Guide Sova VALORANT: Tetap Efektif Walau Kena Nerf Berat!

Bersamaan dengan hadirnya Fade, Sova yang tadinya bisa dibilang initiator terbaik di VALORANT pun mendapatkan nerf parah dari Riot Games. Masalahnya, nerf itu terjadi hampir di semua skillnya.

Namun, terjadinya nerf tersebut tidak berarti Sova langsung jadi tidak berguna. Hanya saja, kita sebagai pemain harus lebih cermat lagi menggunakan skill-skill Agent ini supaya efektif gunanya di medan pertempuran.

Maka dari itu, mari simak guide Sova di VALORANT dari kontributor YODU berikut ini yang mencakup: nerf yang terjadi, penjelasan skill, hingga tips memainkannya.

1. Perubahan Sova di VALORANT Sejauh Ini

Owl Drone

  • Total HP 125 > 100
  • Durasi terbang 10 detik > 7 detik

Recon Bolt

  • Jumlah reveal 3 > 2

Shock Bolt

  • Damage tertinggi 90 > 75

Dengan adanya nerf yang cukup parah ini, membuat posisi Sova sebagai initiator terbaik agak sedikit tergeser oleh Fade, terlebih lagi Fade punya kemampuan untuk membuat musuh nggak bisa mendengar apa-apa.

Eiiitss … tapi sekalipun di nerf separah ini, Sova masih layak untuk dimainkan loh, guys. Hanya saja ada sedikit perubahan gameplay yang perlu kamu tahu.

Namun sebelum masuk ke sesi tips n trick yang akan kita bagikan, alangkah baiknya kenalan dulu deh sama Sova ini. Check it out!

2. Penjelasan Skill Sova

[Q] Shock Bolt
Menggunakan busur dengan shock bolt yang akan meledak jika mengenai sebuah objek atau tembok. Bisa dipantulkan sampai dua kali dan tahan tembakan untuk perluas jangkauan proyektil.

[E] Recon Bolt

Menggunakan busur dengan recon bolt yang akan mengungkap lokasi musuh yang ada di garis pandang anak panah. Bisa dipantulkan sampai dua kali dan tahan tembakan untuk perluas jangkauan proyektil.

[C] Owl Drone

Menggunakan sebuah drone yang bisa dikendalikan untuk mengungkap musuh . Klik kiri untuk menembakan panah penanda yang akan menempel di badan musuh dan mengungkap lokasinya.

[X] Hunter’s Fury

Menggunakan busur dengan tiga anak panah yang bisa ditembak menembus dinding. Setiap musuh yang terkena damage lokasinya akan terungkap selama sekali.

3. Masih Lebih Bagus dari Fade

Seperti yang kamu sudah baca di atas, kini Sova nggak bisa menjadi initiator andalan karena hampir semua skill miliknya di nerf habis-habisan.
Meskipun begitu, ada beberapa hal yang membuat Sova lebih unggul dari Fade dari segi mengungkap lokasi musuh.

Pertama adalah Recon Bolt lebih baik dari Haunt. Kenapa Recon Bolt lebih baik dari Haunt? Alasan pertama Haunt punya hitbox yang lebih besar sehingga sangat mudah dihancurkan oleh musuh. Selain itu Recon Bolt juga punya jarak proyektil yang lebih jauh.

Kedua, Shock Bolt bisa digunakan sebagai penghancur utility musuh dari jarak jauh -kalau kamu tahu letak line up-nya.

Terakhir adalah Owl Drone lebih baik dari Prowler. Meskipun Prowler punya dua charge, namun mobilitasnya sangat terbatas. Berbeda dengan Owl Drone yang bisa kamu gerakan ke segala arah.

Selain itu dengan Owl Drone kamu juga bisa melihat apa yang drone itu melihat sehingga kita bisa mengetahui musuh yang dilewati. Nggak seperti Prowler yang hanya mengikuti musuh ketika sudah dekat.

4. Tips Menggunakan Sova yang Efektif Saat Ini!

Karena saat ini Sova sudah berubah, cara bermain alias gameplay initiator yang satu ini pun harus berubah mengikuti patch saat ini.
Ada beberapa perubahan gameplay yang perlu kamu perhatikan guys. Mari kita bahas satu per satu supaya nggak ada lagi yang salah atau kurang tepat nih menggunakannya!

a. Pakai Shock Bolt Untuk Hancurkan Utility Musuh

Seperti yang sudah kita baca di atas, Shock Bolt kini punya damage yang lebih sedikit. Bayangkan saja, yang tadinya Shock Bolt bisa membunuh orang dengan mudah, sekarang untuk membunuh satu musuh dibutuh dua Shcok Bolt yang jatuh tepat di tengah-tengah musuh.

Karena sekarang sudah nggak bisa dipakai untuk membunuh musuh, kamu bisa gunakan untuk menghancurkan utility musuh seperti Randzvous milik Chamber, Trapwire milik Chyper atau Nanobot punya Killjoy.

Tapi ingat, untuk bisa melakukan ini kamu perlu latihan untuk menemukan titik yang pas dan sering bermain agar bisa mengetahui di mana biasanya sentinel musuh meletakan utility-nya.

b. Nggak Bisa Owl Drone dari Jauh Lagi

Satu lagi skill Sova yang di nerf dan harus mengalami penyesuaian gameplay adalah Owl Drone. Sekarang, Owl Drone punya durasi yang lebih sebentar dan lebih sedikit HP-nya, jadi kita harus mengubah jarak mengeluarkannya.

Kamu bisa mencari lokasi yang lebih dekat dengan lokasi yang ingin kamu cari tahu keberadaan musuh. Sedikit berbahaya sih, cuma ini resiko yang perlu kamu ambil.

Selain itu kamu juga harus terbang entah lebih tinggi atau rendah dari biasanya agak nggak mudah tertembang oleh musuh.

Ketika kamu terbang lebih rendah, musuh akan lebih susah menembak drone kita karena harus menurunkan crosshair mereka. Nah, gap sepersekian detik ini lah bisa kamu manfaatkan untuk tag musuh.

Nah itu dia guys beberapa penjelasan Sova di patch terbaru ini beserta tips menggunakannya secara efektif. Kira-kira kamu tetap pilih Sova atau justru pindah haluan ke Fade nih guys?

More Stories
Item Terlarang Mobile Legends
Wajib Tahu, Ini Combo Item MM Terlarang di Mobile Legends