15 Makanan Jepang yang Sering Muncul di Anime, Jadi Populer di Indonesia!

Banyak makanan Jepang ikut terkenal sejak anime/manga populer di dunia, khususnya Indonesia. Karena merupakan bagian dari budaya negara Sakura tersebut, makanan Jejepangan pun sering muncul di adegan dalam manga/anime. Apalagi, makanan-makanan yang muncul di anime sering ditampilkan dengan visual yang menggiurkan.

Sebagai penggemar sejati, pastinya kalian penasaran dengan apa yang dimakan oleh husbu/waifu-nya kan? Yuk coba kroscek, kuliner Jepang mana yang belum pernah kalian coba?

1. Onigiri

Kalian pastinya udah enggak asing sama makanan Jejepangan berbentuk bola nasi, dengan isian tuna atau salmon, dan dibalut rumput laut kering ini.

Onigiri adalah makanan yang sangat simple, mudah dibuat, dan mudah juga dikonsumsi, sehingga sering dijadikan bekal makan siang atau karya wisata. Makanan satu ini muncul di anime Spirited Away dalam adegan yang cukup ikonik.

2. Ramen

Siapa yang tidak tahu makanan kesukanan Naruto-kun dan Luffy dari One Peace ini? Ramen adalah makanan yang sudah merakyat dan cenderung disukai di Indonesia. Lahapnya Naruto dan Luffy saat menyantam ramen membuat penggemar ikut-ikutan ngidam, pengen icip-icip juga!

3. Udon

Mirip dengan ramen, hanya saja mie udon lebih tebal dan lebih bertekstur kenyal. Yang paling bikin tergiur adalah mi udon dingin yang sering muncul di anime saat momen musim panas.

Selain itu, makanan ini juga sering disajikan hangat-hangat berkuah saat cuaca dingin. Paling tergiur sih, ketika makanan ini muncul di anime Shokugeki no Soma.

Apakah kalian sudah pernah mencobanya?

4. Takoyaki

Penggemar anime school-life pastinya familiar banget dengan kuliner Jepang satu ini. Soalnya, takoyaki sering muncul saat festival sekolah sebagai salah satu jajanan stand yang dibuka oleh kelas. Selain itu, makanan berbentuk bola-bola berisi gurita ini juga sering ada di festival-festival kuil.

5. Okonomiyaki

Selain Takoyaki, okonomiyaki juga jadi jajanan Jepang yang sering ada di festival sekolah dan festival kuil. Secara sederhana, kuliner Jepang satu ini mirip dengan martabak telor ala Indonesia. Visual okonomiyaki tampak sangat menggiurkan dalam anime/manga Shokugeki no Soma dan Sweetness and Lighting.

6. Kroket

Kroket dalam anime/manga selalu tampak menggiurkan. Gorengan dengan lapisan luar yang krispi berisi kentang dan daging empuk di dalamnya selalu membuat penggemar tergoda untuk mencicipi. Kroket muncul di banyak anime berbagai genre seperti Danshi Koukousei no Nichijou, Beelzebub, Cardcaptor Sakura, dan lain-lain.

7. Bento Set

Jepang identic dengan bento set yang unik dan kawaii. Seluruh makanan yang ada dalam satu kotak makan kerap kali diisi dengan tema yang berbeda-beda. Tentu saja jenis makanan yang disajikan juga berbeda-beda, mulai dari nasi, onigiri, soba, rolled egg, sayuran, dan sebagainya. Kira-kira, anime/manga mana yang bento set-nya paling berkesan bagi kalian?

8. Dango

Dango adalah jajanan manis yang teksturnya mirip dengan ciloknya Indonesia. Kuliner Jepang ini biasanya disajikan dengan tusukan sate sekitar 3-5 bulatan. Dango akan sering kalian jumpai dalam anime, terutama ketika sang tokoh utama mengunjungi festival di kuil.

9. Mochi

Mochi adalah makanan yang biasanya disantap saat tahun baru di Jepang karena diyakini melambangkan kemakmuran dan umur panjang. Budaya ini juga tergambar jelas dalam tayangan anime/manga.

Mochi disajikan dalam bentuk utuh dan akan sangat berbahaya jika ditelan dalam ukuran besar. Kalian bisa melihat penampakan kuliner Jepang ini di banyak judul anime, misalnya di anime/manga Fruit Basket. Atau, kalian bisa melihat seberapa bahayanya kuliner satu ini dalam anime komedi Danshi Koukousei no Nichijou.

10. Taiyaki

Satu lagi jajanan Jepang yang populer di musim dingin adalah Taiyaki. Meski juga bisa disantap dengan isian es krim saat musim panas, taiyaki hangat dengan isian kacang merah adalah yang terbaik. Kalian pasti pernah melihatnya di anime/manga My Hero Academia, kan?

11. Sushi

Kuliner Jepang satu ini sering juga muncul di anime/manga, contohnya entah disajikan dalam bento maupun saat momen makan bersama di meja. Sushi Jepang adalah yang terbaik, meskipun disajikan dengan ikan mentah rasanya tetap juara. Ada yang pernah mencoba sushi salmon mentah?

12. Kare/Curry

Kare Jepang memang sangat berbeda dengan kari Asia lainnya seperti India, Indonesia, Thailand, dan sebagainya. Soalnya, kare dari Jepang punya cita rasa yang lebih manis dan tak terlalu berempah, sehingga cocok untuk orang-orang yang tak suka pedas. Kalian akan dimanjakan dengan visual kare yang menggoda dalam seri anime/manga Shokugeki no Soma.

13. Dorayaki

Kalian pasti tahu, siapa karakter anime/manga yang sangat mencintai Dorayaki. Makanan berupa panekuk berisi kacang merah ini merupakan makanan kesukaan Doraeman. Robot kucing bulat menggemaskan ini sukses mempopulerkan Dorayaki ke seluruh penjuru dunia. Kalian sudah coba?

14. Omurice

Kuliner Jepang satu ini sebenarnya sangat sederhana, namun disajikan semenarik mungkin. Nasi goreng yang dipadatkan kemudian ditimpa dengan omelet panas, menggiurkan banget!

15. Hamburger

Hamburger terkenal sebagai makanan cepat saji yang populer dari Amerika. Namun entah bagaimana, hamburger di Jepang sangat berbeda dengan negara-negara lain. Kuliner Jepang satu ini malah lebih terlihat seperti steak. Kalian bisa melihat penampakannya dalam anime Uchuu Kyodai atau Emiya Family.

Semuanya tampak menggiurkan ya! Dari daftar di atas, manakah kuliner Jepang ala anime/manga yang paling kamu sukai?

More Stories
RBL Fearless diduga melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita.
Diduga Lakukan Pelecehan Seksual, RBL Fearles Dipecat!