5 Fakta Super Villain Doctor Strange, Dormammu, yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Meskipun sudah pernah muncul dan dikalahkan di film Doctor Strangepertama, tetapi Dormammu masih ada dan kemungkinan besar akan muncul kembali di MCU. Hal ini disebabkan oleh kemunculan Clea di midcredit scenefilm Doctor Strange in the Multiverse of Madness(selanjutnya disingkat Doctor Strange 2.

Belum lagi, dalam mid-credit scenetersebut, kita diperlihatkan kembali Dark Dimensions, dunia tempat tinggal dan juga dikuasai oleh Dormammu. Jadi, apa hubungan Dormammu dengan Clea? Lalu, tahukah kamu kalau Dormammu tidak berasal dari Dark Dimension? Berikut ini 5 fakta Dormammu yang mungkin belum kamu ketahui!

1. Paman dari Clea

Doctor Strange 2 kembali memperkenalkan karakter baru dalam MCU, yaitu Clea. Karakter yang muncul sekilas di mid-credit scene ini terlihat mengajak Doctor Strange untuk memperbaiki dunianya karena efek Incursion.

Menariknya, dia membuka portal menuju dunianya yang mana kebanyakan penonton kenal melalui film Doctor Strange pertama: Dark Dimension!
Hal ini tentunya membuat penonton bertanya-tanya, apa hubungan Clea dengan Dark Dimension? Rupanya Dormammu yang menguasai Dark Dimension adalah paman dari Clea. Dormammu sendiri adalah saudara dari ibu Clea, Umar the Unrelenting.

2. Namanya Diciptakan sebelum Penampilan Karakternya

Jika membicarakan Doctor Strange, tentunya nama Dormammu akan muncul dibenak fans komik atau filmnya. Nama ini sendiri bisa dibilang sangat ikonik.

Nah, tahukah kamu kalau Dormammu pertama kali diperkenalkan dalam dunia komik tidak disertai dengan wujudnya? Ya, Dormammu pertama kali muncul di komik hanya namanya saja. Dia berkali-kali disebutkan oleh Doctor Strange dan yang lainnya dengan berbagai sebutan lainnya, seperti the Dread One, the Lord of Chaos, dan sebagainya.

Karena namanya sering disebut dalam komik, banyak fans saat itu yang bertanya-tanya: seperti apakah wujud Dormammu? Menariknya, menurut Stan Lee, saat dia menciptakan nama Dormammu, dia sama sekali belum memiliki gambaran yang jelas mengenai penampilannya.

Steve Ditko pun mendesain karakternya, dan setelah berkali-kali mengalami perubahan desain, akhirnya Dormammu menjadi seperti yang kita kenal selama ini di dalam komik.

3. Bukan Berasal dari Dark Dimension

Meskipun dikenal sebagai penguasa Dark Dimension, tetapi Dormammu tidak berasal dari dunia tersebut, lho! Dormammu sebenarnya berasal dari Faltine Dimension, sebuah dunia yang ditinggali oleh para Faltine, makhluk yang terbuat dari energi murni.

Dormammu dan saudarinya, Umar, bisa dibilang adalah Faltine yang tamak karena ingin menguasai semua energi yang ada. Mereka pun menyerap semua energi yang ada, menjadi sangat kuat dan menggunakan kekuatan tersebut untuk membunuh ayah mereka. Hal ini menyebabkan mereka diusir dari Faltine Dimension.

Dormammu (dan Umar) kemudian menemukan Dark Dimension, di mana mereka terus menyerap energi yang ada di sana. Dormammu akhirnya menyatu dengan dunia Dark Dimensions sehingga dia berkuasa di sana.

4. Kekalahannya di Film Hampir Mirip dengan di Komik

Permusuhan atau rivalitas antara Doctor Strange dengan Dormammu bisa dibilang unik karena skala pertarungan mereka. Meskipun menguasai berbagai sihir, tetapi Doctor Strange pada dasarnya adalah manusia biasa. Sementara itu, Dormammu bisa dibilang adalah dewa yang menguasai satu dunia. Hal ini tentunya membuat Doctor Strange kalah jika mereka beradu secara fisik atau sihir. Doctor Strange pun harus memutar otak untuk mengalahkan Dormammu.

Dalam film, Dormammu dipaksa untuk mundur oleh Doctor Strange setelah Doctor Strange menjebaknya dalam time loop. Hal yang mirip juga terjadi di dalam komik di mana Dormammu dipaksa untuk meninggalkan Bumi. Sama seperti di film, Doctor Strange tidak ada apa-apanya dihadapan Dormammu, dan arogansi Dormammu menjadi kelemahan yang dieksploitasi oleh Doctor Strange.

Saat menyerap energi dari Dark Dimensions, Dormammu secara tidak sengaja melemahkan sihir yang mengendalikan Mindless Ones, salah satu kelompok pasukannya. Mindless Ones menjadi tidak terkendali dan membunuh anak buah Dormammu lainnya.

Doctor Strange mampu mengembalikan sihir yang mengendalikan Mindless Ones menggunakan Eye of Agamotto, tetapi dia hanya mau jika Dormammu berjanji untuk tidak menginjakkan kaki lagi di Bumi. Dormammu pun menerima tawaran tersebut, dan janjinya menjadi sihir yang menyegel dirinya untuk menginjakkan kaki di Bumi.

5. Dormammu Juga Diperankan oleh Benedict Cumberbatch!

Fakta Dormammu lainnya yang mungkin belum kamu ketahui adalah dia diperankan oleh Benedict Cumberbatch di MCU! Ya, Cumberbatch yang berperan sebagai Doctor Strange juga berperan sebagai Dormammu.

Menurut sutradara film Doctor Strange, Dormammu adalah makhluk yang tidak memiliki bentuk fisik. Oleh karena itu, ketika Doctor Strange muncul di Dark Dimensions, Dormammu mengambil rupa Doctor Strange untuk memunculkan dirinya dalam bentuk fisik sehingga bisa berkomunikasi dengan Doctor Strange.

Ternyata ada banyak fakta menarik dari Dormammu, si super villain dunia sihir Marvel Cinematic Universe ini ya! Kira-kira, Dormammu akan comeback lagi enggak ya ke MCU? Karena melihat kehadiran Clea yang masih punya hubungan dengannya?

More Stories
REKT berencana buat comeback ke EVOS Legends.
REKT Balik Lagi ke EVOS Legends?