Inilah Penjelasan The Path di Attack on Titan, Alam Barzakh Para Titan!

Sebelum lanjut membaca, perlu diperhatikan bahwa artikel in mengandung spoiler, terutama bila kamu belum membaca manga atau menonton anime-nya belum menonton anime Attack on Titan Final Season Part 2 episode 19.

Jika kamu tidak ingin terkena spoiler, maka ada baiknya kamu tidak meneruskan membaca artikel yang satu ini.

Manga Attack on Titan sudah tamat cukup lama dan sebentar lagi animenya juga akan menyusul. Nah, menjelang akhir cerita anime Attack on Titan, muncul istilah Path yang mulai sering disebutkan sang karakter utama. Pembaca manga Attack on Titan pasti sudah mengetahui apa “The Path” yang dimaksud, tapi penonton anime baru mengenalnya.

Karena itu, di pembahasan Attack on Titan kali ini, penulis akan membahas informasi seputar Path mulai dari pengenalannya, sejarah, sampai hubungan dengan para Titan. Langsung saja cek di bawah ini.

1. Apa Itu Path?

Ymir Sebagai Dewi-Dewi Penyelamat Eldia

Dalam kulit kacang, Path merupakan sebuah dunia lain yang di dalamnya tergabung segala aspek kehidupan subjek Ymir dan Titan, mulai dari mentransfer ingatan, keinginan, daging, tulang, darah dan lain-lain yang berhubungan dengan Titan.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kekuatan Titan Shifter akan dikirim ke bayi lain secara acak antar subjek Ymir jika pengguna sebelumnya tewas selain dimakan Titan lain, terlepas dari jarak atau hubungan darah. Hal ini menandakan bahwa semua subjek Ymir terhubung oleh sesuatu yang tak terlihat. Sesuatu ini yang dinamakan Path.

Path berfungsi sebagai jalur atau saluran untuk pergerakan dan perpindahan aspek kehidupan para subjek Ymir seperti ingatan; keinginan dan impian; daging, tulang dan darah yang membentuk tubuh Titan; perintah dan teriakan Titan; hingga kekuatan para Titan.

Koneksi Path juga bisa semakin kuat jika ada hubungan darah antar subjek Ymir sehingga ingatan bisa ditransfer lebih jauh dan lebih mudah apabila sesama anggota keluarga, seperti sumpah Karl Fritz untuk meninggalkan perang dan sumpah tersebut hanya diturunkan ke keluarganya sendiri.

Begitu juga dengan klan Ackerman. Mereka terhubung antar satu sama lain melalui Path. Klan Ackerman juga mendapatkan ilmu dan pengalaman tentang bertempur dari leluhurnya di masa lalu saat kekuatan mereka bangkit.

Dalam dunia Path, hukum ruang waktu di dunia nyata tidak berlaku. Hal ini sempat dibuktikan oleh Eren Kruger yang memiliki ingatan tentang Mikasa Ackerman dan Armin Arlet, padahal keduanya belum lahir.

banner promo YODU 22%

Top up voucher game apapun di aplikasi YODU diskon terus-terusan hingga 22%!
Download YODU di Google Play, klik banner di atas untuk syarat dan ketentuan!

2. Sejarah Path

Eren Melihat The Path di manga Attack on Titan

Dunia Path terbentuk pertama kali ketika Ymir Fritz mendapat kekuatan Titan dan tinggal di sana setelah kematiannya. Sejak saat itu hingga bertemu Eren Yeager, dia terus membuat Titan dan mengirimkannya ke sepanjang Path.

Menurut Eren Yeager dan Eren Kruger, salah satu pewaris mereka pernah melihat Path.

Path sendiri pertama kali muncul dalam cerita kilas balik Ymir di musim kedua anime Attack on Titan. Namun, setelah itu istilah ini tidak lagi disebutkan sampai di akhir musim ketiga – ketika Eren Kruger menjelaskan kepada Grisha tentang ingatan dari Eren Yeager.

Tom Ksaver, pemilik kekuatan Beast Titan sebelum Zeke, sempat menjelaskan apa yang dia ketahui tentang Path dalam kilas balik Zeke di episode 15 musim keempat anime. Ketika Ymir muncul di dunia Path pada musim kedua, para penggemar belum tahu apa itu dan Ymir sendiri tidak memberikan penjelasan apa pun.

Saat itu para penggemar tidak berpikir terlalu serius mengenai apa yang terjadi kepada Ymir, sampai kemudian istilah Path kembali muncul. Dengan kembali munculnya dimensi Path di episode 17 musim keempat anime Attack on Titan, juga berarti memberikan penjelasan bahwa istilah ini merupakan salah satu elemen penting dalam cerita.

3. Beberapa Fakta Tentang Dunia Path

Eren Melihat The Path di anime Attack on Titan

Walaupun Path tampak tidak nyata, tapi bisa terlihat jika seseorang masuk ke dalam dunia Path. Dalam tempat tersebut, pasir putih melapisi tanah membentang luas dan Path terlihat seperti aliran cahaya di langit, mirip seperti aurora.

Tidak ada aliran waktu dan selalu berbenturan di dunia Path. Setelah keluar dari dunia Path, Zeke merasakan bahwa dia berada di dalam sana selama bertahun-tahun, tapi juga hanya sekejap saja.

Ymir Fritz tinggal di dunia Path sebagai gadis kecil dan selalu membawa ember berisi air. Dia mampu membentuk apapun dari pasir putih di dunia itu dan dia adalah penyebab kenapa Titan mampu meregenerasi dan bertransformasi karena Ymir Fritz adalah orang yang membentuk tubuh mereka setiap kali kekuatan Titan dipanggil.

Yang bisa masuk ke dunia Path hanya darah bangsawan Eldia beserta keturunannya dan mereka mampu memerintah Ymir Fritz. Zeke yang berdarah bangsawan masuk ke dunia ini ketika Titan menelannya. Eren Yeager juga masuk berkat kepalanya menyentuh Zeke.

Zeke berspekulasi bahwa mereka yang mewarisi Founding Titan memasuki Path untuk memerintah Ymir Fritz.

Kira-kira itu dia hal-hal penting yang bisa diketahui dari Path di Attack on Titan. Bisa dikatakan kalau Path ini seperti ‘benang merah yang menghubungkan takdir’ para subjek Ymir dan bisa dikendalikan oleh Ymir Fritz atas perintah bangsawan pemilik Founder Titan. Kekuatan yang menakjubkan sekaligus menyeramkan!

More Stories
Guide Moco Free Fire: Hacker Dengan Kemampuan Pendeteksi!