5 Kisah Mitologi Jepang yang Menceritakan Ryoumen Sukuna dalam Anime/Manga Jujutsu Kaisen

Ryoumen Sukuna adalah sosok antagonis dalam anime/manga Jujutsu Kaisen. Roh kutukan ini terperangkap di dalam tubuh Yuji Itadori karena satu insiden. Meski memiliki kekuatan yang dahsyat, nyatanya Sukuna tetap tak bisa menguasai tubuh pelajar SMA itu.

Ada banyak hal yang bikin penggemar penasaran sama roh kutukan satu ini. Kita bahas fakta Ryoumen Sukuna versi anime/manga Jujutsu Kaisen beserta kisah urbannya dalam mitologi Jepang. Simak ya!

1. Ryomen Sukuna, Sang Raja Kutukan versi Jujutsu Kaisen

Dalam serial Jujutsu Kaisen, latar belakang tentang Ryoumen Sukuna diceritakan oleh Gojo Satoru. Dikisahkan bahwa Sukuna hidup sebagai manusia di zaman saat ilmu sihir berkembang, lebih dari 1000 tahun yang lalu.

Bakat dan kekuatannya sungguh di luar nalar. Sukuna menjadi penyihir jujutsu terhebat di zaman itu hingga dijuluki sebagai Raja Kutukan. Ia sampai berubah wujud menjadi makhluk gaib bertangan empat dan berwajah dua.

Seiring dengan bertambahnya kekuatan, Sukuna juga berubah menjadi makhluk yang bengis dan licik. Dia bahkan tak sungkan menghabisi semua penyihir yang datang untuk menghentikannya.

Setelah mati pun, kekuatan Sukuna tetap tersegel di dalam jari-jarinya yang kemudian jadi artefak kutukan. Artefak inilah yang kelak memperantarai kebangkitannya di masa depan. Namun tampaknya rencana itu tak berjalan mulus karena Sukuna tak bisa menguasai Yuji, manusia yang jadi wadahnya.

2. Wujud Ryomen Sukuna dalam Dokumen Nihon Shoki

Sosok Sukuna tercantum dalam dokumen Nihon Shoki yang berasal periode Nara, tepatnya di tahun 720 lalu. Ia digambarkan sebagai sosok yang memiliki dua wajah, empat kaki, empat tangan, dengan tinggi badan 3 meter. Tentunya kalian tidak akan bisa membayangkan rupa manusia berdasarkan penggambaran ini.

Yang jelas, dokumen ini menyebutkan bahwa Sukuna memiliki kekuatan fisik yang kuat serta mahir menggunakan senjata. Sayangnya, ia bukanlah sosok protagonist. Sukuna adalah pemberontak yang tak mau tunduk pada kekaisaran dan membantai ribuan orang. Akhirnya, kaisar mengirim shogun Takefurukuma no Mikoto untuk membunuhnya.

3. Mitologi Ryoumen Sukuna dari Perfektur Gifu

Kisah tentang Ryoumen Sukuna juga ada di provinsi Hida yang kini dikenal sebagai perfektur Gifu. Namun cerita di sini sangat berkebalikan dengan yang beredar di daerah lainnya. Sukuna adalah sosok penjaga berbudi luhur yang menjaga masyarakat. Ia bahkan membasmi naga yang jahat untuk menjaga kedamaian di Hida.

Seiring berjalannya waktu, penduduk sekitar menyakini bahwa Sukuna adalah nama dari sebuah keluarga perfektur ini. Namun saat kekaisaran Yamato menjajah, mereka menyebarkan propaganda bahwa Sukuna adalah makhluk jahat yang membunuh ribuan orang.

Reputasi yang kini tersebar begitu kontras. Karena itulah penduduk memberinya nama ‘ryoumen’ yang artinya bermuka dua.

4. Urban Legend Ryoumen Sukuna, Mumi Pembawa Kutukan

Urban legend Ryoumen Sukuna cukup terkenal di tahun 2005. Beberapa pekerja di kuil tua Iwake menemukan sebuah kotak kayu usang dengan segel kertas. Di dalamnya tersimpan mumi bertubuh cacat yang memiliki dua wajah serta dua pasang lengan pada satu badan.

Namun setelah ditelusuri, sosok kembar siam ini punya ciri persis seperti Sukuna yang ada di dalam cerita legenda. Selain itu, tersebar juga kabar bahwa orang yang melihat langsung mumi ini akan mengalami kemalangan atau bahkan kematian. Sebab diduga, pekerja kuil yang membuka kotak tersebut mengalami nasib naas dan kehilangan nyawa.

Sukuna merupakan sumber kutukan murni pembawa bencana di tempat-tempat yang menyimpan jasadnya. Diduga, dialah penyebab sebagian besar bencana alam yang terjadi selama zaman Taisho (1912-1926).

Misalnya banjir besar di timur Jepang yang menyebabkan 1.300 orang meninggal atau gempa Kanto yang memakan korban 142.800 orang. Ngeri juga ya, teman-teman!

5. Teori Anak Kembar di Era Kekacauan Yamato

Era kekaisaran Yamato memang erat dengan sosok yang melegenda ini. Kisah Ryomen Sukuna tercantum dalam dokumen Kokiji yang memuat sejarah tertua Jepang. Menurut dokumen tersebut, Sukuna merupakan representasi dua saudara kembar, Oousu Mikoto dan Ousu Mikoto. Nah loh, gimana tuh cara bacanya biar beda?

Dikisahkan bahwa Oousu, sang kakak mulai menunjukkan perilaku buruk. Ayah mereka meminta Ousu untuk mengajari saudaranya sopan santun. Namun Oousu membangkang ayahnya dengan cara menghabisi dan memutilasi tubuh saudaranya.

Semenjak itu Oousu semakin tak terkendali dan mulai membantai orang-orang secara brutal. Seolah-olah ia mendapat kekuatan yang memperkuat dirinya. Kisah dua saudara kembar ini berkaitan dengan teori yang terjadi pada Zenin bersaudara, Maki dan Mai dalam anime/manga Jujutsu Kaisen.

Pada dasarnya, anak kembar berasal dari satu jiwa yang sama dengan satu energi kutukan utuh. Artinya jika satu anak mendapatkan kekuatan, maka yang lainnya tidak. Ketika salah satunya meninggal, maka kekuatan itu akan kembali dan memperkuat anak yang masih hidup.

Berdasarkan cerita tersebut, penggemar mulai berasumsi bahwa Ryomen Sukuna di serial Jujutsu Kaisen juga punya saudara kembar. Demi mendapatkan kekuatan yang luar biasa, ia membunuh dan menelan saudaranya. Itulah yang membuat Sukuna memiliki dua wajah dan dua pasang tangan.

Semoga informasi yang dibagikan ini menghibur dan menambah pengetahuan kalian. Bagaimanakah Gege Akutami, sang mangaka akan membawa kisah Ryomen Sukuna dalam serial Jujutsu Kaisen? Kita tunggu saja ya!

More Stories
nama FF kamu nanya yang lagi banyak dicari para pemain Free Fire
100+ Nama FF Kamu Nanya Alif Cepmek yang Lucu dan Unik