10 Fakta Ikkaku Madarame Bleach: Bisa Bankai, Tapi Gak Mau Jadi Kapten!

Ikkaku Madarame pertama kali muncul sebagai antagonis di Soul Society arc dalam anime Bleach.

Di arc tersebut, dia bertarung dan dikalahkan oleh Ichigo. Setelahnya, Ikkaku menjadi salah satu karakter pendukung yang lumayan sering muncul.

Karakter botak ini juga memiliki beberapa fakta unik, misalnya: dia menjadi guru dari beberapa karakter, atau Ikkaku yang ternyata punya adik perempuan.

Selain itu, simak 8 fakta Ikkaku Madarame di anime Bleach ini!

1. Ikkakku Madarame Dulunya Guru Renji Abarai

Dalam salah satu flashback, diceritakan kalau Ikkaku pernah menjadi guru dari Renji Abarai ketika menjadi anggota Divisi 11.

Diceritakan juga kalau Ikkaku saat itu sudah menguasai bankai dan dia berniat mengajari Renji dan sahabatnya, Yumichika Ayasegawa, untuk menguasai bankai.

Hal ini juga membuat Renji dan Yumichika menjadi dua dari sedikit Shinigame yang mengetahui kalau Ikkaku sudah menguasai bankai.

2. Sekarang Guru Ichika Abarai

Dalam manga one-shot yang menjadi sekuel Bleach, yang berjudul Echoing Jaws of Hell, Ikkaku diceritakan menjadi guru dari Ichika Abarai.

Ichika Abarai adalah anak dari Renji dan Rukia Kuchiki. Diceritakan pula kalau dia memiliki dojo atau tempat berlatih pedang dan menjadi pengajar di sana.

3. Memiliki Bankai

Dalam manga Bleach, diceritakan kalau Ikkaku memiliki jabatan bangku 3 di Divisi 11—yang artinya dia adalah orang terkuat ke-3 di divisi tersebut.

Meskipun memiliki menjabat sebagai bangku 3, tetapi Ikkaku sudah menguasai bankai, lho!

Hal ini merupakan suatu prestasi, karena Ikkaku adalah satu-satunya pejabat bangku yang diketahui menguasai bankai. Biasanya, hanya Shinigami berjabatan kapten atau wakil kapten yang menguasai bankai.

4. Alasan Tidak Mau Menggunakan Bankai

Meskipun memiliki bankai, tetapi Ikkaku sebisa mungkin tidak ingin menggunakannya.

Ada dua alasan kenapa dia tidak ingin menggunakan bankai. Pertama, karena dia tidak ingin orang lain tahu kalau dia bisa menggunakan bankai.

Dia tidak mau orang lain tahu, karena dia tidak mau ditunjuk sebagai kapten. Ikkaku mengatakan kalau dia hanya ingin bekerja di bawah kaptennya, Kenpachi Zaraki.

Alasan kedua, karena dia menyukai pertarungan. Ikkaku sebisa mungkin tidak menggunakan kekuatan penuhnya agar dia bisa menikmati pertarungan lebih lama.

Hal ini terlihat ketika dia melawan Arrancar seperti Edrad Liones dan Choe Neng Poww.

Ikkaku melepaskan bankai-nya ketika melawan Edrad karena dia merasa Shinigami lainnya terlalu sibuk bertarung sehingga tidak menyadari bankainya.

Di lain pihak, dia tidak menggunakan bankainya ketika melawan Poww sehingga dia akhirnya dikalahkan.

5. Bankai-nya Gampang Rusak

Bankai milik Ikkaku memiliki daya rusak yang sangat kuat.

Akan tetapi, hal ini tidak diiringi dengan daya tahan dari bankai miliknya. Kejadian itu terbukti ketika bankai-nya mengalami kerusakan saat digunakan untuk melawan Arrancar Edrad Liones.

Menurut Mayuri Kurotsuchi, kapten divisi 12, bankai yang rusak menyebabkan kekuatannya berkurang drastis dan tidak bisa diperbaiki.

Dia berkata kalau bankai Ikkaku mengalami penurunan kekuatan setelah rusak melawan Edrad.

6. Tidak Bisa Menggunakan Kido

Ikkaku adalah anggota divisi 11.

Divisi 11 di Gotei 13 itu memiliki peraturan tidak tertulis: Bahwa mereka hanya akan bertarung menggunakan kekuatan fisik dan tidak menggunakan kido—semacam mantra dan sihir.

Hal ini menyebabkan semua anggota divisi 11 tidak bisa menggunakan kido—dan jika bisa pun mereka tidak akan menggunakannya.

Nah, Ikkaku merupakan salah satu shinigami yang tidak bisa menggunakan kido.

7. Menolak Menjadi Kapten

Setelah Aizen berkhianat dan meninggalkan Soul Society, ada tiga posisi kapten yang kosong.

Renji memberi gagasan kepada Ikkaku untuk mengisi jabatan kapten yang kosong tersebut karena Ikkaku sudah memiliki bankai.

Akan tetapi, Ikkaku menolak karena dia hanya ingin bekerja sebagai shinigami di bawah komando Zaraki.

8. Menjadi Wakil Kapten Divisi 11

Dalam ending manga Bleach, ditunjukkan kalau Ikkaku akhirnya jadi wakil kapten divisi 11. Dia menggantikan Yachiru Kusajishi yang menghilang.

Diceritakan di akhir manga kalau Yachiru sendiri sebenarnya adalah zanpakutou spirit milik Zaraki dan dia menghilang setelah memberi kemampuan kepada Zaraki untuk mengakses bankai-nya.

9. Sensitif soal Kebotakan Kepalanya

Ikkaku terkenal sebagai seorang Shinigami berkepala botak.

Tapi, ternyata … Ikkaku sangat sadar dengan kepala botaknya dan dia sensitif jika orang lain menyebutnya botak.

Ikkaku selalu berdalih kalau dia memang bergaya seperti itu dan dengan sengaja mencukur kepalanya hingga botak. Dia akan mengancam siapapun yang mengatakan kalau kepalanya botak.

10. Kakak Laki-Laki Shino

Dalam novel Bleach: Can’t Fear Your Own World yang ditulis oleh Narita Ryogo, disebutkan kalau Ikkaku adalah kakak laki-laki dari Shino.

Shino adalah karakter sampingan yang memulai debutnya di chapter 480. Dia diceritakan sebagai Shinigami anggota divisi 13 dan menggantikan Zennosuke Kurumadani sebagai shinigami yang beroperasi di kota Karakura.

More Stories
Rekap Akhir MPL Season 10: EVOS Legends Gagal Melaju ke Playoff