7 Fakta Kisuke Urahara: Karakter Paling Cerdas di Anime Bleach!

Kisuke Urahara bisa dibilang sebagai karakter paling disukai fans Bleach.

Sifat yang humoris, misterius, tetapi kuat dalam bertarung, adalah beberapa alasan fans menyukai Kisuke Urahara.

Ditambah lagi, ada banyak konflik di Bleach yang melibatkan Urahara sebagai salah satu tokoh pentingnya—bahkan sebelum kisah Bleach di mulai (saat pertemuan pertama Ichigo dan Rukia).

Ya, karakter yang satu ini memiliki latar bekang cerita yang membuatnya menjadi tokoh sangat penting dalam Bleach.

Tapi … kamu tahu enggak sih kalau Urahara dulunya adalah anggota Corps Rahasia? Selain itu, masih banyak fakta menarik lain seputar Kisuke Urahara ini! Simak pembahasan lanjutannya dari kontributor YODU berikut:

1. Kisuke Urahara Adalah Mantan Anggota Corps Rahasia

Sebelum Urahara menjadi pemilik toko di dunia fana, dia dulunya adalah Shinigami di Soul Society yang bekerja di bagian Corps Rahasia.

Corps Rahasia ini adalah divisi yang bertugas untuk mengumpulkan informasi, bekerja sebagai mata-mata, sipir penjara, dan juga membunuh target (assassination).

Corps Rahasia berada di bawah pimpinan keluarga Shihouin. Dulu Urahara bekerja di bawah pimpinan yang bernama Yoruichi Shihouin.

Selama di Corps Rahasia, Urahara menjabat sebagai Bangku 3 dan menjadi pemimpin sipir penjara.

2. Dulunya Kapten Divisi 12

Urahara pernah menjabat sebagai Kapten Divisi 12. Ia direkomendasikan Yoruichi karena kemampuannya bertarung dan penelitian yang luar biasa.

Setelah melewati ujian, Urahara pun lulus, dan posisinya sebagai Kapten Divisi 12 disetujui oleh sosok-sosok seperti: Genryuusai Shigekuni Yamamoto, Retsu Unohana, Ginrei Kuchiki.

Urahara menjadi Kapten Divisi 12 menggantikan Kirio Hikifune; yang diangkat menjadi Royal Guard atau Divisi 0.

Hiyori Sakuragi (yang kita kenal saat ini sebagai anggota Visored) adalah wakil kapten Urahara ketika itu.

3. Orang yang Merekrut Mayuri Kurotsuchi

Sebagai seorang ilmuwan, Urahara pun berniat mendirikan organisasi di bawah Divisi 12. Organisasi tersebut diberi nama Institusi Penelitian dan Pengembangan Teknologi Shinigami.

Hal pertama yang dia lakukan sebelum membangun organisasi tersebut adalah merekrut Mayuri Kurotsuchi dari Sarang Belatung (semacam penjara di Soul Society).

Ya, Mayuri Kurotsuchi yang sekarang kita ketahui sebagai kapten Divisi 12 dulunya direkrut oleh Urahara. Saat Urahara masih menjabat, Mayuri diletakkan di posisi wakil presiden organisasi.

Sepeninggalan Urahara dan Hiyori (gara-gara insiden yang disebabkan Aizen) Kurotsuchi Mayuri pun diangkat sebagai kapten divisi 12.

4. Kisuke Urahara Adalah Sosok yang Meneliti Hollowfikasi

Kebanyakan fans hanya tahu bahwa penelitian Hollowfikasi (proses penggabungan kekuatan Hollow ke seorang individu) dilakukan oleh Aizen.

Tetapi tidak banyak fans yang tahu kalau Urahara juga ternyata meniliti tentang Hollowfikasi.

Aizen ataupun Urahara meneliti Hollowfikasi untuk tujuan yang sama, yaitu mencari cara untuk meningkatkan kekuatan roh (reiatsu) Shinigami secara signifikan.

5. Pencipta Hogyoku

Selain meneliti Hollowfikasi, Urahara ataupun Aizen juga sama-sama meniliti konsep Hogyoku.

Hogyoku adalah orb kecil berwarna biru keungu-unguan. Benda ini begitu misterius dan tidak punya cerita detil soal asal ataupun bagaimana benda ini tercipta awalnya di dalam dunia Bleach.

Tetapi yang pasti, ada dua Hogyoku yang diketahui dalam Bleach: satu diciptakan oleh Aizen dan satu lagi diciptakan oleh Urahara.

Urahara pernah menggunakan Hogyoku untuk menyembuhkan Shinji dan Shinigami lain yang diubah menjadi Hollow secara paksa oleh Aizen.

Shinji dan yang lain tidak menjadi Hollow, tetapi mereka menjadi Visored. Dalam insiden tersebut, Urahara terpaksa harus melarikan diri dari Soul Society dan dia berakhir di dunia fana, menyamar sebagai seorang pemilik toko.

6. Mengetahui Sosok Soul King

Aizen punya rencana besar untuk membunuh Soul King, karena dia menganggap Soul King adalah “benda” yang tidak pantas dijadikan sosok pemimpin tiga dunia (Soul Society, Hueco Mundo, dan Dunia Fana).

Hal ini menandakan Aizen adalah satu dari sedikit individu yang mengetahui sosok asli dari Soul King. Menariknya, Urahara ternyata jadi sosol lain yang juga tahu sosok asli Soul King.

Hal ini diceritakan di penghujung Fake Karakura Town arc, setelah Ichigo Kurosaki berhasil mengalahkan Aizen.

Saat itu Aizen yang hendak disegel, protes kepada Urahara. Ia bertanya, kenapa Urahara tidak berada di pihaknya dan membunuh Soul King.

Pertanyaan itu muncul karena Aizen tahu kalau padahal Urahara menyadari sosok Soul King.

Urahara pun menjawab, terlepas bagaimanapun bentuk sosok Soul King, Urahara menganggap kalau sosok Soul King tetap dibutuhkan sebagai “pasak” penyeimbang tiga dunia.

7. Kekuatan Bankai Kisuke Urahara Bersifat Area

Urahara Kisuke pernah memiliki gelar kapten. Jadi, tentu saja dia memiliki skill bankai.

Bankai milik Urahara baru diperlihatkan di penghujung kisah Bleach,yaitu Thousand Year Blood War arc. Urahara pertama kali menggunakan bankai miliknya ketika melawan Askin Nakk Le Vaar.

Nama bankai Urahara adalah Kannonbiraki Benihime Aratame dengan bentuk boneka perempuan raksasa.

Kemampuan bankai Urahara bersifat area, yang bisa mengubah struktur apapun di sekitarnya.

Kemampuan ini bisa digunakan untuk menyerang (membedah musuh) atau mendukung Urahara dalam pertempuran (menyembuhkan lukanya dan meningkatkan kekuatan fisiknya).

Wah karakter Kisuke Urahara ini menarik sekali ya kisah latar belakangnya.

Kira-kira, akan sepert apa peran dia di anime Bleach 2022 nanti? Jadi makin enggak sabar untuk menyaksikannya yah!

More Stories
7 Perbedaan PUBG MOBILE vs PUBG MOBILE LITE: Ternyata Beda Server?