Ini 3 Tips Counter Meta TikTok MLBB yang Sedang Viral!

Kombinasi Hero Bane, Faramis, dan Selena sedang populer belakangan di Mobile Legends Bang-Bang (MLBB). Kombinasi yang disebut juga sebagai “META TikTok” itu jadi populer gara-gara kemampuan push-nya yang luar biasa.

Pertunjukkan betapa bahayanya kombinasi hero META TikTok itu bisa kamu lihat sendiri dari salah satu konten buatan mantan pemain EVOS Legends yaitu Eko “Oura”.

Dalam video, kamu bisa lihat sendiri bagaimana Oura begitu kaget dan kewalahan saat Bane dan Faramis tiba-tiba teleport menggunakan Arrival, lalu melakukan backdoor ke turret demi turret, sampai akhirnya mencapai base di menit ke-8. 

Lalu bagaimana misalkan kamu menghadapi lawan yang menggunakan META tersebut? Jangan panik, tetap tenang, dan wajib-harus-kudu waspada. Supaya tetap waspada, YODU punya sedikit tips supaya kamu siap menghadapi kombinasi “konyol” tersebut.

Apa saja tipsnya? Berikut 3 di antaranya.

Wajib Pakai Hero dengan Crowd Control

Sumber Gambar – MLBB Official.

Kunci pemain META TikTok adalah kecepatan. Oleh karena itu, skill Crowd Control (CC) kunci penting untuk counter permainan musuh. Bagi kamu yang belum tahu, skill Crowd Control adalah berbagai macam skill yang mampu menghentikan musuh.

Secara umum, CC dibagi menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah soft CC yang tidak sepenuhnya menghentikan hero musuh. Contoh soft CC adalah slow, silence, atau immobilize. Jenis kedua adalah hard CC yang sepenuhnya menghentikan hero musuh. Contoh hard CC adalah Stun, Knock Up/Airborne, dan Taunt.

Untuk bisa menghentikan push super cepat dari META TikTok, tentunya kamu akan butuh hard CC (atau minimal Immobilize). Lalu hero MLBB apa yang punya hard CC dan cocok untuk counter kombinasi hero tersebut?

Jawabannya adalah hero dengan Crowd Control bersifat area. Beberapa contohnya seperti Beleric yang bisa Immobilize di area sekitar, Tigreal yang semua skill-nya bisa Stun, atau Akai yang bisa mengusir trio tersebut dari turret kamu. Sebagai pilihan sekunder, kamu juga bisa pakai hero yang punya CC kuat ke satu hero seperti Chou, Franco, atau Saber.

Gunakan Mage Dengan Burst Damage Besar di Early Game

Chang’e adalah salah satu mage yang cocok dikombinasikan dengan hero CC untuk counter META TikTok. Sumber Gambar – MLBB Official.

Strategi pemain META TikTok adalah menyelesaikan game dengan secepat-cepatnya. Seperti yang kamu lihat dari konten milik Oura, base miliknya bahkan sudah hancur di menit ke-8.

YODU sudah menyarankan mengambil hero dengan Crowd Control sebagai tips pertama. Kalau sudah ada yang menghentikan pergerakan mereka, maka selanjutnya harus ada hero lain yang memberi damage.

Maka dari itu, tips kedua untuk counter kombinasi Bane, Faramis, dan Selena adalah dengan menggunakan hero Mage yang punya burst damage besar. Usahakan hero yang akan kamu gunakan adalah hero yang sudah punya cukup damage dengan modal satu item saja.

Ada beberapa kandidat hero yang cocok untuk mengisi posisi tersebut. Dua di antaranya adalah Harley dan Chang’e, dua Mage yang punya damage magic besar dan konsisten.

Sebagai pilihan alternatif ada juga Aurora atau Eudora. Dua Mage tersebut bisa jadi pilihan alternatif karena dia tidak hanya memberi damage, tapi juga punya kemampuan Crowd Control yang kuat.

Sadar Map dan Bawa Arrival Jika Memungkinkan

Tips yang terakhir mungkin terdengar klise. Karena siapapun lawannya, seorang pemain tentu harus selalu bisa sadar map ketika sedang bermain bukan?

Namun demikian, tingkat kesadaran kamu terhadap map (map awareness) harus lebih tinggi lagi saat melawan META TikTok ini. 

META tersebut sangat-sangat memanfaatkan momen ketika kamu lengah ketika melakukan hal lain, entah teamfight atau push ke suatu lane. Pada konten milik Oura, kamu juga bisa lihat kalau dia beberapa kali lengah dengan Arrival dari trio tersebut sehingga kehilangan turret sampai base-nya.

Lawan Arrival dengan Arrival! Tapi ada satu syaratnya, yaitu kamu harus punya map awareness yang lebih baik dari musuh.

Maka dari itu, lawan Arrival milik musuh dengan Arrival juga. Dengan memiliki Arrival, kamu bisa tetap tenang melakukan hal lain seperti teamfight untuk merebut objektif (Buff, Turtle, Turret, dan lain sebagainya).

Membawa Arrival saja tidak cukup, karena map awareness adalah kunci utamanya. Walau sedang teamfight, kamu harus tetap waspada melihat map. Apabila musuh mulai beraksi dengan META TikTok-nya, kamu bisa langsung merespon hal tersebut dengan cepat karena kamu bawa Arrival.

YODU menyarankan Mage dan hero Tank dengan CC yang membawa Arrival. Seperti pada dua saran YODU sebelumnya, dua hero tersebut adalah kunci untuk menghentikan si trio pembuat masalah tersebut. 

Sebagai tambahan, kamu mungkin juga bisa meminta pemain EXP Lane dengan kemampuan bertarung yang kuat di Early Game untuk menggunakan Arrival (seperti Badang, Lapu-Lapu, atau mungkin Thamus).

Kalau tiga Hero tersebut menggunakan Arrival dan punya tingkat kesadaran map yang tinggi, maka seharusnya kombinasi META TikTok dapat dihentikan dan tidak lagi efektif.

Semoga 3 tips ini bisa membantu kamu menghadapi META TikTok. Apabila tips tersebut dieksekusi dengan tepat, seharusnya kamu bisa menang dengan gemilang atau bahkan mungkin jadi menciptakan META sendiri.

Belum punya hero-hero yang YODU sebut di atas?

Kamu bisa top-up Diamonds Mobile Legends kamu di YODU Circle, karena top-up di YODU Circle itu aman dan harganya terjangkau. Kamu cukup pergi ke laman circle.yodu.id, pilih jumlah Diamonds yang ingin kamu beli, lalu bayar dengan menggunakan YODU Money kamu.

Saatnya level up your life with YODU serta good luck dan have fun di perjalanan kamu push rank MLBB!

More Stories
Promo Agustus YODU: Promo Merdeka! Bebas Top-Up Games Favorit