ASUS Zenbook 14X SPACE EDITION: Ringan, Kencang, Berpenampilan ala Luar Angkasa

ASUS telah meluncurkan Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS). Laptop ini dibuat sebagai anniversary dari laptop ASUS P6300, yang pada 25 tahun lalu (tahun 1998) diterbangkan ke stasiun luar angkasa MIR.

Zenbook SPACE EDITION berbeda dengan laptop pada umumnya. Laptop edisi spesial ini telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar space-grade dari US Space System Command (SMC-S-016A) serta military-grade (MIL-STD 810H).

Selain itu, Zenbook SPACE EDITION juga tampil dengan desain eksklusif serta dibekali ZenVision, yaitu layar kedua dengan tampilan unik yang dapat dikustomasi.

Dari sisi hardware, Zenbook SPACE EDITION tentunya juga sudah sangat mengikuti zaman. Tidak tanggung-tanggung, ASUS bahkan membekali laptop ini dengan prosesor 12th Gen Intel Core H-Series yang biasanya disematkan di laptop gaming.

Dengan demikian, performa Zenbook SPACE EDITION sudah bisa dipastikan lebih kencang dari ultrabook premium sekelasnya.

Tapi memangnya, sekencang apa sih performanya? Simak hasil benchmarking dari Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS)

Hasil Benchmark ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Foto oleh: Akbar Priono

Varian tertinggi laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W.

Berkat konfigurasi tersebut, Zenbook SPACE EDITION dapat tampil sebagai laptop modern yang powerful untuk berbagai kebutuhan komputasi.

Prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series tidak sendirian. Terintegrasi di dalam prosesor tersebut adalah chip grafis Intel® Iris® Xe yang dapat menghadirkan performa grafis mumpuni tanpa menguras banyak daya baterai.

Chip grafis ini juga telah dibekali dengan hardware encoding serta berbagai teknologi grafis modern lainnya untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari.

Berikut beberapa hasil benchmark dari laptop ASUS Zenbook 14X SPACE EDITION

benchmark PCMark10 zenbook 14X space edition
benchmark 3DMark zenbook 14X space edition
benchmark Cinebench R15 zenbook 14X space edition
benchmark Cinebench R23 zenbook 14X space edition
benchmark CrystalDiskMark 7 zenbook 14X space edition

Agar performanya lebih optimal, Zenbook SPACE EDITION dibekali dengan memori LPDDR5 4800MHz berkapasitas hingga 32GB. Sementara untuk penyimpanan data, Zenbook SPACE EDITION menggunakan PCIe 4.0 SSD berkapasitas 1TB.

Kombinasi keduanya memastikan Zenbook SPACE EDITION dapat selalu diandalkan untuk berbagai aktivitas, termasuk multitasking serta menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa komputasi ekstra secara lebih gesit tanpa waktu loading yang panjang.

Harga ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Bersamaan dengan peluncuran yang dilakukan hari ini (15 September 2022), ASUS Indonesia akhirnya juga telah mengumumkan harga laptop edisi khusus tersebut.

Harga ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION dimulai dari Rp20 jutaan untuk varian terendah, hingga Rp30 jutaan untuk varian tertinggi.

Wah emang keren banget sih laptop ASUS yang satu ini.

Menurut pendapat sobat, melihat prosesornya, serta fitur-fiturnya, apakah Zenbook 14X SPACE EDITION ini bisa dibilang sebagai laptop Rp20 jutaan terbaik?

Share artikel ini dan tuliskan pendapatmu ya!

More Stories
Fakta Unik Jujutsu Kaisen yang Mungkin Belum Kalian Tahu!