10 Fakta Moon Knight, Superhero Marvel Serial Disney+ yang Mirip Batman!

Moon Knight Live Action Disney Plus

(Updated – 2 Februari 2022) Moon Knight menjadi superhero terbaru Marvel yang akan diadaptasi menjadi serial live-action di Disney+.

Jika dibandingkan dengan nama besar lain seperti Captain America atau Spider-Man, bisa dibilang cukup banyak yang belum mengenal sosok superhero Moon Knight.

Nah, bagi kamu yang penasaran ingin mengetahui siapa itu Moon Knight sebelum menonton serialnya, baca dulu yuk 10 fakta Moon Knight berikut ini!

1. Debut sebagai Villain di Werewolf By Night #32

moon knight komik marvel

Fakta Moon Knight pertama yang menarik adalah, tidak seperti superhero kebanyakan, Moon Knight memulai debutnya di dunia komik Marvel sebagai semacam villain.

Dia pertama muncul pada komik Werewolf By Night #32, di mana Moon Knight adalah seorang pemburu werewolf yang membawa senjata perak berbentuk bulan. Dia ditugasi untuk memburu Jack Russel—tokoh utama dalam Werewolf By Night—sebelum akhirnya menyadari bahwa Jack sebenarnya adalah orang baik dan keduanya menjadi teman.

Seiring berjalannya waktu, peran Moon Knight mulai berubah menjadi seorang superhero di mana dia akhirnya memiliki komiknya sendiri dan bahkan sempat ikut bekerja sama dengan tim Defenders.

2. Punya Lebih dari Satu Kepribadian (Dissociative Identity Disorder)

senjata moon knight

Salah satu ciri khas Moon Knight adalah dia memiliki kepribadian lebih dari satu (Dissociative Identity Disorder). Kepribadian utamanya adalah Marc Spector, seorang petinju, tentara, CIA, pilot, dan tentara bayaran.

Pengalamannya sebagai seorang petarung membuat fisiknya cocok sebagai seorang Moon Knight. Dia juga memiliki kepribadian Steven Grant, seorang pengusaha miliader.

Selain itu, kepribadian lainnya ada: Mr. Knight, seorang detektif kepolisian New York; Jake Lockey, seorang pengendara taxi dan informant; dan yang terakhir adalah Moon Knight itu sendiri, seorang superhero yang melawan kejahatan.

Menariknya, dalam komik yang mulai rilis tahun 2011, Moon Knight memiliki kepribadian Wolverine, Iron Man, Captain America, dan Echo versinya sendiri.

3. Asal Usulnya dari Dewa Mesir, Khonshu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Moon Knight sendiri adalah salah satu kepribadian yang dimiliki oleh Marc Spector. Kepribadian yang satu ini adalah avatar/perwujudan dari dewa mesir Khonshu.

Pada awalnya, Khonshu ini dibuat ambigu dalam komik: karakternya bisa jadi tidak ada dan hanya buatan Marc Spector semata. Akan tetapi, kemudian ditunjukkan dalam komik kalau Khonshu benar-benar ada.

Khonshu sendiri adalah dewa bulan dan balas dendam. Dalam legenda, dia adalah anak Atum, salah satu dewa baru (new gods) dan Amaunet, dewa udara. Dia memilih Marc Spector sebagai avatarnya atau perpanjangan tangannya di Bumi.

4. Kekuatannya Dipengaruhi oleh Bulan

Moon Knight pada awalnya dibuat memiliki kekuatan super—anugerah dari Khonshu. Layaknya werewolf, kekuatannya dipengaruhi oleh bulan.

Kekuatan fisiknya akan meningkat pesat sesuai dengan keadaan bulan. Saat bulan purnama, dia bahkan diceritakan mencapai pada tingkat kekuatan manusia super. Selain itu, karena memiliki banyak sekali kepribadian, Moon Knight menjadi memiliki daya tahan yang tinggi terhadap serangan mental.

5. Tidak Memiliki Kekuatan Super

moon knight seperti punisher

Fakta Moon Knight yang menarik adalah: dia tidak memiliki kekuatan super. Lho kok? Ya … pada awalnya dia memang dibuat memiliki kekuatan super di bawah pengaruh cahaya bulan. Akan tetapi, setelahnya kekuatan tersebut dihapus oleh Khonshu sebagai hukuman atas ketidakpatuhan Marc Spector padanya.

