5 Kerja Sama Bisnis Esports Paling Menggemparkan di 2021! Salah Satunya dari Indonesia?

Semakin hari, industri esports semakin menunjukkan peningkatan skala yang signifikan dari segi bisnis – bahkan di situasi pandemi global yang sudah berjalan selama hampir dua tahun ini.

Industri esports memang banyak dianggap sebagai industri entertainment dan kompetitif yang diminati banyak kalangan di era digital saat ini.

Hal tersebut semakin didukung dengan angka-angka statistik pengaruh esports di segi bisnis. Contohnya seperti yang dirilis beberapa penyedia analisis data yaitu Esports Charts dan Esports Insider yang berkolaborasi dengan YouGov Sports dalam hal statistik data.

Berbekal data tersebut, banyak pelaku di industri esports semakin berani melebarkan sayap bisnisnya agar “tidak melulu” hanya bekerja sama dengan produk tentang Gaming.

Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya pengumuman kerja sama bisnis dari pelaku esports di berbagai belahan dunia yang menggemparkan selama tahun 2021.

Memasuki semester kedua di tahun 2021 ini, kerja sama bisnis apa saja yang sudah mengejutkan khalayak ramai? Berikut beberapa di antaranya!

1. Evil Geniuses Menjalin Kemitraan dengan Wolverhampton Wolves

Tim sepak bola asal Inggris, Wolverhampton Wolves, mengumumkan kerja sama dengan organisasi Esports asal Amerika Serikat, Evil Geniuses pada akhir bulan Juli 2021 lalu.

Kerja sama ini ditandai dengan investasi yang dilakukan oleh Fosun Sports Group kepada Evil Geniuses yang membuat valuasi dari organisasi Esports tersebut naik ke nilai 225 juta US Dollar.

Kerja sama ini akan membuat seragam yang dikenakan oleh Evil Geniuses memiliki logo dan corak kuning keemasan khas Wolverhampton Wolves.

Pada sisi lain, investasi ini akan membuat Evil Geniuses memiliki kekuatan untuk melakukan ekspansi ke pasar Asia, salah satunya ke tanah Tiongkok – yang mana salah satu rencana kerja sama ini adalah membangun Training Facility di Tiongkok.

Tempat itu nantinya akan jadi pusat latihan divisi League of Legends Evil Geniuses bila mereka berhasil lolos ke League of Legends World Championship 2021.

2. Lexus Menjadi Sponsor Otomotif Mewah dari 100 Thieves

Masih dari Amerika Serikat, tim 100 Thieves mengumumkan bahwa Lexus akan menjadi sponsor Otomotif Mewah pertama mereka mulai Juli 2021.

Pengumuman ini cukup unik karena menggunakan lini konten dari 100 Thieves yang dapat kamu tonton dari video di bawah ini.

Lewat kerja sama ini, 100 Thieves Content House akan mendapat rebranding menjadi Lexus Content House.

Bersamaan dengan itu, dua konten kreator dari 100 Thieves yaitu Rachell “Valkyrae” Hofstetter dan Leslie “Fuslie” Ann Fu juga menjadi Brand Ambassador dari Lexus di dalam kerja sama ini.

Hmmm … kerja sama ini bisa saja menandai kuatnya pesona dari konten Gaming dan Esports secara keseluruhan nih!

3. Natus Vincere Jalin Kerja Sama dengan Puma

Tak ingin ketinggalan dengan organisasi Esports dunia lainnya, Natus Vincere mengumumkan kerja sama mereka dengan Puma di bulan Juni 2021. Kerja sama ini merupakan langkah baru bagi Puma karena Natus Vincere merupakan partner baru mereka untuk kawasan Eropa Timu (CIS).

Puma akan membantu Na’vi dalam mengembangkan seragam mereka di tahun 2021 sampai 2022. Pengembangan tersebut meliputi pengembangan dari segi teknologi yang diterapkan pada seragam, desain yang akan digunakan, sampai ke penjualan seragam secara global.

Wah, toko pernak pernik olahraga Indonesia kebagian gak ya seragam Na’vi?

4. Fnatic Berkolaborasi dengan Kaspersky

Organisasi Esports asal Inggris, Fnatic, mengumumkan kolaborasi global dengan perusahaan keamanan digital dunia asal Rusia, Kaspersky.

Kolaborasi keduanya akan berfokus dalam kampanye digital, baik untuk Fnatic dan Kaspersky, terutama dalam hal keamanan digital secara global.

Dalam kolaborasi ini, Kaspersky secara spesifik dicantumkan sebagai salah satu sponsor utama di seragam Fnatic Rising, tim akademi cabang League of Legends Fnatic.

Kira-kira, beli anti-virus Kaspersky dapat bonus seragam Fnatic engggak ya?

5. Kolaborasi EVOS Esports, VISA, dan Bank Mandiri Lahirkan EVOS Card

Di nomor terakhir terakhir, ada berita kerja sama bisnis esports dari Indonesia.

EVOS Esports meluncurkan produk hasil kerja sama mereka dengan VISA dan Bank Mandiri dalam bentuk EVOS Card. Kartu debit berlogo macan ini digabungkan fungsinya dengan EVOS Membership, yang sudah digaungkan sejak 2020 silam.

Kolaborasi antara EVOS Esports dengan Bank Mandiri ini merupakan yang perdana. Namun, sebelumnya EVOS Esporrts pernah menjalin kerja sama sponsorship dengan VISA.

Itulah deretan kerja sama bisnis esports mancanegara. Daftar ini jadi tanda pertumbuhan industri Esports yang semakin pesat semakin kesini.

Semester kedua 2021 baru dimulai, kira-kira organisasi mana lagi yang akan mengumumkan kerja sama lebih besar ya? Kita tunggu saja!

More Stories
Deretan cewek tercantik yang main game Free Fire (FF)
7 Cewek Tercantik Free Fire (FF) Favorit Para Survivor, Nomor 5 Cetar Membahana!