7 Fakta Divisi 0 Bleach 2022: Divisi Terkuat di Soul Society

Anime Bleach akan kembali dirilis pada bulan Oktober 2022 ini. Kisah dari anime ini akan mengadaptasi Thousand Year Blood War Arc yang menjadi kisah penghujung Bleach.

Hal menarik dari arc terakhir Bleach adalah, mereka akan memperkenalkan pasukan pelindung pribadi Soul King, atau yang dikenal dengan Divisi 0.

Seperti apakah mereka? Berikut ini beberapa fakta mengenai Divisi 0 yang akan muncul di anime Bleach2022* nanti!

SPOILER ALERT

1. Divisi Terkuat Soul Society yang Anggotanya Hanya 5 Orang

Diperkenalkan dalam arc terakhir, Divisi 0—atau dikenal juga dengan sebutan Royal Guard—muncul setelah Soul Society porak poranda diserang oleh para Quincy. Tujuan mereka datang ke Soul Society adalah untuk membangun kembali Gotei 13 yang telah kehilangan kapten komandan mereka, Genryuusai Shigekuni Yamamoto dan membawa Ichigo Kurosaki, Byakuya Kuchiki, Rukia Kuchiki, dan Renji Abarai untuk dilatih di Royal Palace.

Pada kemunculan pertama mereka, Shushui Kyoraku mengatakan kalau Divisi 0 adalah divisi terkuat di seantero Soul Society—melebihi kombinasi seluruh Shinigami di Gotei 13. Hal yang mengejutkan adalah, anggota mereka hanya 5 orang: Ichibei Hyosube (pemimpin Divisi 0), Tenjiro Kirinji, Kirio Hikifune, Oetsu Nimaiya, dan Senjumaru Shutara.

Kyoraku tidak bohong soal ini, karena pada pertemuan pertama Divisi 0 dengan para kapten, Soi Fon—kapten Divisi 2 dan salah satu Shinigami tercepat di Gotei 13—tidak bisa bereaksi pada kecepatan Tenjiro.

Lalu, pada pertarungan di Royal Palace, Nimaiya bisa membantai 4 Quincy yang menjadi pengawal pribadi Ywach seorang diri—sesuatu yang sangat mengesankan mengingat bahkan satu kapten Gotei 13 saja kesulitan (dan kalah) melawan satu Quincy.

2. Memiliki Tugas Eksklusif

Divisi 0 memiliki otoritas tertinggi di Soul Society dan mereka memiliki tugas eksklusif yang membuat mereka berbeda dengan Gotei 13. Beberapa tugas utama mereka adalah: melindungi Soul King, melindungi Royal Family dan Royal Palace, dan membunuh hollow sekelas Menos.

3. Ouken yang Hendak Diciptakan Aizen adalah Tulang Anggota Divisi 0

Ouken (kunci raja) adalah “kunci” yang dibutuhkan bagi siapapun supaya mereka bisa pergi ke Royal Palace dan bertemu dengan Soul King.

Sebelum dipenjara, Sousuke Aizen pernah mencoba untuk menciptakan Oken dengan mengorbankan 100 ribu jiwa yang berada di Jureichi—yang kemudian kita tahu bahwa Jureichi ini adalah kota Karakura, tempat tinggal Ichigo Kurosaki.

Nah, dalam arc terakhir, Ichibei mengatakan kalau Ouken sebenarnya adalah tulang para anggota Divisi 0. Tulang mereka dimodifikasi dan diberi kekuatan oleh Soul King. Dengan ini, mereka adalah anggota yang memiliki keleluasaan untuk keluar dan masuk Royal Palace.

4. Setiap Anggotanya Melambangkan Sejarah Soul Society

Kelima anggota Divisi 0 melambangkan sejarah dari Soul Society. Mereka adalah para Shinigami yang berhasil membuat inovasi dan memberikan kontribusi yang sangat berharga bagi Soul Society sehingga diangkat menjadi Royal Guard oleh Soul Society.

Contohnya seperti Ichibei diangkat sebagai Royal Guard karena kontribusinya dalam memberi “nama” bagi segala sesuatu dan fenomena yang berada di Soul Society.

Lalu, ada juga Nimaiya yang merupakan Shinigami pencipta Zanpakutou yang nantinya akan diberikan kepada para Shinigami Gotei 13 sehingga menyatu dengan jiwa mereka dan menjadi milik mereka. Hikifune yang dulunya mantan kapten Divisi 12 yang digantikan oleh Kisuke Urahara adalah pencipta Gikon (jiwa buatan)—yang mana menjadi cikal bakal Kon. Kirinji adalah pencipta Healing Springs—sebuah pemandian air panas yang digunakan untuk menyembuhkan luka.

Hanya Senjumaru yang tidak disebutkan secara rinci pernah memberikan kontribusi apa. Dalam manga, hanya ditunjukkan kalau dia adalah orang yang bertanggung jawab dalam membuat seragam para Shinigami.

5. Setiap Anggota Memiliki Kota Mereka Sendiri di Royal Palace

Setiap anggota dari Divisi 0 memiliki kota mereka sendiri di Royal Palace. Tempat mereka pun berbeda-beda satu dengan lainnya. Misalnya saja seperti kota milik Tenjiro yang memiliki Healing Springs dan Hikifune yang merupakan sebuah kastil yang penuh dengan masakan enak. Lalu ada juga Nimaiya yang memiliki kota yang sepi, gubuk rusak, dan tempat untuk menempa Zanpakutou.

Setiap kota berbentuk seperti piringan terbang dengan Soul King Palace, kota berbentuk silinder yang menjadi kediaman Soul King.

6. Anggotanya Hampir Tidak Bisa Mati

Soal ini memang tidak diceritakan dalam manga Bleach (tetapi sempat ditunjukkan sedikit) dan hanya diceritakan dalam novel lanjutannya yang berjudul Bleach: Can’t Fear Your Own World.

Dalam novel, Ichibei mengatakan karena tubuh mereka memiliki Oken, tubuh mereka terhubung langsung dengan Soul King Palace. Hal ini membuat dirinya bisa menghidupkan kembali seluruh anggota Divisi 0 dengan memanggil nama mereka selama Soul King Palace masih ada. Hal ini membuat Divisi 0 hampir tidak bisa mati—kecuali jika mereka dibunuh dan Soul King Palace dihancurkan.

7. Hendak Menggunakan Ichigo Sebagai Pengganti Soul King

Sama seperti fakta sebelumnya, hal ini hanya diceritakan dalam novel Bleach: Can’t Fear Your Own World.

Dalam salah satu percakapan antara Ichibei dan Kyoraku, disebutkan bahwa Ichigo tengah dipersiapkan sebagai Soul King selanjutnya jika Soul King tewas—dan bahkan Ichigo tahu mengenai hal ini. Hal ini dikarenakan Ichigo memiliki kualitas dan kekuatan yang membuatnya cocok sebagai pengganti Soul King.

Penggantian Soul King oleh Ichigo sempat disinggung sedikit dalam manga di mana Kyoraku sempat mendatangi teman Ichigo untuk memberi mereka tiket keluar masuk Soul Society untuk bertemu Ichigo.

Rencana ini tidak jadi digunakan setelah Ywach menyerap Soul King, memberinya kekuatan seperti Soul King. Setelah kematian Ywach, jasadnya digunakan untuk menggantikan Soul King sebagai pasak yang menjaga keseimbangan tiga dunia.

More Stories
PKCL Twins, Perpaduan NFT dan Dress-Up Game dari Jepang Dirilis Resmi Hari Ini!