6 Fakta Clea, Penyihir Wanita dari Post-Credit Doctor Strange 2

Katanya, dia itu adalah keponakkannya Dormammu loh!

Doctor Strange in the Multiverse of Madness (selanjutnya kita sebut Doctor Strange 2) menjadi film terbaru MCU di phase 4.

Selain memanggil kembali karakter-karakter lama, film ini juga memunculkan karakter-karakter baru seperti America Chavez dan Clea. Nah … bicara soal Clea, karakter yang diperankan oleh Charlize Theron ini cukup misterius dan tidak banyak fan MCU yang tahu.

Clea sendiri hanya muncul sebentar di Doctor Strange 2, lebih tepatnya dia muncul di mid-credits scene, ketika dia tampil dan mengajak Doctor Strange untuk memperbaiki efek Incursion yang ada di dunianya, Dark Dimension.

Lalu, siapakah sebenarnya Clea? Berikut ini 6 fakta Clea menarik untuk diketahui!

1. Dia Merupakan Keponakan Dormammu

Clea adalah makhluk dengan energi sihir sangat tinggi karena memiliki darah Faltine yang diturunkan dari ibunya, Umar.

Menariknya, Umar ini adalah saudara perempuan Dormammu, musuh bebuyutan Doctor Strange dalam komik dan musuh utama di film Doctor Strange. Jadi kesimpulannya, Clea adalah keponakan Dormammu.

Menariknya, Clea juga memiliki darah manusia (yang tinggal di Dark Dimension). Darah manusia ia dapat dari ayahnya yang merupakan manusia penyihir, Prince Orini.

Ayah Clea adalah anak dari Olnar, manusia penyihir terakhir dan juga raja Dark Dimension sebelum menyerahkan kekuasaannya kepada Dormmamu.

2. Clea adalah Sorcerer Supreme di Dark Dimension

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Clea adalah makhluk dengan energi sihir yang sangat tinggi.

Hal tersebut membuatnya mampu menguasai dan menggunakan berbagai macam sihir tingkat tinggi seperti pindah dimensi/universe. Ia bahkan menciptakan makhluk hidup.

Salah satu contohnya di dalam komik adalah ketika dia menciptakan versi perempuan dari Silver Surfer yang kemudian diberi nama Ardina. Kekuatan sihirnya tidak bisa diremehkan sampai-sampai dia mendapatkan gelar Sorcerer Supreme di dunianya, Dark Dimensions.

Tidak sampai di situ, pada satu titik Clea menjadi satu dari sedikit orang yang pernah menjadi penguasa Dark Dimension. Tentunya, ini juga karena dia memiliki hubungan keluarga dengan Dormammu.

3. Murid Doctor Strange

Dalam komik, Clea pertama kali bertemu dengan Stephen Strange setelah Strange pergi ke Dark Dimension untuk mencegah Dormammu yang hendak menguasai Bumi.

Pertemuannya dengan Strange menjadi pemberontakan pertamanya terhadap Dormammu karena Clea membantu Strange melawan Dormammu. Akhirnya, Strange menyadari kalau Clea hanya akan aman dari Dormammu jika membawanya ke Bumi.

Sampai di Bumi, Clea tidak mampu menggunakan seluruh kemampuan sihirnya. Untuk mendapatkan kekuatannya kembali, Clea belajar di Sanctum Santorum. Lalu, saat Strange secara resmi diangkat menjadi Sorcerer Supreme, dia pun mengajak Clea untuk menjadi muridnya.

4. Menikah dengan Doctor Strange

Hubungan Clea dengan Strange pun berkembang. Berawal hanya hubungan murid dan guru, berkembang menjadi sesuatu yang lebih.

Clea menyadari perasaannya setelah dia kembali ke Dark Dimension dan menjadi penguasa di sana. Strange juga demikian, tetapi keduanya terpisah di dunia yang berbeda.

Meskipun begitu, Strange tetap melamar Clea. Mereka berbagi cincin yang menghubungkan keduanya dengan sihir meskipun keduanya berbeda dunia. Hubungan pernikahan keduanya bisa dibilang cukup sulit.

Penyebabnya adalah karena keduanya hidup di dunia yang berbeda dan masing-masing memiliki tanggung jawab yang besar terhadap dunia mereka. Pada satu sisi, Strange harus melindungi Bumi sebagai Sorcerer Supreme dan di sisi lain Clea harus mengatur Dark Dimension sebagai penguasanya.

5. Clea Sempat Menjadi Sorcerer Supreme Untuk Bumi

Saat berusaha untuk menyelamatkan dunia, Stephen terpaksa harus membuat perjanjian dengan Mephisto (bisa dibilang Satan versi Marvel) supaya mendapatkan bantuannya.

Mephisto menyanggupi permintaan Strange dengan syarat Clea akan kehilangan semua ingatan tentang Strange. Strange sendiri kemudian terbunuh oleh Kaecillius.

Bagi kamu yang belum tahu, atau sudah lupa, Kaecillius adalah salah satu antagonis di film Doctor Strangedan diperankan oleh Mad Mikkelsen. Kematian Strange membuat sihir Mephisto yang mempengaruhi Clea menghilang. Clea pun kembali mengingat Strange.

Dia pun memburu Kaecillius dan sempat menghidupkan Strange untuk sementara supaya bisa mengucapkan selamat tinggal. Dengan perginya Stephen Strange, gelar Sorcerer Supreme planet Bumi pun dipercayakan kepada Clea.

6. Dia Juga Anggota Defenders

Clea juga menjadi salah satu anggota Defenders, tim superhero yang pernah dibentuk oleh Strange. Dalam MCU, The Defenders terdiri dari Daredevil, Luke Cage, Jessica Jones, dan Iron Fist.

Akan tetapi, konsep dasar dari tim ini (setidaknya dalam komik) adalah mereka selalu berganti-ganti anggota dan bukan merupakan sebuah tim resmi. Jadi, bukannya tidak mungkin kita akan melihat aksi Clea kembali di MCU sebagai anggota Defender nantinya.

Jadi itu dia beberapa fakta soal sosok Clea, karakter yang muncul di post-credit scene film Doctor Strange 2. Kira-kira, akan jadi bagaimana kelanjutan petualangan Doctor Strange nantinya di Dark Dimensions bersama Clea ya?

More Stories
Hero Terkuat Mobile Legends
5 Hero Terkuat di Mobile Legends Desember 2022, Wajib Pick!