10 Fakta Uryuu Ishida Bleach: Masih Satu Keluarga dengan Ichigo Kurosaki!?

Uryuu Ishida busur panah quincy

Uryuu Ishida adalah teman sekelas Ichigo Kurosaki. Dalam cerita Bleach, dia adalah Quincy dengan masa lalu tidak mengenakkan dengan Shinigami. Akhirnya ia pun mendeklarasikan dirinya sebagai seorang pembenci Shinigami.

Jadi, sebenarnya apa sih yang terjadi di masa lalunya? Juga ternyata, Ishida ini masih satu keluarga dengan Ichigo loh!

Lebih lanjut, simak pembahasan 10 fakta Uryuu Ishida dari kontributor YODU yang satu ini:

1. Jago Menjahit

ishida menjahit baju untuk chad

Terlepas dari kemampuan Quincy dan kemampuan bertarungnya, menariknya, Uryuu Ishida ternyata memiliki kemampuan untuk menjahit.

Kemampuan menjahitnya cukup jago, sehingga dia bisa mendesain kostum Quincy-nya sendiri, memperbaiki baju Orihime Inoue dan Yasutora Sado, juga memperbaiki tubuh boneka Kon.

Salah satu ciri khas Uryuu dalam hal menjahit adalah, dia suka memberikan ‘sentuhan pribadi’ ke jahitannya—dan salah satunya adalah menambahkan simbol Quincy yang sangat banggakan.

2. Membenci Shinigami

ishida membenci shinigami

Uryuu secara terang-terangan mengaku di depan Ichigo kalau dia membenci Shinigami. Ichigo awalnya mengira kalau kebencian Uryuu ini karena Shinigami membantai Quincy hingga hampir punah pada zaman dulu kala.

Uryuu pun menjelaskan kalau hal tersebut hanyalah sejarah. Alasan kenapa dia membenci Shinigami adalah karena dulu kala, para Shinigami datang terlambat untuk menghadapi hollow, sehingga menyebabkan kematian kakeknya.

3. Uryuu Ishida Masih Satu Keluarga dengan Ichigo Kurosaki

kilas balik ibu uryuu ishida

Dalam salah satu kilas balik, diungkapkan kalau ternyata klan Kurosaki dan klan Ishida masih satu keluarga besar. Menariknya lagi, ternyata klan Kurosaki adalah salah satu klan Quincy berdarah murni.

Hal ini membuat Ichigo dan Uryuu sebagai satu keluarga besar. Bahkan dalam kilas balik, Masaki Kurosaki (ibu Ichigo) berkata kalau Ryuken Ishida (ayah Uryuu) adalah sepupunya.

4. Hubungannya Tidak Dekat dengan Ayahnya

trauma Uryuu Ishida

Hubungan Uryuu dan Ryuken tidak dekat. Hal ini dikarenakan saat kecil dulu Uryuu mendapati ayahnya tengah membedah mayat Kanae Katagiri, ibunya.

Hal ini membuat Uryuu trauma dan membuatnya sangat membenci Ryuken. Bahkan Uryuu tidak pernah memanggil Ryuken ‘ayah’. Dia selalu menyebutkan nama Ryuken setiap kali memanggil atau berbicara dengan ayahnya tersebut.

Tanpa Uryuu sadari, ternyata tindakan ayahnya ini adalah untuk membuat senjata, sebuah anak panah, yang bisa digunakan oleh Yhwach. Senjata ini hanya bisa dibuat dari jantung Quincy yang telah mati karena terkena Auswahlen.

5. Ibunya Menjadi Korban Yhwach

Kilas balik katagiri kanae

Auswahlen adalah teknik yang digunakan oleh Yhwach untuk menyerap energi semua Quincy yang ada. Quincy yang dianggap Yhwach ‘tidak bersih’ (tidak memiliki darah murni Quincy) akan diserap kekuatannya hingga mereka tewas.

