Hadirnya Lokapala di Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 Jadi Bentuk Unjuk Kedaulatan Indonesia di Industri Esports

Kehadiran esports di dalam PON XX Papua tentunya menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi gamers di Nusantara.

Cabang eksibisi esports di PON XX Papua sendiri awalnya hanya mempertandingkan 3 game saja, Mobile Legends, Free Fire, dan eFootball PES 2021. Namun setelahnya PBESI selaku panitia cabang eksibisi esports di PON XX Papua pun mengumumkan cabang game tambahan berupa PUBG Mobile dan Lokapala.

Hadirnya Lokapala di Dalam PON Adalah Unjuk Gigi Kedaulatan Indonesia di Industri Esports

Kehadiran Lokapala ke dalam ajang ini tentu jadi satu kebanggaan tersendiri. Pasalnya Lokapala mencetak sejarah sebagai game esports lokal pertama yang ikut serta dalam acara turnamen esports nasional.

Dulu acara PON pertama kali diselenggarakan di Surakarta bertujuan untuk menunjukkan kedaulatan Indonesia di mata dunia. Kini, hadirnya Lokapala di PON XX Papua bisa dibilang jadi langkah awal unjuk kedaultan Indonesia di industri esports.

Selain itu, hadirnya Lokapala di PON XX Papua ini juga menjadi satu bentuk nyata untuk menginspirasi developer game lokal agar terus berkarya serta turut berpartisipasi dalam kesuksesan industri game, baik di Indonesia maupun global.

Dedi Suherman selaku CEO PT Melon Indonesia mengatakan “Suatu kehormatan sekaligus kebanggaan saat game Lokapala dilibatkan dan dijadikan salah satu cabang dalam eksibisi esports di PON XX Papua 2021. Kami dari PT Melon Indonesia yang merupakan bagian dari Telkom group melakukan hal ini sebagai bentuk akselerasi digital. Kami dari PT Melon Indonesia juga melakukan hal ini sebagai salah satu usaha untuk turut mendukung industri game dalam negeri dengan menjadi publisher game LOKAPALA yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios.”

Dedi Suherman, CEO PT Melon Indonesia

“Selain itu, Melon Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh atas kelancaran PON XX Papua 2021. Semoga Lokapala bisa diterima dan meramaikan industri game di Indonesia. Bukan hanya game Lokapala saja, tapi kami juga ingin menunjukkan bahwa talenat dan pengembangan game yang luar biasa ini bisa mengangkat kiprah game lokal bukan hanya di kancah dalam negeri tetapi mampu juga menembus ke pasar global. Tidak lupa juga, PT Melon Indonesia selaku publisher Lokapala menyampaikan terima kasih kepada PB ESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) dan KONI Pusat (Komite Olahraga Nasional Indonesia) yang telah mengapresiasi dan memberikan dukungan kepada game lokal.” tambahnya.

Direktur Digital Business Telkom Indonesia, Muhamad Fajrin Rasyid juga turut memberi komentarnya terkait masuknya Lokapala ke dalam eksibisi esports di PON XX Papua, “Telkom sangat mendukung ekosistem game di tanah air sejalan dengan terus berkembangnya industri esports di Indonesia. Kami tentunya berharap masyarakat tidak hanya menjadi konsumen saja, oleh karena itu kami juga mendorong para kreator game lokal agar bisa menghasilkan game yang bisa mendunia”

Format, Tanggal Penting, dan Tata Cara Mendaftar ke Pertandingan Esports Lokapala di PON XX Papua 2021

Lokapala di dalam cabang eksibisi esports di PON XX Papua dipertandingkan sebagai friendly match yang bertujuan untuk mempromosikan game itu sendiri. Oleh karena itu, pemain Lokapala bisa mendaftarkan diri dan rekan tim sebagai atlet tanpa harus berada dalam provinsi yang sama.

Berikut tanggal penting dan total hadiah pertandingan game Lokapala di cabang eksibisi esports PON XX Papua 2021:

  • Kualifikasi – 06 – 07 September 2021 (ONLINE)
  • Semifinal dan Final – 22-26 September 2021
  • Total hadiah – Rp200.000.000,-

Lalu bagaimana dengan cara mendaftarnya? Berikut tata cara mendaftar menjadi peserta turnamen Lokapala di cabang eksibisi esports PON XX Papua 2021.

  1. Kunjungi situs www.garudaku.com
  2. Lalu klik tombol ‘Buat akun baru’ dan masukkan nomor WhatsApp > Kemudian klik tombol ‘Daftar Akun’.
  3. Selanjutnya masukkan kode OTP yang dikirim via WhatsApp dan lakukan aktivasi akun dengan mengisi data diri (Nama, username, password, foto profil, email, tanggal lahir, jenis kelamin, provinsi dan kota)
  4. Berikutnya ikuti minimal 3 komunitas yang tersedia
  5. Setelah itu klik menu ‘Turnamen’ dan pada ‘Pertandingan persahabatan PON – Lokapala’ bisa langsung klik ‘Daftar’.

Telkom Terus Dukung Perkembangan Industri Game Lokal

Selain mendukung penuh Lokapala di ajang PON XX Papua 2021, PT Melon Indonesia dan Telkom Indonesia akan terus mendukung pengembang game di Indonesia dalam program Indigo Game Incubation (Indigo).

Program tersebut dibentuk agar game buatan anak bangsa bisa terus bersaing di pasar nasional serta global. Hal ini selaras dengan misi Telkom Indonesia yakni mengembangkan talenta digital unggulan untuk membantu meningkatkan kemampuan serta tingkat adopsi digital bangsa.

More Stories
Guide Moco Free Fire: Hacker Dengan Kemampuan Pendeteksi!