8 Fakta Retsu Unohana Bleach: Kapten Divisi Medis ini Ternyata Shinigami Petarung!?

Retsu Unohana Anime Bleach

Sepanjang kisah Bleach, Retsu Unohana dikenal sebagai kapten Divisi 4—divisi khusus medis—yang memiliki sifat tenang dan kalem. Meskipun begitu, terkadang ada saat di mana anggota divisi lain—terutama Divisi 11 yang kebanyakan bersifat preman—terlihat takut kepadanya. Hal ini tentunya mengundang tawa fans Bleach.

Akan tetapi, tahukah kamu kalau adegan komedik tersebut ternyata berhubungan dengan masa lalu Unohara yang kelam? Berikut ini 8 fakta Retsu Unohana yang jarang diketahui oleh fans!

1. Salah Satu Kapten Shinigami Tertua di Gotei 13

Unohana adalah salah satu karakter tertua yang menjabat sebagai kapten divisi di Gotei 13. Hal ini pernah disebutkan sekali dalam sebuah flashback ketika Shinji Hirako menjabat sebagai kapten dan Sousuke Aizen menjabat sebagai wakil kapten Divisi.

Saat itu, Shunsui Kyoraku berkata kalau dia, Jushiiro Ukitake, dan Genryuusai Shigekuni Yamamoto adalah Shinigami yang menjabat sebagai Kapten lebih dari 100 tahun. Hal ini kemudian dikoreksi oleh Ukitake kalau Kyoraku lupa menyebut kapten Unohana.

Ya, Unohana sudah menjabat sangat lama sebagai Kapten di Gotei 13. Tapi tahukah kamu, kalau Unohana mungkin malah jauh lebih lama dari yang disebutkan oleh Kyoraku? Hal ini akan kita bahas di poin selanjutnya.

2. Salah Satu Kapten yang Menyadari Tipu Muslihat Aizen

Unohana merupakan salah satu kapten yang sangat pintar dan sensitif, memiliki tingkat ketelitian tinggi terhadap detil. Hal ini terbukti ketika dia menjadi satu-satunya kapten yang menyadari tipu daya Aizen ketika Aizen memalsukan kematiannya dalam Soul Society arc dulu.

Bisa dibilang, dia adalah kapten lainnya selain Shinji Hirako yang menyadari bahwa Aizen sedang merencanakan sesuatu yang jahat ketika masih bergabung di Gotei 13.

3. Nama Aslinya Bukan “Retsu”

Poin ini berhubungan dengan poin fakta Retsu Unohana yang pertama. Sebagai salah satu kapten Shinigami tertua, ternyata Retsu Unohana bukan nama sebenarnya, lho! Sebelum dikenal dengan nama “Retsu” (dalam bahasa Indonesia: brutal), Unohana memiliki nama pertama “Yachiru” yang memiliki arti 8.000 aliran (pedang). Nama ini sendiri dia pakai ketika pertama kali menjabat sebagai Kenpachi.

Tunggu dulu … Unohana dulunya adalah Kenpachi!?

4. Unohana Adalah Sosok Kenpachi Pertama

Benar, kamu tidak salah baca.

Unohana adalah Kenpachi pertama dan salah satu Shinigami pertama yang direkrut oleh Genryuusai ketika mendirikan organisasi Gotei 13. Yachiru Unohana dikenal sebagai “iblis” Shinigami petarung yang tidak ada duanya seantero Soul Society.

Sampai akhirnya, dalam salah satu flashback yang diceritakan di Thousand Year Blood War arc, dia bertemu dengan Kenpachi Zaraki. Mereka berdua bertarung mati-matian dan Unohana menang tipis dalam pertarungan tersebut.

Tidak ada cerita rinci soal yang terjadi setelah itu. Tetapi, semenjak saat itu Unohana melepas jabatan Kenpachi dan beralih sebagai kapten Divisi 4 yang fokus pada bidang medis.

5. Diajari Ilmu Medis oleh Tenjiro Kirinji

Menariknya, Unohana ternyata diajari ilmu medis oleh Tenjiro Kirinji, salah satu anggota Divisi 0.

Disebutkan pula kalau Unohana berlatih ilmu medis supaya dia dapat menyembuhkan dirinya setiap kali bertarung. Hal ini berhubungan dengan masa lalunya, ketika ia selalu bertarung dan mencari lawan yang sanggup menantang kemampuan bertarungnya.

6. Nama Bankai-nya sama seperti Shikai

Nama shikai dan bankai Unohana ternyata sama, lho! Keduanya bernama Minazuki.

Tapi, keduanya beda penulisan huruf Jepang. Minazuki shikai ditulis 肉雫唼 ( artinya Flesh-Drops’ Gorge atau isi Perut yang Terurai) sementara Minazuki bankai ditulis 皆尽 (artinya All Things’ End atau Akhir Segalanya).

Shikai Unohana mengubah bentuk pedang menjadi makhluk seperti ikan pari, sementara bankai Unohana tidak mengubah bentuk pedang. Namun, dalam jurus Bankai, pedang Unohana mengeluarkan cairan yang sangat kental dan berwarna merah.

7. Kekuatan Bankai-nya Berbanding Terbalik dengan Shikai-nya

Kekuatan shikai dan bankai milik Unohana berbanding terbalik. Keduanya sama-sama menggunakan cairan asam, namun shikai pedangnya digunakan untuk menyembuhkan, sementara bankai pedangnya untuk melelehkan lawan. Kelemahan dari bankai ini adalah siapapun yang terkena cairan tersebut akan meleleh—termasuk Unohana sendiri!

Cairan asam ini sangatlah kuat, sampai-sampai melelehkan dan membunuh Kenpachi Zaraki. Dalam pertarungan yang sama, Unohana akan menggunakan kemampuan medisnya untuk menghidupkan kembali Zaraki. Hal ini berhubungan dengan “latihan” yang akan dijelaskan di poin selanjutnya.

8. Unohana Akhirnya Tewas Ditangan Kenpachi Zaraki

Ya, di arc terakhir Bleach, Thousand Year Blood War arc, Unohana ditugasi untuk melatih Kenpachi Zaraki.

Walau dibilang melatih, tapi kenyataanya dua Shinigami ini justru bertarung sampai mati. Pertarungannya sangatlah brutal dan ganas. Unohana terus menerus membunuh dan menghidupkan kembali Zaraki sampai dia menghilangkan kebiasaan buruknya.

Kebiasaan buruk Zaraki adalah menurunkan kekuatannya hingga selevel dengan musuh secara tidak sadar. Hal tersebut adalah alasan di balik kemenangan (atau kekalahan) Kenpachi dengan lawannya yang selalu bersifat tipis.

Dalam pertarungan itu, Zaraki berhasil mengalahkan Unohana dan secara resmi mendapatkan gelar Kenpachi dari Unohana.

Siapa yang sangka Unohana yang punya perangai kalem ini ternyata bukan healer melainkan fighter! Jadi makin enggak sabar yah melihat kelanjutan cerita Bleach di animenya yang akan hadir Oktober 2022 nanti.

More Stories
PKCL Twins, Perpaduan NFT dan Dress-Up Game dari Jepang Dirilis Resmi Hari Ini!