5 Fakta Aizen Sosuke di Anime Bleach yang Jarang Diketahui oleh Fans!

Sosuke Aizen bisa dibilang adalah salah satu karakter paling ikonik dalam manga Bleach, atau bahkan salah satu karakter paling ikonik di manga yang pernah dirilis Shonen Jump. Bagaimana tidak, karakter ini kharismatik, kuat, dan penuh dengan tipu muslihat—sampai-sampai mampu menciptakan salah satu plot twistterbesar dalam sejarah manga Shonen Jump.

Dalam anime Bleachyang sudah selesai bertahun-tahun lalu, Aizen telah ditangkap dan dikurung dan tidak pernah terlihat lagi sampai animenya tamat. Meskipun begitu, Aizen akan kembali muncul dalam anime Bleach terbaru yang akan dirilis pada Oktober tahun 2022 dan mengadaptasi arcterakhir dari manga Bleach. Nah, sebelum melihat sepak terjang Aizen dalam anime Bleach terbaru nanti, ada baiknya kamu mengetahui 5 fakta Aizen Sosuke yang jarang diketahui oleh fans berikut ini!

1. Dia Memiliki Bankai

Banyak fans Bleach, terutama fans manganya, yang mengetahui kalau Aizen tidak memiliki bankai. Ya, meskipun menjabat sebagai seorang kapten—yang mana salah satu syaratnya adalah dengan memiliki bankai—Aizen sama sekali tidak pernah menunjukkan bankai miliknya. Dia bisa menjadi kapten dengan menipu kapten yang ada menggunakan kekuatan ilusi dari shikai-nya, Kyoka Suigetsu, membuat mereka semua percaya kalau Aizen memiliki bankai.

Di saat yang sama, Aizen juga menyembunyikan kekuatan asli shikai-nya kepada para kapten lain saat itu. Menariknya, ternyata informasi bahwa Aizen tidak memiliki bankai ini ditepis melalui kisah lanjutan dari manga Bleach.

Kisah lanjutan ini diceritakan melalui novel Bleach yang berjudul Spirits Are Forever With You. Dalam novel yang ditulis oleh Narita Hyogo tersebut, salah satu karakter menyebutkan bahwa Aizen memang memiliki bankai. Akan tetapi, disebutkan pula kalau bankai milik Aizen hanya bisa mempengaruhi orang yang telah melihat shikai-nya. Terlepas dari itu, tidak ada adegan yang menunjukkan bankai Aizen dalam novel. Hm… benar-benar bikin penasaran, ya?

2. Aizen Sosuke Tidak Bisa Mati

Pada awalnya, Aizen hanyalah Shinigami biasa. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu di mana dia berinteraksi dan akhirnya bergabung dengan Hyogoku, Aizen mendapatkan keabadian.

Ya, Aizen tidak bisa mati. Hal in terlihat ketika dia berhasil menyembuhkan diri dari serangan terkuat Ichigo, Mugetsu, dan diberi hukuman yang sangat panjang, yaitu 20.000 tahun, di Muken (penjara di Soul Society).

Keabadian Aizen ini masih dia miliki bahkan setelah dia terpisah dengan Hyogoku. Di arcterakhir Bleach, Aizen masih hidup bahkan setelah terkena Hado #90,mantra serangan tertinggi Shinigami, yang dia lancarkan sendiri untuk menghancurkan makhluk berbentuk bola mata yang dilancarkan oleh Yhwach.

3. Aizen Sosuke Dikurung di Muken Selama 20.000 Tahun

Karena tindakan kriminal yang dia buat, Aizen dikurung di Muken selama 20.000 tahun. Muken sendiri adalah penjara bawah tanah yang terletak di bawah gedung tentara Divisi Satu. Penjara ini merupakan penjara terdalam yang hanya ditempati oleh kriminal dengan tingkat kejahatan tertinggi. Penjara ini gelap gulita, memiliki area yang luas tanpa batas, dan benar-benar terputus dari dunia luar (kecuali menara yang menjadi pintu masuk dan keluar).

Dalam penjara, Aizen disegel dengan 19 kunci. Akan tetapi, 3 kuncinya dibuka oleh Shunshui Kyoraku saat terjadi perang antara Gotei 13 dengan Wandenreich yang dipimpin oleh Yhwach di arcterakhir Bleach. Hal ini dikarenakan Shunshui merasa Gotei 13 membutuhkan bantuan Aizen untuk melawan Yhwach. Aizen bahkan sempat membantu Ichigo bertarung dengan Yhwach.

Setelah perang selesai, Aizen diceritakan kembali ditangkap dan dikurung di Muken untuk menghabiskan masa hukumannya.

4. Zanpakutou Milik Aizen Mampu Mempengaruhi Dewa Terkuat di Anime Bleach

Zanpakutou Aizen bisa dibilang adalah salah satu zanpakutouterkuat—jika tidak yang terkuat—dalam dunia Bleach. Bagaimana tidak? Zanpakutou yang bernama Kyoka Suigetsu ini memiliki kemampuan untuk menciptakan ilusi sempurna dengan menghipnotis korbannya. Kemampuan untuk menghipnotis ini sendiri hanya bisa Aizen lakukan kepada orang yang telah melihat pelepasan Kyoka Suigetsu.

Kekuatan hipnotis Aizen ini sangatlah kuat. Saking kuatnya, Aizen bahkan bisa menghipnotis dan membohongi The Almightymilik Yhwach. Bagi kamu yang belum tahu, Yhwach adalah quincy dan dewa terkuat yang pernah ada di dunia Bleach. Dia merupakan keturunan dari Soul King yang merupakan penguasa Soul Society. Kemampuan The Almightymiliknya adalah mampu melihat masa depan dan mengubahnya. Akan tetapi, kemampuan ini ternyata masih bisa ditipu oleh Aizen. Haha!

5. Kekuatannya Terus Berkembang

Setelah dikalahkan oleh Ichigo, Aizen terpisah dari Hyogoku. Hal ini menyebabkan kekuatan yang dia dapat dari Hyogoku menghilang dan kekuatannya menurun drastis—sampai-sampai Kisuke Urahara bisa menyegel Aizen. Akan tetapi, meskipun sudah berpisah dari Hyogoku, Aizen masih memiliki beberapa kekuatannya, seperti misalnya keabadian. Selain itu, kekuatan Aizen terus berkembang meskipun dia dikurung dan disegel di Muken!

Kekuatan Aizen terus berkembang hingga saat memasuki arcterakhir Bleach, disebutkan kalau kekuatannya kini telah menyamai atau bahkan melebihi kekuatannya ketika dia masih memiliki Hyogoku dulu.

Itulah beberapa fakta dari Aizen Sosuke di anime Bleach. Memang “villain” ini ternyata jadi salah satu karakter yang rumit dan mengerikan sekali ya di anime Bleach. Apa pendapat kamu terhadap sosok Aizen Sosuke?

More Stories
7 Perbedaan PUBG MOBILE vs PUBG MOBILE LITE: Ternyata Beda Server?