Korban dari Auswahlen Yhwach adalah ibu Ichigo, Masaki, yang memiliki ‘hollow’ dalam dirinya, dan ibu Uryuu, Kanae.

6. Kebal Terhadap Auswahlen

Dialog uryuu dengan yhwach

Terlahir sebagai anak dari ibu yang tidak memiliki darah murni Quincy, Uryuu juga dianggap sebagai Quincy tidak berdarah murni. Akan tetapi, Uryuu selamat dari Auswahlen. Ya, tubuhnya kebal terhadap teknik tersebut.

7. Calon Penerus Yhwach

Ishida ditawarkan jadi penerus yhwach

Yhwach yang menyadari bahwa Uryuu kebal terhadap Auswahlen pun merekrut Uryuu ke dalam pasukannya, memberinya gelar sebagai Quincy Terakhir yang Selamat di Dunia, dan menunjuknya sebagai penerusnya—sesuatu yang menyebabkan para Sternrittern terkejut dan marah.

Selama peperangan antara Shinigami dan Quincy berlangsung, Uryuu menghabiskan waktunya di sisi Yhwach sebagai calon penerus sekaligus pengawal pribadinya.

8. Memiliki Kekuatan untuk Mengalahkan Yhwach

Setelah bergabung dengan Wanderreich (pasukan Quincy yang didirikan oleh Yhwach), Uryuu diberi kekuatan (atau dibangkitkan kekuatannya) oleh Yhwach. Kekuatan tersebut adalah A – The Antithesis.

Kekuatan ini membuat Uryuu bisa membalikkan apapun yang terjadi di antara dua target. Contohnya, jika Uryuu terluka parah, maka dia bisa memberikan luka tersebut kepada musuhnya yang masih sehat, sehingga melukai musuhnya dan menyembuhkan dirinya sendiri.

Jugram berpendapat bahwa kekuatan Antithesis ini memiliki potensi untuk melawan Almighty, kekuatan milik Yhwach. Bisa dibilang, Uryuu memiliki potensi untuk mengalahkan Yhwach.

Sayangnya, hal ini sudah diantisipasi oleh Jugram yang memiliki kemampuan B – The Balance.Jugram pun menghadang Uryuu dan dengan kekuatannya, dia bisa membalikkan luka yang dia terima berkali-kali lipat kepada Uryuu.

9. Menjadi Dokter di Akhir Kisah Bleach

uryuu ishida menjadi dokter

Meskipun pernah berkata kalau dia tidak ingin menjadi dokter seperti ayahnya, tetapi di akhir kisah manga Bleach, Uryuu akhirnya menjadi seorang dokter.

Hal ini mungkin karena Uryuu akhirnya menyadari kalau Ryuken memiliki alasan kuat kenapa dia membedah jasad istrinya: untuk membuat senjata yang bisa membunuh Yhwach. Dengan ending ini pula, bisa diartikan kalau Uryuu sudah berdamai dengan ayahnya.

10. Masih Memiliki Vollstandig Setelah Yhwach Mati

visual novel bleach

Diceritakan dalam novel Bleach: Can’t Fear Your Own World yang ditulis oleh Narita Ryohgo kalau Liltotto Lamperd, salah satu Sternritter, percaya kalau Uryuu adalah satu-satunya Quincy yang masih memiliki Quincy: Vollstandig setelah kematian Yhwach.

Quincy: Vollstandigsendiri adalah teknik Quincy untuk menguasai dan mengontrol reishi di sekitar mereka sepenuhnya. Karena Auswahlen yang digunakan oleh Yhwach saat peperangan Shinigami melawan Quincy, semua Quincy telah kehilangan teknik ini—kecuali Uryuu.

Uryuu Ishida ternyata punya kisah yang menarik ya di Bleach. Apa pendapatmu? Share artikel ini dan tuliskan komentar kamu ya!

More Stories
7 Fakta Orihime Inoue Bleach: Manusia Berkemampuan Setingkat Dewa!