7 Fakta Kenpachi Zaraki Anime Bleach, Petarung Terkuat Gotei 13!

Kekuatannya tiada tara!

Zaraki Kenpachi adalah salah satu karakter paling unik manga dan anime Bleach.

Dia adalah Shinigami penggila pertarungan dan selalu menyajikan pertarungan yang seru, sadis, dan brutal di sepanjang cerita Bleach. Berbicara mengenai Zaraki nih, apakah kamu tahu nama asli karakter ini?

Atau, tahukah kamu kalau Zaraki ternyata pernah bertarung dan dikalahkan oleh Kenpachi pertama?

Jelang comeback-nya anime Bleach di tahun 2022 ini mendatang nanti, simak pembahasan kontributor YODU soal 7 fakta Kenpachi Zaraki dari anime Bleach 2022 berikut ini:

SPOILER ALERT!

1. Kenpachi Zaraki Bukanlah Nama Asli

Kenpachi Zaraki mungkin adalah satu-satunya karakter Bleach yang tidak memiliki nama asli. Nama Zaraki sendiri dia ambil dari daerah asalnya di Soul Society yang bernama Zaraki.

Daerah ini adalah Distrik ke-80 di Rukongai dan disebut sebagai distrik paling berbahaya di Soul Society di mana hukum rimba berlaku.

Nama Kenpachi sendiri sebenarnya adalah gelar. Gelar ini diberikan kepada Shinigami yang berhasil menjadi komandan Divisi 11 setelah mereka mampu mengalahkan dan membunuh komandan Divisi 11 sebelumnya dalam pertarungan resmi satu lawan satu.

2. Kenpachi ke-11 dalam Sejarah Soul Society

Sepanjang sejarah Soul Society dan Gotei 13 didirikan, sudah ada cukup banyak Shinigami yang menduduki posisi kapten Divisi 11 dan menyandang gelar Kenpachi.

Nah, Kenpachi Zaraki yang kita kenal saat ini merupakan Kenpachi generasi ke-11. Dia mendapatkan gelar tersebut setelah berhasil mengalahkan Kenpachi ke-10, Kenpachi Kiganjo, dalam pertarungan yang disaksikan oleh 200 anggota Divisi 11.

3. Pernah Bertarung Melawan Kenpachi Pertama

Menariknya, pernah diceritakan dalam salah satu flashback di Thousand Year Blood War Arc, kalau Zaraki pernah bertemu dan bertarung melawan Kenpachi pertama, lho!

Insiden ini terjadi jauh sebelum Zaraki menjadi Shinigami dan kapten Divisi 11.

Kenpachi pertama itu tidak lain adalah Retsu Unohana yang menjabat sebagai Kapten Divisi 4—divisi medis di Soul Society pada saat kisah Bleach berlangsung.

Dalam pertarungan tersebut, Zaraki sebenarnya unggul melawan Unohana. Dia menjadi orang pertama yang mampu berhadapan seimbang dan mengungguli salah satu Shinigami terkuat dalam sejarah Soul Society.

Namun, Zaraki secara tidak sadar menurunkan kekuatannya dan mengalah. Hal ini karena dia tiak ingin membunuh Unohana, satu-satunya orang yang mampu memberinya kesenangan dan rasa takut dalam pertarungan.

4. Menurunkan Kekuatannya Secara Drastis Ketika Bertarung

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Kenpachi selalu berusaha untuk menurunkan kekuatannya secara drastis untuk dapat menikmati pertarungan.

Dia melakukannya secara sadar—seperti memberi pembatas reiatsu berupa penutup mata—dan juga secara tidak sadar.

Kebiasaan Zaraki ini disebutkan sendiri oleh Unohana. Dalam Thousand Year Blood War arc, ketika bertarung melawan Zaraki, Unohana menyebutkan kalau Zaraki secara tidak sadar menurunkan kekuatannya.

Gara gara kejadian itu, Zaraki pun kalah tipis ketika melawan Ichigo, menang susah payah melawan Nnoitra, dan kalah dalam pertarungan pertamanya melawan Unohana.

Setelah bertarung dan membunuh Unohana, Zaraki akhirnya resmi menjadi seorang Kenpachi penerus Unohana. Dia tidak lagi secara tidak sadar menurunkan kekuatannya. Hal ini membuatnya mendapatkan shikai dan kemudian bankai di penghujung kisah Bleach.

5. Soul Society Takut Tidak Bisa Mengendalikan Kenpachi Zaraki

Menariknya, saat Kyoraku—yang akhirnya diangkat menjadi Kapten Komandan—menyarankan Zaraki untuk berlatih bersama Unohana, Central 46 sempat melarangnya, lho!

Hal ini dikarenakan Central 46 dan Soul Society secara keseluruhan takut jika kekuatan Zaraki meningkat pesat hingga akhirnya mereka tidak bisa mengendalikan Zaraki.

Apalagi latihan ini diadakan setelah Genryuusai, yang dianggap sebagai satu-satunya Shinigami yang mampu mengendalikan Zaraki, telah tewas.

Pada akhirnya, Central 46 menyetujui saran Kyoraku karena situasi perang melawan Quincy yang mendesak. Zaraki pun “berlatih” melawan Unohana dan berhasil membunuhnya.

6. Bankai-nya Buas Tak Terkendali

Zaraki dikenal sebagai Shinigami yang bertarung murni hanya menggunakan kekuatan fisiknya. Pada awalnya, dia disebut sebagai satu-satunya Kapten Divisi dalam sejarah Gotei 13 yang tidak memiliki shikaidan bankai.

Setelah mengalahkan Unohana, dia pun mendapatkan shikai-nya. Kekuatannya terus berkembang dalam peperangan hingga akhirnya dia memiliki bankai.

Bankai Zaraki tidak memiliki nama, tetapi kekuatannya sangatlah dahsyat. Dalam wujud bankai, Zaraki dapat menggigit dan memutuskan lengan Gerard Valkyrie yang berwujud raksasa. Dia juga dapat membelah tubuh raksasa Gerard hanya dengan sekali tebas.

Sayangnya, meski kuat, Zaraki dalam mode bankai ini seperti tidak bisa membedakan mana kawan dan lawan. Hal ini disadari oleh Byakuya dan Toushiro yang enggan untuk mendekati Zaraki dalam mode bankai karena khawatir mereka juga akan diserang.

Kekuatan bankai Zaraki juga terlalu dahsyat sampai-sampai jika dia mengerahkan kekuatannya secara berlebihan, tubuhnya bisa rusak.

7. Ternyata Sudah Punya Bankai Semenjak Lama?

Meski baru diceritakan di penghujung kisah Bleachkalau Zaraki mendapatkan bankai, ternyata perwujudan bankai Zaraki sudah ada semenjak lama, lho!

Perwujudan bankai milik Zaraki ternyata adalah Yachiru Kusajishi—wakil komandannya sendiri.

Ya, jauh sebelum menjadi Shinigami dan bergabung dengan Gotei 13, Yachiru sudah ada di samping Zaraki. Hal ini membuktikan bahwa Zaraki sebenarnya sudah memiliki bankai semenjak lama, tetapi dia belum mampu mengakses kekuatan dari bankai tersebut.

Itulah tadi 7 fakta Kenpachi Zaraki yang jarang diketahui oleh fans Bleach. Apakah Kenpachi Zaraki merupakan salah satu karakter Bleach favoritmu?

More Stories
PKCL Twins, Perpaduan NFT dan Dress-Up Game dari Jepang Dirilis Resmi Hari Ini!