5 Pelajaran Hidup Marvel Cinematic Universe Ini Alasan Kenapa Kita Enggak Boleh ke Dukun!

Topik hari ini sebenarnya mengingatkan kami bagaimana kita menuakan beberapa orang di lingkungan dan menganggap mereka memiliki ‘kelebihan’ ketimbang orang lain. Yah, saat itu kita sebagai anak muda mah cuman bisa ‘nurut’ dan ‘manut’, ketimbang burung kita mendadak ‘hilang’ atau dengkul kita ‘muter’ 180 derajat.

Sebenarnya masalah ‘paranormal’ ini adalah sesuatu yang sangat lazim di negara manapun. Bahkan di negara paman Sam yang maju dan super canggih, tiga perempat rakyatnya masih percaya dengan kegiatan paranormal.

Statistik tersebut terlihat pada beragam karya fiksi mereka. Salah satunya adalah Marvel Cinematic Universe atau yang biasa kita kenal sebagai MCU.

Jangan Kelewatan!

Dapatkan diskon pembelian Voucher Google Play, Top-Up Diamond Mobile Legends, atau produk game lainnya di aplikasi YODU, eksklusif di Inbox email kamu!

Bermaksud memberikan pelajaran hidup yang positif dan mudah dicerna, kami menelaah berbagai Nexus dan Absolute Event yang terjadi di jagat perfilman Marvel. Ternyata banyak karakter Marvel yang masih percaya dengan kegiatan ‘paranormal’ meskipun dia adalah seorang dokter bedah atau mahasiswa yang memiliki satelit pribadi berisikan jutaan drone siap tempur.

Kelima Nexus atau Absolut Event di bawah ini merupakan sebuah pembelajaran penting, bagaimana ‘klenik’, ‘paranormal’, dan ‘dukun’ tersebut bukanlah jalan keluar yang bisa diandalkan.

1. Ayah Seorang Anak Sakit Parah. Nyembah Bebegik Biar Bapaknya Sembuh, Jiwa si Anak Malah Diambil Bebegik!

Ada sebuah masa di mana seorang stunt driver yang hobi melompati puluhan bus menderita kanker dan berada dalam kondisi kritis. Bukannya mengobati sang ayah ke dokter yang paham penyakit kanker, sang anak malah bersekutu dengan Mephistopheles dan menjanjikan jiwanya pada sang iblis.

Anak tersebut adalah Johnny Blaze. Gara-gara persekutuannya, dia terpaksa menjalani hari-harinya sebagai seorang Ghost Rider, seorang agen kematian yang merupakan anak buah langsung Mephistopheles.

Selain ditugaskan untuk mencabut nyawa orang-orang yang memang seharusnya mati, Ghost Rider kerap berhadapan dengan sosok mistis lainnya, termasuk anak sang Mephistopheles itu sendiri. Yah gimana dong, namanya juga anak ‘iblis’ masak akur dengan bapak ‘iblis’.

Bisa dibilang kondisi Johnny Blaze itu seperti sudah jatuh tertimpa tangga. Sudah sang ayah tetap mati, dia terpaksa melayani sang iblis, enggak digaji, terus disuruh gebuk-gebukan dengan anak iblis lagi.

Makannya nak … kalau bapakmu sakit parah segeralah bawa ke rumah sakit yang kompeten.

Jangan malah memohon pada ‘bebegig’ atau ‘khodam’. Salah-salah kamu dapet iblis level tinggi yang bakal meminta syarat padamu. Kalau akhirnya kamu jadi Ghost Rider sih keren, lah kalau cuman ujung-ujungnya dikutuk jadi tuyul? Kan enggak lucu.

2. Ada Dokter Kecelakaan Parah, Tangannya Patah. Bukannya Berobat Malah Pergi ke Dukun. Eh, Dipaksa Jadi Dukun Juga

Kasus yang satu ini juga enggak kalah bego sih. Tersebutlah seorang dokter ahli bedah syaraf yang mengalami kecelakaan fatal hingga akhirnya tangannya enggak bisa dipakai dengan normal.

Bukannya menjalani operasi eksperimental atau malah pensiun sang dokter malah memutuskan pergi ke dukun yang konon kabarnya sakti mandraguna.

Dokter yang namanya Stephen Strange ini akhirnya menemukan sang dukun yang dimaksud. Sayangnya sang dukun ternyata tidak bisa mengobati tangan Doctor Strange. Lebih jauh lagi, sang dukun ternyata mau pensiun dan mewariskan praktek dukunnya pada Doctor Strange. Waduh, sembuh enggak malah disuruh belajar ilmu klenik.

Penampakan dukun sakti yang ngajarin si dokter ilmu klenik

Singkat kata Dr. Strange yang berobat malah jadi dukun sakti mandraguna yang bertugas mengamankan Bumi dari serangan kekuatan paranormal lain. Walaupun enggak kuat-kuat amat tapi Doctor Strange cukup kreatif dalam urusan perdukunan.

Terbukti pasien pertama Doctor Strange dibuat kapok datang ke Bumi karena dia kunci di dalam sebuah dimensi berulang yang menyebabkan sang pasien enggak bisa ke mana-mana. Pasien tersebut adalah Dormammu, sang penguasa dimensi kegelapan.

