Perubahan Sistem Poin? Ini 3 Perubahan di PMPL Indonesia Spring 2022

Selain sistem poin, pertandingan super weekend juga kini tiada.

PUBG MOBILE Pro League – Indonesia Spirng 2022 adalah musim ke-5 dari iterasi liga profesional game Battle Royale yang diterbitkan Tencent tersebut.

Liga profesional PUBG MOBILE Indonesia ini mempertemukan 20 tim dengan memperebutkan total hadiah 150 ribu USD (setara 2,15 miliar Rupiah).

PMPL – Indonesia Spring 2022 memberikan berbagai perubahan baik dari segi poin maupun hadirnya format baru. Tentu, perubahan yang diberikan membawa warna baru dari liga tertinggi PUBG Mobile Indonesia.

Seperti apa sajakah perubahan yang dihadirkan di PMPL- Indonesia Spring 2022?

1. Tidak Ada Super Weekend

Format super weekend mulai berlaku ke PMPL Indonesia Season 3. Tim yang berhasil meraih posisi 16 besar di babak weekdays akan lolos ke babak super weekend yang menjadi penentu poin yang akan lolos ke grand final.

Jika tim gagal melangkah ke super weekend maka mereka harus bekerja keras untuk bisa lolos ke grand final di minggu selanjutnya.

Kini format super weekend sudah tidak ada lagi di PMPL – Indonesia Spring 2022. Pengumpulan poin untuk lolos ke country final mulai terjadi sejak hari pertama babak liga berlangsung.

Ronde yang dipertandingkan masih sama seperti di PMPL musim sebelumnya dengan setiap harinya berlangsung 5 ronde. Tentu seluruh tim harus bermain maksimal sejak hari pertama berjalan jika ingin melaju ke country final.

2. Perubahan Sistem Poin

PMPL – Indonesia Spring 2022 masih memakai sistem poin yang sama untuk perolehan poin di setiap ronde yang didapat dari perolehan klasemen dan total kill yang didapatkan.

Kini terdapat tambahan poin yang diraih dari pencapaian tim selama jalannya liga. Terdapat 2 tambahan poin yang bisa didapatkan tim yang bertanding.

Pertama adalah bonus poin yang diraih dari hasil tim yang bertanding setiap minggu. Total ada 3 pekan pertandingan dengan total 75 ronde selama PMPL Indonesia Season 5.

Selain itu juga ada league bonus point yang didapatkan dari akumulasi poin berdasarkan peringkat turnamen selama 3 pekan pertandingan berjalan.

Kedua bonus point tersebut akan menjadi modal awal bagi tim yang berhasil melaju ke country finals. Tim yang tampil konsisten sepanjang babak regular season akan dipermudah langkah mereka untuk mendapatkan gelar juara PMPL Indonesia Season 5.

Sebaliknya, tim yang kurang bermain maksimal di regular season harus berjuang keras jika ingin meraih gelar juara saat country final.

3. Adanya Sistem Play-in

Perbedaan terbesar di PMPL – Indonesia Spring 2022 adalah kehadiran babak play-in di PMPL SEA Championship Spring 2022. Ini merupakan pertama kalinya babak play-in dihadirkan di panggung PMPL.

Babak play-in mempertemukan tim peringkat 4-6 di kawasan PMPL Asia Tenggara termasuk di Indonesia dan hanya akan berlangsung 1 hari saja.

Hanya ada 3 tim yang berhak lolos ke PMPL SEA Spring Championship 2022. Mereka akan menghadapi tim peringkat 1-3 dari 4 region di Asia Tenggara beserta Team Secret, jawara PMPL SEA Championship Season 4 yang langsung lolos.

Melihat total tim yang lolos ke babak utama PMPL SEA Championship Spring 2022 hanya 16 tim, membuat durasi turnamen berlangsung lebih singkat.

Berkaca dari musim sebelumnya yang diikuti 20 tim, pertandingan dipastikan akan berjalan lebih singkat mengingat kehadiran SEA Games 2022 pada bulan Mei 2022 yang menghadirkan PUBG Mobile.

Kehadiran babak play-in semakin membuka peluang khususnya tim PUBG Mobile Indonesia untuk bisa bertarung di babak utama PMPL SEA.

Begitulah kurang lebih perbedaan dari PMPL – Indonesia Spring 2022 dibanding musim sebelumnya. Pendapatmu soal perubahan ini apa? Apakah membuat kompetisi menjadi semakin sengit?

More Stories
10 Fakta Byakuya Kuchiki Bleach: Calon Kapten Komandan Selanjutnya!?