Squid Game di Dunia Nyata? Pernah Hadir Lewat 5 Reality Game Show Ini!

Serial Squid Game telah menjadi fenomena tersendiri karena tema unik yang dibawa oleh sang sutradara, Dong-hyuk, ke dalam filmnya.

Tema film survival seperti ini sebenarnya tidak baru-baru amat karena setidaknya ada 6 film lain yang temanya serupa seperti Squid Game.

Selain tema filmnya, game show berhadiah uang juga sebenarnya bukan merupakan satu konsep yang baru.

Bahkan, permainan game show seperti Squid Game itu tidak hanya ada di film saja, tapi juga ada di dunia nyata! Tapi tentu saja, konsekuensi kekalahannya tidak sesadis seperti di film.

Memang sih, katanya Uni Emirat Arab mau buat permainan Squid Game di dunia nyata, tapi sebenarnya sudah ada 5 reality game show ini yang lebih duluan!

1. Total Wipeout

Total Wipeout adalah sebuah reality game show yang menampilkan permainan halang rintang sebagai daya tarik utamanya.

Game show ini pertama kali tayang di channel televisi Inggris, BBC, pada 3 Januari 2009.

Dalam permainan ini, para peserta akan tampil secara bergantian untuk bisa melewati berbagai halang rintang yang disediakan. Apabila seorang pemain bisa selamat hingga akhir, maka ia berhak memenangkan hadiah sebesar Rp190 juta ++ (tepatnya 10.000 poundsterling).

Kalau kamu lihat di video, halang rintang biasanya dibuat seperti samsak yang tidak akan melukai apabila menabrak sang pemain.

Apa jadinya kalau halang rintang itu diganti dengan senjata mematikan? Tentunya akan jadi Battle Royale layaknya Squid Game.

2. Fear Factor

Fear Factor juga merupakan sebuah reality game show. Acara ini pertama kali tampil tahun 2001 silam di channel televisi Amerika Serikat, NBC.

Acara Fear Factor tergolong paling ekstrim kalau dibandingkan dengan game show lainnya. Dalam acara ini, peserta ditantang untuk menaklukan rasa takutnya agar bisa merebut hadiah utama sebesar 700 juta Rupiah (tepatnya 50.000 USD)!

Seperti Squid Game, sang peserta akan sangat menderita di dalam acara ini sementara kita para penonton merasa “terhibur” menonton perjuangan para peserta.

Walaupun tantangan Fear Factor itu ekstrim, tapi tentu saja semuanya sudah dilakukan dalam kondisi yang terkontrol. Jadi, konsekuensi kekalahannya tentu tidak se-ekstrim seperti Squid Game.

3. Ninja Warrior

Ninja Warrior merupakan reality game show yang pertama kali tayang di Jepang dengan nama Sasuke pada tahun 1997.

Game show ini begitu sukses sehingga diadaptasi oleh banyak negara, mulai dari Amerika Serikat, Inggris, hingga Indonesia.

Tantangan di Ninja Warrior sangat menitikberatkan kepada ketangkasan, kekuatan, dan ketahanan fisik seseorang.

Seperti namanya, Ninja Warrior memberi berbagai macam tantangan yang membuat sang penantangnya bermanuver seperti ninja; mulai dari panjat memanjat hingga melakukan lompatan-lompatan ekstrim.

Versi Amerika-nya, Ninja Warrior punya hadiah sebesar SATU MILIAR RUPIAH! (tepatnya 100 ribu USD).

Seperti tv show lain, konsekuensi kekalahan di Ninja Warrior sangat aman. Mereka hanya kecebur ke dalam air kalau gagal menahan kelelahan bergantungan di halang rintang. Tentu saja, tidak sampai se-ekstrim Squid Game.

4. Escape Room

Mimin sebenarnya agak curang memasukkan Escape Room ke dalam daftar ini, karena dia bukan sebuah tv show.

Escape Room ini biasanya menjadi wahana di dalam taman bermain yang mungkin lebih kita kenal dengan “Rumah Hantu”.

Rumah hantu bisa dibilang sebagai versi ringan dari escape room, dengan ruangan seram berbentuk labirin dan para cosplayer Pocong/Kuntilanak/dkk yang siap mengageti peserta.

Versi ekstrim-nya, Escape Room akan memberi pengalaman layaknya dalam film SAW lewat suasana mencekam yang dihadirkan, berbagai puzzle sulit untuk diselesaikan, dan batas waktu yang bikin tegang.

Escape Room sempat dijadikan sebuah reality game show di Amerika Serikat pada tahun 2015 silam. Sayang, acara berjudul Race to Escape sebegitu sukses sehingga tidak dilanjutkan setelahnya.

5. Benteng Takeshi

Nah! Kamu semua tentu sudah tahu dengan reality game show yang satu ini kan˜

Benteng Takeshi atau Takeshi Castle merupakan sebuah reality game show yang tayang pada tahun 1980-an di channel televisi Jepang, Tokyo Broadcasting System (TBS).

Acara ini begitu populer di Jepang sana sehingga televisi Indonesia menayangkan ini di tahun 90-an.

Bisa dibilang, Benteng Takeshi ini adalah reality game show yang paling mendekati permainan di Squid Game.

Reality game show tersebut menghadirkan konsep Battle Royale dengan 100 orang lebih kontestan bermain secara langsung, mirip seperti Squid Game.

Benteng Takeshi juga punya beberapa permainan serupa. Contohnya Red Light-Green Light di Squid Games yang hadir dengan nama “Daruma Berguling” atau permainan Glass Stepping Stones yang hadir dengan nama “Kolam Naga”.

Jadi, kamu sudah enggak penasaran lagi membayangkan kalau Squid Game ada di dunia nyata kannn …

Ikuti terus media sosial YODU untuk berbagai pembahasan menarik seputar game, esports, tekno, dan entertainment ya!

More Stories
Promo Agustus YODU: Promo Merdeka! Bebas Top-Up Games Favorit