Kreator PUBG Resmi Tinggalkan Krafton, Akan Buat Game Sendiri

Brendan Greene “PLAYERUNKOWN”, kreator orisinal PUBG (PC), kini akhirnya resmi meninggalkan Krafton. Sebelum kejadian ini, Brendan Greene sendiri sebenarnya sudah meninggalkan proses development dari game PUBG dan memutuskan untuk pindah ke divisi lain dari Krafton.

Setelah dua tahun bersama divisi tersebut, kini Brendan pun akhirnya resmi meninggalkan Krafton agar dapat mengembangkan gamenya secara independen.

“Saya sangat bersyukur dengan semua kesempatan yang diberikan oleh PUBG dan Krafton kepada saya selama empat tahun ke belakang.” Tulis Greene lewat sebuah rilisan pers.

“Hari ini, saya akan mengambil langkah baru dalam perjalanan untuk menciptakan sebuah pengalaman bermain game yang saya bayangkan selama bertahun-tahun ini. Sekali lagi, terima kasih kepada Krafton karena telah mendukung rencana saya dan saya masih menyimpan beberapa untuk diungkap nantinya terkait seputar proyek (game) yang sedang dijalankan” Tutupnya.

Kronologi Hubungan Brendan Greene, PUBG, Krafton, dan PUBG Mobile

Brendan Greene dengan nama alias “Playerunkown”, merupakan sosok yang menuangkan konsep Battle Royale ke dalam game. Purwarupa pertamanya ia tuangkan ke dalam mod atau custom game di ARMA III.

Layaknya custom game Warcraft III yang berkembang jadi Dota 2 dan League of Legends, konsep custom game Battle Royale buatan Brendan ternyata berkembang jadi populer di ARMA III.

Krafton, developer dan publisher game asal Korea Selatan, melihat potensi dari game tersebut dan memutuskan untuk berinvestasi kepada Brendan. Buah investasi tersebut adalah Playerunkown’s Battleground alias PUBG.

Rilis untuk pertama kalinya pada tahun 2016, PUBG meledak di pasaran sehingga Krafton membuat sebuah sub-divisi yang diberinama PUBG Corp. untuk menangani perkembangan tersebut.

Setahun setelah meledaknya PUBG di PC, Tencent pun tertarik untuk membuat ulang game tersebut ke dalam platform mobile. Pada akhirnya, PUBG MOBILE yang dibuat oleh Lightspeed & Quantum dan di-publish oleh Tencent pun rilis pada Desember 2017.

Apa Dampak Kepergian Brendan Terhadap Perkembangan PUBG?

featured image pubg new state

Secara umum, kepergian Brendan Greene tidak akan membuat PUBG (PC) ataupun PUBG MOBILE mendadak tutup server.

Kedua game tersebut akan tetap baik-baik saja, karena lisensi PUBG dan konsep Battle Royale yang sepertinya juga sudah dipegang oleh Krafton ataupun Tencent untuk PUBG MOBILE.

Selain itu, beberapa proyek PUBG Universe yang sedang dijalankan oleh Krafton seperti PUBG New State ataupun The Callisto Protocol juga tentunya akan tetap berjalan.

Setelah kepergian ini, Brendan Greene menciptakan PLAYERUNKOWN Productions, studio game independen buatannya sendiri layaknya KOJIMA Productions. Mengutip dari DotEsports, Krafton bahkan dikabarkan masih memiliki sedikit bagian dari PLAYERUNKNOWN Productions.

More Stories
Timnas DOTA 2 Indonesia
Sempat Unggul, Timnas DOTA 2 Indonesia Takluk di Tangan Filipina