikan efek lethal.

3. Jungle yang Semakin Sulit Dibunuh

Neutral creep mendapatkan perubahan yang signifikan dengan mendapat semua skill aktif. Tidak hanya itu, seluruh neutral creep juga lebih kuat berkat tambahan nyawa setiap 7,5 menit yang membuat kalian yang mencari gold di jungle harus bekerja lebih keras.

Selain itu, kalian juga lebih rawan terkena rotasi support atau smoke karena waktu untuk membersihkan jungle juga lebih lama.

Meski begitu, perubahan ini menguntungkan hero yang mampu mencuri jungle creep seperti Chen dan Enchantress. Selain itu, hero yang mengandalkan Helm of Dominator seperti Lycan dan Beastmaster juga diuntungkan dengan adanya jungle creep yang memiliki berbagai efek kuat terutama ketika melakukan push objektif atau teamfight.

4. Neutral Creep Baru

Selain perubahan besar di ranah neutral creep, area jungle juga kedatangan 3 neutral creep baru yakni Ancient Iced Shaman yang dapat melempar bom dengan efek unit dan bangunan.

Selain itu ada Ancient Frostbitten Golem yang mempunyai skill mengurangi cooldown dan neutral creep terakhir ada Warpine Rider yang dapat memberikan efek damage dan slow.

5. Posisi Bounty yang Berubah

Meski map tidak banyak berubah dari patch 7.31, hanya letak bounty yang kini berubah dari yang semula di ancient masing-masing tim berubah ke arah jungle utama tim.

Sejatinya tidak banyak berpengaruh namun bagi tim yang hancur tower tier 1 atau 2 terlebih dahulu bakal kesulitan untuk membalikkan keadaan mengingat posisi outpost juga berada di jungle tim.

6. Marci Akhirnya Mendapat Upgrade Aghanim

Setelah datang dengan tanpa kehadiran efek Aghanim, Marci akhirnya mendapatkan efek baik Aghanim Scepter dan Aghanim Shard.

Untuk Aghanim Scepter mengurangi ultimate Marci yakni Unleash sebesar 10 detik dan ketika diaktifkan seluruh skill Marci juga memicu efek dari Unleash. Sedangkan untuk Shard, Rebound kini dapat melempar teman ke area yang dituju.

Walau kini Rebound tidak dapat menarget lawan namun dengan kehadiran Shard membuat Marci memiliki kemampuan tambahan untuk menyelamatkan teman.

7. Hadirnya 3 Item Baru

Selain neutral creep baru, terdapat 3 item baru dari patch 7.31 yakni Revenant Brooch yang dapat menyerang musuh walau dengan efek ethereal.

Selain itu ada Wraith Pact yang dapat menurunkan damage baik attack dan spell lawan dan terakhir ada Boots of Bearing yang berguna untuk support karena menambah movement speed dan attack speed kawan.

8. Aghanim Shard yang Lebih Cepat Dibeli

Aghanim Shard merupakan salah satu item yang dapat menambah kemampuan hero dengan harga yang cukup murah.

Kini Aghanim Shard dapat dibeli di menit ke 15 setelah sebelumnya baru bisa dibeli ketika 20 menit. Tentu perubahan ini membuat teamfight dapat berjalan lebih cepat.

Terdapat berbagai hero yang sangat diuntungkan dengan hadirnya Aghanim Shard seperti Chen yang dapat menarget creep ancient dan Shadow Shaman yang menghadirkan Serpent Ward ketika melakukan Shackle.

9. Perubahan Item Awal

Wraith Band, Null Talisman, dan Bracer sering kali menjadi item awal game yang menambah status dari hero. Kini item tersebut semakin diperkuat dengan dapat efek 2 kali lipat ketika memasuki menit ke 25.

Perubahan ini tentu sangat berguna untuk pemain support karena bisa memberikan efek tambahan ketika memasuki midgame ditambah lagi harganya yang terbilang murah sehingga bisa menjadi investasi berguna bagi hero yang tidak membutuhkan banyak gold.

10. Buff dan Nerf Hero

Tidak lengkap jika patch 7.31 juga membawa serangkaian perubahan untuk hero baik yang mendapatkan buff ataupun nerf.

Selain Techies, terdapat berbagai hero yang mendapatkan skill baru seperti Omniknight, Underlord, dan Zeus.

Untuk rincian detail perubahan patch 7.31 bisa kalian lihat di blog Dota 2.

Apa pendapat kalian terhadap Dota 2 Update 7.31 ini? Apakah Primal Beast terlalu IMBA? Apakah nerf Techies sudah cukup buat kalian bahagia? Share artikel ini dan tulis pendapatmu ya!

More Stories
7 Fakta Bazz B-Bleach: Sahabat Jugram, Ingin Membunuh Yhwach?