3. Mbok Dukun Patah Hati, Pacarnya Mati, Abangnya Mati. Bukannya Tobat, Malah Bikin Geger Satu Kota!

Nah! Kalau karakter yang satu ini memang sudah jadi mbok dukun dari awal. Ilmu kebatinan mbok dukun ini sangat kuat! Saking kuatnya, dia bisa ngunci satu kota bareng-bareng sama dia.

Mbok dukun bernama Wanda Maximoff ini, sampai bikin dukun lain jadi tertarik banget untuk mengambil kekuatannya. Usut punya usut, ternyata kekuatan mbok Wanda datangnya dari rasa trauma akan masa lalunya.

Kebetulan juga mbok Wanda ini habis kehilangan orang yang paling dicintai, plus sakit hati pada pemerintah karena tidak memakamkan kekasihnya dengan layak.

Kombinasi tadi membuat kekuatan mbok Wanda jadi tidak terkendali. Dan ya … itu tadi … bukannya tobat dia malah mengurung satu kota ke dalam dunia sihir imajinasinya.

Uwes lho nduk, jangan jadi dukun. Apalagi kalau kamu kurang lengkap sekrupnya. Salah-salah malah muncul multiverse yang edan tenan.

4. Ada Dokter Kecelakaan di Jalan, Pacarnya Mati. Gagal Move-On, si Dokter Malah Belajar Ilmu Hitam!

Kejadian yang satu ini sama persis dengan kejadian si dukun Doctor Strange. Tapi ketimbang tangannya yang rusak, Doctor Strange versi ini kehilangan wanita yang paling ia cintai.

Walaupun patah hati, Doctor Strange yang ini tetep nerimo jadi dukun pelindung Bumi. Tapi sayang, Doctor Strange yang ini gagal move-on, masih kepengen pacarnya idup lagi. Untuk menjalankan niatnya yang agak runyam ini Doctor Strange malah maké ajian mata ijo (maksudnya Eye of Agamotto atau Time Stone) untuk kembali ke masa lalu.

Sayang, bagaimanapun Doctor Strange mencoba, pacarnya tetap saja mangkat karena satu dan lain hal. Dukun senior akhirnya datang dan mengingatkan Doctor Strange. Katanya si dukun senior begini, “Udeh tong, move-on. Kagak baek sedih berlarut-larut. Kalau elu terus usaha ngidupin si mantan, nyang adé malah ancur ini dunia.”

Ketimbang mendengarkan nasihat tersebut, Doctor Strange malah belajar ilmu hitam yang lebih kuat dari ilmu perdukunan yang saat ini dia kuasai.

Untuk menambah kuat tenaga gaibnya, Doctor Strange harus menghisap makhluk-mahkluk kegelapan. Akhirnya tanpa ba, bi, bu Doctor Strange menyerap semua makhluk kegelapan yang dia panggil. Mulai dari tuyul, kajiman, hingga khodam cumi-cumi diserap semua oleh Dr. Strange.

Walhasil dia menjadi dukun ilmu hitam yang sangat kuat. Jangankan ilmu pelet, ilmu ngepet sampai pelet saja berhasil dikuasai oleh Doctor Strange. Sayang, semua itu tidak mengubah apa-apa. Doctor Strange tetap kehilangan wanita yang dia cintai, dunia tempat dia tinggal juga hancur sampai ke inti-intinya.

5. Punya Masalah Identitas, Pria Muda Ini Pergi ke Dukun Buat Ngapus Ingatan Orang-Orang. Mantra si Dukun Berantakan, Ngundang Penjahat dari Dunia Lain!

Bagian yang kelima ini sebenarnya belum muncul di bioskop filmnya. Tapi ceritanya begini. Ada seorang remaja yang tergigit laba-laba radioaktif sehingga akhirnya mendapatkan kekuatan seperti laba-laba.

Dalam salah satu kesempatan, identitas si manusia laba-laba terbongkar ke publik. Bukannya mengakui kesalahan dan meminta maaf ke publik, sang manusia laba-laba malah pergi ke si dukun sakti mandraguna, Doctor Strange.

Nah, pas si dukun lagi komat-kamit merapal mantra, Peter Parker si bocah yang tinggal di gang sempit Queens ini ngoceeeh melulu. Saking berisiknya ini bocah sampe-sampe si dukun Doctor Strange jadi kagak konsen. Akhirnya, mantranya jadi kagak jelas, dunia jadi kacau balau.

Dari mantra tersebut muncul universe lainnya bersamaan dengan musuh-musuh Peter Parker di universe tersebut. Untunglah Peter Parker versi universe tersebut (katanya) bakal ikut muncul dan membantu Peter Parker mengalahkan musuh-musuhnya.

Untung saja ada Spider-Man dari dunia belahan lain mau ngebantu. Lah kalau kagak? Bisa mati Spider-Man Tom Holland dikeroyok rame-rame.

Makanye ya tong, kagak usah deh pergi ke dukun buat nyelesain masalah. Dari pilem Marvel Cinematic Universe aja kita udah dapet banyak banget pelajaran nih. Jadi jangan ampe elu juga kejebak di lobang yang sama ya tong!

More Stories
Isi Update PUBG Mobile 1.8, Ada Map Aftermath dan Kolaborasi Spider-Man