5 Fakta Isshin Kurosaki Bleach: Ayah Ichigo Ternyata Bangsawan Shinigami?

Isshin Kurosaki (kanan) Bleach

Isshin Kurosaki ditampilkan sebagai ayah yang enerjik dan konyol sejak pertama kali diperkenalkan ke dalam cerita anime dan manga Bleach.

Karakter ini seakan dimunculkan untuk adegan komedi saja. Namun, siapa sangka, ayah Ichigo Kurosaki ternyata karakter penting dalam cerita Bleach, bahkan merupakan karakter kunci di anime Bleach 2022 yang akan tayang Oktober nanti.

Jadi, kenapa Isshin Kurosaki begitu penting bagi Ichigo dan dunia *Bleach? Simak pembahasan 5 fakta Isshin Kurosaki berikut ini!

1. Isshin Kurosaki adalah Bangsawan Shinigami

Tampak seperti manusia biasa pada awalnya, begitu memasuki Arrancar arc, kita dikejutkan dengan kemunculan Isshin Kurosaki sebagai Shinigami. Yang lebih mengejutkan lagi adalah ternyata Isshin adalah seorang Shinigami sekelas Kapten! Hal ini kemudian ditelusuri lebih lanjut pada salah satu flashback di arc terakhir Bleach, Thousand Year Blood War arc.

Dalam salah satu kilas balik, Isshin Kurosaki sebenarnya bernama Isshin Shiba. Ya … ! Dia adalah anggota keluarga Shiba, salah satu dari empat bangsawan besar Shinigami.

Dia juga menjabat sebagai Kapten Divisi 9, di mana wakilnya adalah Ringo Matsumoto dan pejabat bangku 3-nya adalah Toushiro Hitsugaya, sebelumnya akhirnya kehilangan kekuatannya dan hidup di dunia manusia sebagai seorang dokter klinik.

Menariknya, ketika kembali menjadi Shinigami di dunia manusia, haori atau mantel seragam khas kaptennya masih dibawa dan dikenakan di seragam Shinigami—lebih tepatnya dia gantungkan di pundaknya.

2. Isshin Kurosaki Sebenarnya Punya Bankai, Tapi Tidak Pernah Terlihat di Manga

Sebagai seorang kapten, tentunya Isshin memiliki bankai. Akan tetapi, sepanjang manga Bleach berlangsung, dia sama sekali tidak pernah menunjukkan bankai-nya.

Dalam kilas balik yang menceritakan kisahnya bersama dengan ibu Ichigo ketika masih muda, kita hanya diperlihatkan kalau dia mengeluarkan shikai dari zanpakutou-nya yang bernama Engetsu ketika melawan Hollow bernama White.

Nama Zanpakutou Isshin jadi menarik karena mirip dengan nama Zanpakutou Ichigo, yaitu Zangetsu. Meskipun memiliki nama yang mirip, tetapi kekuatannya berbeda.

Engetsu memiliki kekuatan untuk menciptakan api dari reiatsu Isshin—mirip dengan zanpakutou milik komandan tertinggi Gotei 13 saat itu, Genryuusai Shigekuni Yamamoto.

3. Ia Kehilangan Kekuatan demi Menolong Masaki Kurosaki

Dalam cerita kilas balik, Masaki Kurosaki (ibu Ichigo Kurosaki) pergi menyelamatkan Isshin dari serangan hollow bernama White. Akan tetapi, kontaknya dengan White membuat Masaki teracuni.

Bagi kamu yang belum tahu, tubuh Quincy tidak memiliki daya imun terhadap reiatsu hollow. Hal ini menyebabkan mereka rentan terinfeksi reiatsu hollow, seperti sebuah penyakit yang mematikan sampai-sampai membahayakan nyawa mereka.

Menurut Kisuke Urahara, untuk menangkal reiatsu hollow dalam tubuh Masaki, dibutuhkan reiatsu yang dapat melawan reiatsu hollow tersebut, dan reiatsu tersebut berasal dari Shinigami.

Tubuh Masaki harus tersambung secara spritiual kepada Shinigami tetapi Shinigami tersebut akan kehilangan kekuatannya. Isshin pun tanpa ragu menawarkan dirinya kepada Urahara supaya tersambung dengan Masaki. Nyawa Masaki pun tertolong tetapi Isshin kehilangan kekuatannya.

Menariknya, hal ini sangat mirip dengan bagaimana Rukia memberikan kekuatan Shinigaminya kepada Ichigo di chapter awal Bleach. Saat itu pula, kekuatan Shinigami Rukia menghilang.

4. Dia Adalah Shinigami Pertama yang Menikah dengan Quincy dan Memiliki Anak

Setelah kehilangan kekuatannya, Isshin pun mulai tinggal di dunia manusia dan dibantu untuk beradaptasi dengan kehidupan manusia oleh Urahara.

Isshin dan Urahara sendiri tidak pernah menceritakan alasan kenapa kekuatannya menghilang kepada Masaki, tetapi Isshin merasa kalau Masaki menyadari alasannya. Mereka berdua sering bertemu hingga akhirnya menjalin hubungan romansa dan menikah.

Sepanjang sejarah Bleach, Isshin adalah Shinigami pertama dan satu-satunya Shinigami yang menikah dengan Quincy lalu memiliki anak.

Hal ini diperkuat dengan perkataan Aizen. Ia mengomentari, bahwa Ichigo adalah makhluk yang unik dan menarik karena merupakan keturunan dari Shinigami dan Quincy. Belum lagi, Ichigo juga punya kekuatan hollow dalam dirinya yang secara tidak langsung ia dapat dari tubuh Masaki.

5. Kekuatannya Kembali Setelah Kematian Masaki

Setelah Masaki meninggal, hubungan spiritual Isshin dan Masaki pun terputus. Hal ini menyebabkan kekuatan spiritual Isshin kembali. Meskipun begitu, tidak semua kekuatannya kembali.

Proses pengembalian kekuatan tersebut butuh waktu yang sangat lama, bisa sampai belasan tahun. Saat kekuatannya kembali, dia langsung berhadapan dengan seorang arrancar yang hendak melukai tubuh Ichigo (yang saat itu tengah dirasuki oleh Kon).

Ternyata, Isshin Kurosaki memang lebih dari sekadar karakter komedi saja ya. Sifatnya begitu heroik dan sepertinya punya kekuatan yang luar biasa. Kira-kira, bagaimana peran dirinya di anime Bleach 2022 nanti ya? Jadi makin enggak sabar nih!

More Stories
pubg mobile ban pan
5 Cara Report Cheater PUBG MOBILE; dan Jenis Cheat yang Perlu Diwaspadai!