7 Anime Makoto Shinkai yang Bikin Baper Sampai Mengharu Biru

anime makoto shinkai

Makoto Shinkai adalah seorang sutradara, animator, sekaligus mangaka di balik anime Kimi no Nawa atau Your Name.

Pria Bernama Lengkap Makoto Niitsu telah berkarya sejak 1998, dan beberapa kali dinominasikan sampai jadi pemenang berbagai ajang penghargaan film.

Kabarnya, Makoto Shinkai comeback di tahun 2022 dengan film anime berjudul Suzume Locking Up The Doors. Namun sebelum movie terbarunya rilis, apakah kalian yakin sudah menonton seluruh karya Makoto Shinkai? Yuk, coba ‘kroscek’ dulu!

1. The Place Promised in Our Early Days (2004)

Anime ini mengambil latar belakang saat krisis Perang Dunia II melanda Jepang.

Anime ini mengisahkan tiga sekawan: Sayuri, Hiroki, Takuya. Mereka bertiga terpisah karena Jepang terbagi menjadi dua kubu.

Kekacauan ini membuat salah satu di antara mereka, yakni Sayuri menghilang tanpa jejak.

Sedangkan Hiroki dan Takuya yang merasa kehilangan akhirnya tumbuh secara terpisah di dua kubu yang berbeda. Setelah tiga tahun, misteri hilangnya Sayuri akhirnya mulai terkuak.

Apa yang terjadi pada Sayuri selama ia menghilang? Kalian akan menemukan jawaban beserta plot twist cerita di sepanjang durasi 1 jam 30 menit.

Di sepanjang film, penonton juga akan turut merasakan keresahan dan ketegangan yang dirasakan masyarakat Jepang kala itu.

2. Five Centimeters Per Second (2007)

5 Centimeters per Second adalah film yang memenangkan penghargaan Best Animated Featured Film di Asia Pacific Screen Award 2007.

Anime satu ini bisa didefinisikan ke dalam satu kata: nyesek! Meskipun sederhana, namun cerita anime 5 Centimeters Per Second sangat realistis dan mengena di hati orang banyak.

Drama romantis ini mengisahkan tentang persahabatan antara Takaki Kono dan Akari Shinohara yang terpisahkan oleh jarak.

Meski sempat berkiriman surat, namun tak satupun dari mereka yang berani mengutarakan perasaan. Hingga akhirnya satu ketika, Takaki Kono memutuskan untuk datang menemui Akari di kotanya.

Akankah dua insan ini bisa menyampaikan perasaan masing masing?

3. Children Who Chase Lost Voice (2011)

Children Who Chase Lost Voice adalah anime tercatat sebagai nominasi di berbagai ajang penghargaan film, misalnya Tokyo Anime Award 2012.

Anime satu ini juga dikenal dengan judul ‘Journey to Agartha’, bercerita tentang petualangan seorang gadis bernama Asuna Watase di negeri misterius.

Gadis yang sejak awal hidup layaknya remaja biasa tiba-tiba harus mengalami serangan monster dan diselamatkan oleh anak muda misterius.

Selain bertemu dengan pasukan yang disebut Arch Angel, Asuna juga harus terus bertahan hidup dari serangan monster-monster mengerikan.

Darimanakah monster mengerikan ini muncul? Misteri tentang dunia bernama Agartha akan kalian temukan di film anime berdurasi 1 jam 56 menit ini.

4. The Garden of Words (2013)

Film anime The Garden of Words memiliki visualisasi dan sinematografi apik yang akan membawa penonton masuk ke dunia fantasi.

Film ini bercerita tentang Takao Akizuki dan Yukari Yukino yang tak sengaja bertemu di sebuah halte. Keduanya pun mulai saling bercerita tentang banyak hal hingga akhirnya benih-benih cinta tumbuh.

Meski sering mengobrol, Takao dan Yukari sama sekali tak membicarakan soal kehidupan pribadi.

Sampai akhirnya Takao mengetahui bahwa Yukari adalah guru yang mengajar di sekolahnya. Apakah cinta dengan rentang usia dan latar belakang jauh berbeda ini akan tersampaikan?

5. Someone’s Gaze (2013)

Someone’s Gaze adalah film animasi pendek yang hanya berdurasi selama 6 menit.

Anime dengan tema keluarga ini menceritakan tentang anak kecil bernama Aya yang tumbuh bersama ayah dan kucingnya.

Saat tumbuh dewasa, Aya pun mulai sibuk dengan kehidupannya sebagai wanita karier.

Tahun-tahun berlalu, gadis itu semakin mandiri dan jauh dari rumah. Hingga akhirnya kematian kucing kesayangannya membuat Aya menyadari satu hal penting yang selama ini terabaikan.

6. Your Name (2016)

Bisa dikatakan bahwa anime Your Name (Kimi no Na Wa) adalah film yang membesarkan nama Makoto Shinkai.

Film tersebut jadi yang terlaris di Jepang pada tahun 2016, menembus penjualan hingga USD 380 juta secara internasional. Pencapaian ini tercatat dalam sejarah, mengalahkan angka penjualan Spirited Away yang sebelumnya memegang rekor.

Film karya Makoto Shinkai ini juga menyabet berbagai penghargaan, misalnya piala Best Director di Tokyo Anime Award Festival 2017. Kimi no Na Wa bercerita tentang gadis desa bernama Mitsuha yang tiba-tiba bertukar tubuh dengan Taki, seorang siswa SMA di Tokyo.

Fenomena ini dikaitkan dengan legenda kuil yang dijaga oleh keluarga Mitsuha dari generasi ke generasi. Namun suatu hari, terjadi keanehan yang membuat Taki penasaran. Selain berhenti bertukar tubuh, Taki menyadari bahwa eksistensi Mitsuha tiba-tiba terhapus. Ia pun pergi mencari tahu lebih jauh perihal siapa sosok Mitsuha sebenarnya.

7. Weathering With You (2019)

Weathering With You tercatat sebagai film Jepang terlaris di 2019 yang berhasil menembus angka penjualan sebesar USD 193,65 juta.

Kisah ini dimulai ketika anak SMA bernama Hodaka Morishima meninggalkan desa demi mengadu nasib di Tokyo. Tanpa sengaja ia bertemu dengan Hina, seorang gadis yatim piatu yang punya kekuatan aneh.

Kemampuan mengendalikan cuaca milik Hina merujuk pada cerita legenda Jepang. Hodaka dan Hina pun memanfaatkan kemampuan ini untuk mencari keuntungan. Namun seiring berjalannya waktu, banyak konflik yang muncul di antara mereka berdua.

Cerita anime fantasi ini memang unik. Ternyata di Jepang juga ada pawang hujan kayak Mbak Rara!

Selain ceritanya yang fantastis dan mengharukan, film animasi Makoto Shinkai kerap kali dibumbui dengan plot twist anti gagal. Ditambah lagi, soundtrack anime membuat penonton semakin terbawa suasana dan terkenang dengan setiap adegan di film. Mari kita nantikan karya terbaru Makoto Shinkai di 2022 ini ya!

More Stories
PKCL Twins, Perpaduan NFT dan Dress-Up Game dari Jepang Dirilis Resmi Hari Ini!