7 Fakta Sajin Komamura Bleach: si Shinigami Manusia Serigala

komamura sajin bleach

Sajin Komamura bisa dibilang adalah salah satu karakter yang paling unik dari seluruh jajaran protagonis Bleach.

Jika hampir semua karakter lain memiliki wujud manusia, mana hanya Komamura yang memiliki wujud manusia berkepala seperti anjing. Hal ini tidak lepas dari latar belakangnya yang berasal dari klan manusia serigala.

Sisi menarik Komamura tidak hanya dari penampilannya saja, tetapi juga dari kisah hidupnya yang memiliki tema besar yang sama setiap kali dia muncul di Bleach.

Bukan hanya itu, dia juga memiliki satu dari dua bankai di seantero Soul Society yang bisa diperbaiki. Inilah 7 fakta Sajin Komamura yang menarik untuk diketahui oleh fans Bleach!

1. Tema Besar Kisah Komamura adalah Tentang Kesetiaan

Jika kamu mengikuti kisah Bleach dari awal hingga akhir, kamu pasti akan menyadari kalau tema besar dari kisah hidup Komamura adalah tentang kesetiaan.

Komamura dikenal sebagai sosok yang sangat setia, terutama kepada Kapten Komandan Yamamoto yang mau menerima dirinya apa adanya.

Saking setianya kepada Yamamoto, Komamura bahkan sampai mengorbankan jiwa manusianya demi membalas dendam kepada Quincy yang telah menyebabkan kematian Yamamoto dan menghancurkan Soul Society.

Selain kepada Yamamoto, Komamura juga setia terhadap sahabatnya, Kaname Tousen.

Bahkan setelah Tousen mengkhianati Soul Society dan ikut bersama Aizen, Komamura masih mengangap Tousen sebagai sahabatnya dan berhadap Tousen mau kembali ke Soul Society.

Hingga saat detik terakhir, Komamura mengaku bahwa dia tidak sanggup menyerang Tousen dan bahkan murka ketika sahabatnya tersebut dibunuh oleh Aizen.

2. Memiliki Anjing Peliharaan

Tidak diceritakan dalam manga, tetapi diceritakan dalam databookdan anime kalau Komamura sanat menyukai binatang, terutama anjing.

Diceritakan dalam anime, kalau Komamura sangat menyukai sisir rambut anjing yang diberikan Shuuhei Hisagi dari dunia manusia.

Selain itu, wakil komandannya, Tetsuzaemon Iba, berpendapat kalau Komamura akan menggunakan gigai anjing jika dia ditugaskan untuk menyamar di dunia manusia.

Dalam databook, disebutkan kalau Komamura memiliki anjing peliharan yang diberi nama Goro. Dia memelihara Goro di Markas Divisi 7 dan akan mengajak Goro berjalan-jalan jika dia memiliki waktu luang.

3. Sajin Komamura Bisa Berkomunikasi dengan Hewan

Selain memiliki wujud kepala binatang, Komamura juga diketahui menguasai bahasa binatang, lho! Dalam Bleach Official Character Book Souls,disebutkan bahwa Komamura bisa berbicara dengan binatang.

Tidak sebatas anjing atau serigala saja, tetapi Komamura bisa berbicara dengan hampir segala jenis binatang.

4. Memiliki Hubungan Kuat dengan Bankai-nya

Bankai milik Komamura, Kokujo Tengen Myo’o punya kemampuan yang unik. Bankai tersebut punya hubungan yang erat dengan penggunanya, Komamura akan terluka jika bankai-nya dilukai.

Hal ini menjadi kelemahan tersendiri dari bankai Komamura yang memiliki daya hancur yang tinggi. Tetapi, hal ini juga yang membuat bankai-nya mampu kembali seperti sedia kala jika dihancurkan.

Dalam Bleach, bankai adalah kondisi unik yang mana jika bankai dirusak, maka bankai tersebut tidak akan bisa kembali seperti sedia kala.

Contohnya seperti bankai Ichigo, Tensa Zangetsu, yang dipatahkan oleh Yhwach. Akan tetapi, bankai milik Komamura bisa kembali seperti sedia kala jika Komamura disembuhkan.

Bankai Sajin Komamura sendiri adalah satu dari dua bankai lain yang bisa kembali seperti sedia kala tanpa perlu diperbaiki oleh pencipta Zanpakutou, Nimaiya Oetsu.

Bankai lainnya yang bisa kembali seperti sedia kala adalah Daiguren Hyourinmaru milik Toushiro Hitsugaya yang memiliki kemampuan menyembuhkan diri sendiri dengan menyerap air di sekitarnya.

5. Bisa Mengubah Wujud Menjadi Manusia

Dalam arc terakhir Bleach, Thousand Year Blood War, Komamura menguasai teknik yang diajari oleh kakeknya bernama Jinka no Jutsu.

Dengan mempersembahkan jantungnya kepada kakeknya, Komamura bisa mengubah wujudnya menjadi manusia sehingga dia menjadi abadi.

6. Kekuatan Asli Bankai-nya Membuat Komamura Abadi

Ya, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Jinka no Jutsu bisa membuat Sajin Komamura menjadi abadi.

Hal ini juga berpengaruh kepada bankai-nya. Sosok Myo’o dari bankai Kokujo Tengen Myo’o tidak memakai baju pelindung, tetapi memberi Komamura peningkatan kekuatan dan keabadian.

Bankai ini digunakan oleh Komamura ketika berhadapan dengan Bambietta Basterbine.

7. Sajin Komamura Hidup sebagai Serigala Setelah Perang Shinigami-Quincy

Jinka no Jutsu memang membuat Komamura menjadi abadi, tetapi teknik ini memiliki harga yang sangat mahal yang harus Komamura bayar.

Tidak lama setelah menggunakan teknik ini, Komamura kehilangan wujud manusianya dan berubah menjadi serigala seutuhnya.

Meskipun sudah berubah menjadi serigala, tetapi Komamura berhasil bertahan hidup di tengah peperangan dengan bantuan wakil komandannya, Iba.

Tidak diceritakan secara langsung, tetapi Tite Kubo selaku pengarang Bleach mengatakan bahwa Komamura masih hidup dan tinggal di gunung belakang markas Divisi 7 setelah peperangan melawan Quincy selesai.

Begitulah kisah dan beberapa penggal fakta dari Sajin Komamura, shinigami berkepala serigala yang merupakan kapten divisi 7 organisasi Gotei 13. Kisahnya di cerita Bleach menyedihkan sekali ya.

More Stories
Sambut Rilisnya Tower of Fantasy, Indonesia Game Festival Berhasil Tarik Antusiasme Gamers