5 Fakta Film Marvel Eternals, Homo Immortalis yang Membantu Peradaban Manusia

Film Marvel Eternals sudah mulai tayang di Disney+ Hotstar mulai hari ini, 12 Januari 2022. Eternals sendiri sebenarnya sudah tayang di bioskop terlebih dahulu, tepatnya pada bulan November 2021 kemarin.

Mengutip Rotten Tomatoes, Eternals sudah meraup 164.8 juta dollar AS (sekitar 2,3 miliar Rupiah), walau hanya mendapat rating 47% saja dari para kritikus film.

Terlepas dari segala kritik, mungkin kamu yang awam tetap penasaran dan ingin tahu, sebenarnya siapakah para Eternals ini?

Kenapa mereka tidak pernah disinggung di MCU. Well, sebenarnya kalian pernah melihat para Eternals ini di Guardians of Galaxy, minimal potongan kepala sang penciptanya.

Planet Knowhere merupakan sebuah planet yang dibentuk dari potongan kepala seorang Celestials. Ras Celestials inilah yang menciptakan para Eternals atau yang dikenal juga sebagai Homo Immortalis.

Sebelum menyaksikan filmnya yang kini sudah hadir di Disney+ Hotstar tidak ada salahnya kamu mengetahui fakta-fakta yang ada di Eternals. Baik versi aslinya yang di komik maupun yang nanti muncul di MCU.

1. Dibuat oleh Jack Kirby

Kebanyakan orang lebih mengenal Stan Lee ketimbang Jack Kirby. Padahal Kirby adalah orang yang berada di belakang karakter penting seperti Captain America, Hulk, hingga Avengers itu sendiri.

Pada tahun 1970 Kirby meninggalkan Marvel dan membuat serial baru di DC yang dinamai New Gods. Serial tersebut mengalami penjualan yang sangat tinggi tetapi terus menurun hingga akhirnya dibatalkan oleh DC di buku kesebelas.

New Gods

Melihat idenya mulai tidak selaras dengan DC, Kirby memutuskan kembali ke Marvel dan menciptakan The Celestials yang kemudian berganti nama menjadi The Eternals setelah bagian legal dari Marvel terlibat.

The Eternals

Pada intinya The Eternals itu dibuat mengikuti konsep New Gods dengan berbagai plot yang lebih penting. Sayang, penjualan The Eternals juga melorot sehingga Marvel menutup kisahnya di buku ke-19. 

Dari New Gods kita mendapatkan Apokolips dan New Genesis, sementara dari The Eternals kita mendapatkan para Eternals, Deviants, dan Mutant.

2. Para Celestials

Eson The Seracher

Para Celestials adalah makhluk kosmis yang tercipta bersamaan dengan alam semesta. Mahluk raksasa ini melakukan penelitian di Bumi dengan menggunakan para Sapiens sebagai objek penelitian mereka.

Dari penelitian tersebut lahirlah tiga ras sejenis manusia. Pertama adalah para Eternals yang diberi kemampuan kosmik sehingga lebih kuat dari manusia normal. Kedua adalah Deviants yang memiliki kemampuan setara dengan para Eternals, tetapi dimodifikasi besar-besaran sehingga wujudnya hampir tidak seperti manusia. Ketiga dan yang terakhir adalah para Sapiens “normal” atau manusia umumnya yang punya kemampuan kosmik tapi bersifat dorman.

Para Eternals dan Deviants ini harus bertempur demi pengumpulan data yang dilakukan para Celestials. Nantinya para Eternals dibiarkan menghuni Bumi untuk melindungi planet tersebut dari serangan musuh, termasuk para Deviants.

3. Thanos Hibrida Eternals dan Deviants

Thanos

Yup kamu tidak salah baca, dalam versi komik, the Mad Titan adalah seorang Eternals yang memiliki keturunan Deviants. Kemampuan ras Eternals dari Thanos terlihat dari kekuatan dan daya tahan fisiknya dalam mengendalikan Infinity Stone.

Kalau asal-usul ini ikut terbawa ke dalam film Eternals, maka hal ini menjelaskan kenapa nama Thanos disebut disebut-sebut di dalam trailer. 

Berarti Thanos adalah bekas anggota Eternals yang tidak boleh diserang oleh sesama Eternals. Hal ini menjadikan para Eternals tidak bisa berbuat banyak ketika menyaksikan Thanos menyerang Bumi demi Infinity Stone.

Ego The Living Planet

Selain Thanos, MCU juga memberikan satu sosok Celestials yang semula tidak ada di komiknya. Sosok itu adalah Ego The Living Planets, yang hadir di Guardians of Galaxy Vol.2. Tapi, pada versi komik Ego bukanlah seorang Celestials, melainkan sosok yang disebut Sentient Planets.

4. Kekuatan Masing-Masing Eternals

Daftar Kekuatan Eternals

Para Eternals yang akan hadir di film adalah Sersi (Gemma Chan), Thena (Angelina Jolie), Ikaris (Richard Madden), Kingo (Kumail Nanjiani), Ajak (Salma Hayek), Makkari (Lauren Ridloff), Phastos (Brian Tyree Henry), dan terakhir adalah Sprite (Lia McHugh).

Masing-masing Eternals memiliki kekuatannya sendiri. Thena memiliki kemampuan memanggil Cosmic Energy Weapon. Ajak memiliki kemampuan healing. Ikaris bisa menembakkan optical beam yang berasal dari Cosmic Energy Manipulation. Sersi bisa mempengaruhi benda melalui Matter Manipulation, dan masih banyak lagi.

X-Men Dari Alex Ross

Kalau diperhatikan dengan seksama, kemampuan para Eternals ini sebenarnya mirip dengan para mutan. Apakah Eternals merupakan pintu gerbang dari masuknya mutan ke jagat MCU? Bila iya, maka di tahun 2022 kita akhirnya bisa menyaksikan Hugh Jackman beraksi kembali sebagai Wolverine di layar lebar.

5. Bisa Dimatikan Begitu Saja

Aktivasi para Eternals

Walaupun memiliki kemampuan kosmik yang luar biasa kuat, para Eternals ini tidak bisa bertindak begitu saja, terutama untuk urusan melawan pencipta mereka para Celestials.

Pasalnya bila dibutuhkan atau terjadi pemberontakan, para Celestials bisa mematikan para Eternals ini layaknya robot mainan yang dicabut baterainya.

Itu dia tadi 5 fakta film Eternals. Bagaimana? Kamu sudah menontonnya? Atau termasuk rombongan penonton Disney+ Hotstar? Beri tahu pendapat kamu soal film ini di media sosial YODU ya!

Sumber gambar utama – Collider

More Stories
10 Fakta Byakuya Kuchiki Bleach: Calon Kapten Komandan Selanjutnya!?