10 Fakta Jushiro Ukitake Bleach: Punya Bagian Tubuh Soul King di Badannya?!

Jushiro Ukitake adalah kapten divisi 12 dalam Gotei 13 yang menjadi atasan Rukia Kuchiki di dalam anime Bleach. Sebagai karakter sampingan, Ukitake jarang sekali muncul.

Akan tetapi, ternyata keberadaannya sangat penting di dalam manga, terutama di arc terakhir Bleach, lho!

Berikut adalah 10 fakta Jushiro Ukitake, kapten divisi 12 yang menyimpan bagian tubuh Soul King dalam dirinya!

1. Memiliki Penyakit Paru-Paru Semenjak Kecil

Ukitake dikenal sebagai seorang kapten yang memiliki tubuh fisik lemah, karena dia memiliki sakit paru-paru yang sangat parah semenjak kecil.

Karena penyakitnya itulah, dia lebih banyak menghabiskan waktunya di rumahnya ketika berada di Soul Society daripada di markas pasukan divisi 12.

2. Rambutnya Asli Jushiro Ukitake Berwarna Hitam

Dalam Bleach Official Character Book of Souls, disebutkan bahwa rambut putih Ukitake adalah karena penyakit paru-paru parah yang dia miliki. Hal inilah yang membuat kenapa warna rambut dan warna alis matanya berbeda.

Warna alis matanya hitam dan disebutkan kalau dulunya Ukitake memiliki rambut hitam. Fakta ini kemudian diceritakan kembali dalam manga Bleach.

3. Warna Matanya Berbeda di Anime dan Manga

Berbicara mengenai warna, ada satu hal yang menarik jika kalian memperhatikan warna mata Ukitake di manga dan anime Bleach. Ya, warna matanya di manga berbeda dengan versi anime.

Dalam manga, diperlihatkan kalau warna matanya sebenarnya adalah hijau. Sementara itu, pada versi anime, warna matanya adalah coklat.

4. Memiliki Kemampuan Medis yang Luar Biasa

Dalam arc terakhir Bleach, Thousand Year Blood War Arc, diperlihatkan kalau Ukitake membantu shinigami dari divisi 4 untuk mengobati dan mengoperasi shinigami lain, termasuk Kenpachi Zaraki, yang terluka berat setelah bertarung melawan Quincy.

Kapten divisi 5, Shinji Hirako, cukup terkejut melihat Ukitake yang ternyata memiliki kemampuan medis. Ukitake berkata kalau dia mendapatkan pengetahuan medis karena semenjak kecil sudah sering mendapatkan pengobatan yang disebabkan oleh penyakit paru-parunya.

5. Salah Satu Shinigami Dengan Dua Zanpakutou

Ukitake dan Kyoraku adalah sebagai dua shinigami yang memiliki dua zanpakutou.

Pedang Kyoraku terlihat punya dua buah pedang zanpakutou, walau dalam keadaan tersegel sekalipun,

Pada sisi lain, Ukitake lebih sering terlihat memegang satu bilah pedang saja. Namun, Zanpakutou Ukitake menjadi dua bilah pedang saat dia segelnya dilepas, dan berubah ke dalam bentuk shikai.

6. Pelepasan Shikai-nya Memiliki Jumlah Kata Terpanjang

Setiap shinigami memiliki perintah pelepasan (release command) ketika mereka mengubah zanpakutou mereka ke bentuk shikai atau bankai.

Nah, Ukitake dan Kyoraku memiliki perintah pelepasan terpanjang dari semua shinigami yang ada. Jika dihitung per-kata, maka perintah pelepasan Ukitake adalah yang terpanjang.

Meskipun begitu, jika diartikan dalam bahasa Inggris, perintah pelepasan menjadi lebih pendek. Dalam bahasa Inggris, perintah pelepasan zanpakutou milik Ukitake jadi 6 kata yaitu: Waves, Become my Shield, Lighting, Become my Blade (Ombak, Jadilah Perisaiku, Petir, Jadilah Pedangku).

7. Menjabat Sebagai Kapten Selama Lebih dari 100 Tahun

Ukitake merupakan seorang kapten veteran. Dalam sebuah kilas balik, diungkapkan bahwa Ukitake adalah salah satu dari empat shinigami yang menjabat sebagai kapten lebih dari 100 tahun.

Shinigami lainnya yang pernah menjabat sebagai kapten selama 100 tahun antara lain: Genryuusai Shigekuni Yamamoto, Retsu Unohana, dan Shunshui Kyoraku.

8. Murid Genryuusai Shigekuni Yamamoto

Ukitake dan Kyoraku dikenal sebagai sahabat dekat. Rupanya hubungan persahabatan mereka sudah dimulai semenjak sebelum menjadi shinigami di Gotei 13.

Di akademi, Ukitake dan Kyoraku adalah dua murid populer yang memiliki kemampuan bertarung tinggi. Menariknya, keduanya merupakan murid dari kapten komandan divisi 1, Genryuusai Shigekuni Yamamoto.

9. Memiliki Bagian Tubuh Soul King

Dalam arc terakhir Bleach, diungkapkan kalau Ukitake seharusnya sudah meninggal semenjak kecil karena penyakit paru-parunya yang parah.

Saat itu, kedua orang tuanya yang putus asa meminta tolong kepada dewa bernama Mimihagi untuk menyelamatkan nyawa Ukitake.

Mimihagi mendengarkan doa tersebut dan dia bersemanyam dalam tubuh Ukitake, menyokong hidupnya (tetapi tidak menyembuhkan penyakitnya).

Menariknya, Mimihagi ini ternyata adalah bagian tubuh Soul King—lebih tepatnya, tangan kanan Soul King.

Ketika Soul King terbunuh, Ukitake pun mengeluarkan Mimihagi dari tubuhnya untuk menggantikan Soul King.

Karena Mimihagi telah keluar dari tubuhnya, Ukitake pun meninggal.

10. Ukitake Berakhir Masuk Neraka, Tapi … Kenapa?

Dalam manga one-shot yang menjadi lanjutan dari manga Bleach berjudul Echoing Jaws of Hell, diungkapkan kalau Ukitake merupakan salah satu dari shinigami yang masuk ke neraka.

Kyoraku menjelaskan kalau Ukitake masuk ke dalam neraka (bersama dengan shinigami level kapten lainnya) karena memiliki kualitas reishi yang terlalu tinggi dan padat untuk diserap oleh Soul Society.

Tingkat reishi yang tinggi ini dibilang akan berbahaya jika dibiarkan begitu saja di Soul Society.

Oleh karena itu, Ukitake pun dikirim ke neraka. Kalau arch baru ini dilanjutkan, sepertinya cerita Bleach jadi menarik lagi untuk diikuti yah.

Apa pendapat kamu soal Jushiro Ukitake? Share artikel ini dan tuliskan pendapatmu ya!

More Stories
wallpaper free fire weapon attachment
Guide Weapon Attachment Free Fire: Bikin Senapan Makin Sakit dan Akurat!