Inilah yang menjadi salah satu alasan, kenapa Moon Knight sering dibilang mirip Batman. Oh, berbicara mengenai Batman…

6. Kaya Raya Bagai Batman

Steven Grant, identitas Moon Knight

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu kepribadian Moon Knight adalah Steven Grant, seorang pengusaha kaya raya. Kekayaannya berasal dari bayaran uang Marc Spector selama menjadi tentara bayaran.

Semua uang itu dijadikan modal usaha oleh Steven Grant untuk membangun perusahaan yang akhirnya berkembang pesat dan uangnya dia gunakan untuk membiayai kegiatan superhero Moon Knight: membuat senjata dan juga kendaraan pribadi sebagai seorang superhreo. Hmmm…. Benar-benar mirip Batman, ya? Haha.

Bedanya, Moon Knight adalah seorang tentara bayaran baru menjadi seorang miliader, berbanding terbalik dengan Batman yang semenjak lahir sudah kaya raya.

7. Kejam Bagaikan The Punisher

Moon Knight ini memiliki kepribadian yang kejam. Dalam hal memerangi kejahatan, bisa dibilang dia mendekati superhero Marvel lainnya: The Punisher.

Dia tidak ragu melukai musuhnya secara brutal hingga cacat, tetapi tetap memiliki batasan untuk tidak membunuh. Selain itu, dia juga memiliki tingkat daya tahan yang tinggi terhadap rasa sakit.

8. Alasan Kenapa Mengenakan Kostum Berwarna Putih

moon knight

Sama seperti Batman, Moon Knight juga beroperasi di malam hari mengenakan jubah dan berbagai macam senjata.

Berbanding terbalik dengan Batman yang mengenakan pakaian serba gelap untuk memanfaatkan kegelapan malam sebagai senjata, Moon Knight memiliki kostum berwarna putih yang mencolok di tengah gelapnya malam.

Moon Knight sengaja mengenakan kostum berwarna putih karena dia ingin terlihat. Dia ingin ditakuti oleh musuh-musuhnya dan ingin memberi tahu kepada semua orang bahwa dirinya ada sebagai simbol untuk melawan kejahatan dan ketidakadilan.

9. Anggota West Coast Avengers bersama Hawkeye di Komik

west coast avengers bersama moon knight

Fakta menarik lainnya adalah, Moon Knight merupakan anggota West Coast Avengers. Dia menjadi anggota inti dari West Coast Avengers bersama dengan Hawkeye.

Melihat banyaknya superhero komik yang sudah muncul di MCU, seperti Scarlet Witch, White Vision, Kate Bishop, dan (nantinya) America Chavez, sepertinya ada kemungkinan tim ini akan dibuat nantinya. Ataukah, mungkin dia akan bergabung dengan tim lainnya…

10. Akankah Dia Muncul di Film MCU Midnight Sons?

pasukan midnight suns bersama moon knight

Dengan munculnya Blade yang seakan-akan hendak merekrut Black Knight di post-credits scene film Eternals, bukannya tidak mungkin Marvel justru akan menggarap Midnight Sons.

Midnight Sons adalah tim superhero Marvel lainnya yang khusus dibentuk untuk menghadapi ancaman-ancaman supernatural. Dalam komik, beberapa anggota Midnight Sons antara lain: Dr. Strange, Blade, Black Knight, Moon Knight, Iron Fist, Morbius, dan Ghost Rider.

Dari nama-nama di atas, termasuk Moon Knight, sudah ada 5 karakter yang bisa digunakan untuk membuat film Midnight Sons. Jadi, hanya tinggal menunggu waktu bagi Marvel untuk membuat film atau serialnya.

Itulah tadi 10 fakta Moon Knight yang perlu kamu ketahui sebelum menonton serialnya. Serial Moon Knight sendiri akan rilis pada 30 Maret 2022 dan bisa kamu saksikan streaming melalui Disney+.

More Stories
pubg mobile ban pan
5 Cara Report Cheater PUBG MOBILE; dan Jenis Cheat yang Perlu Diwaspadai!