CEO Razer Katakan Harga Laptop Gaming Melonjak Tahun 2022

Min-Liang Tan, CEO Razer, memprediksi harga laptop gaming akan semakin melonjak di tahun 2022 mendatang. Hal tersebut ia tulis lewat sebuah twit di akun personalnya.

Terjemahan bebas dari twit tersebut kurang lebih begini:

Baru saja selesai meeting panjang membahas lini gaming laptop kami untuk tahun depan. Sepertinya akan ada kenaikan harga komponen dll yang signifikan dan kita sepertinya akan peningkatan harga laptop gaming (termasuk Razer Blade) ditahun depan.

Kenapa Harga Harga Komponen PC serta Laptop Gaming Bisa Meningkat?

Kenaikan harga komponen komputer sudah menjadi satu masalah tersendiri di tahun 2021 ini. GPU dan CPU yang terus melonjak harganya, membuat banyak gamers cenderung memilih laptop gaming yang masih cukup stabil harganya.

Walaupun cukup stabil, laptop gaming juga mengalami masalah lain untuk bisa memenuhi kebutuhan pasar. Seringkali, laptop gaming kehabisan stok-nya di pasaran yang membuat gamers jadi kesulitan.

Jangan juga berharap untuk bisa merakit PC. Seperti tadi disebut, GPU dan CPU yang adalah komponen utama dalam sebuah komputer, juga sulit dicari dan mahal harganya kalaupun mereka ada dalam stok.

Pandemi COVID-19 dan Kelangkaan Microchip Dunia

Pandemi COVID-19 bisa dibilang sebagai salah satu penyebab kelangkaan microchip yang terjadi selama kurang lebih 2 tahun belakangan ini.

Kelangkaan terjadi karena kebutuhan PC, laptop gaming, dan elektronik lain yang menggunakan microchip ternyata meningkat drastis seara global selama masa pandemi ini.

Sementara pada sisi lain kapasitas pembuatan microchip (baik untuk CPU, GPU, dan Laptop Gaming) ternyata tidak berhasil memenuhi kebutuhan tersebut.

Peningkatan kebutuhan tersebut terjadi salah satunya karena pandemi memaksa banyak orang tetap berada di rumah dan menjadikan game sebagai kegiatan pengisi waktu luang pilihan.

Belum lagi, tren cryptocurrency yang meningkat juga membuat kebutuhan atas GPU semakin meningkat, dan bahkan mungkin menggunakan laptop gaming sebagai alternatif.

Jadi, apakah prediksi dari sang CEO Razer tersebut bisa terjadi?

Sepertinya kemungkinan tersebut hampir tidak terhindarkan. Apalagi juga mengingat bahwa dunia internasional masih belum pulih sepenuhnya dari pandemi.

Ditambah lagi, kebutuhan masyarakat global terhadap PC, laptop gaming, dan barang-barang elektronik lainnya juga tidak terlihat akan menurun dalam waktu dekat.

Gimana nih guys! Mungkin memang ini adalah saatnya kamu menabung lebih dulu untuk membeli PC ataupun laptop gaming sampai segala permasalaahan chip ini selesai nantinya.

Sumber gambar utama: KrASIA

More Stories
Top up Genshin Impact paling murah dan aman hanya di sini.
3 Cara Top Up Genshin Impact Paling Murah, Dijamin Resmi dan Aman!