10 Fakta Attack Titan, Sang Ujung Tombak Kebebasan di Anime Attack on Titan

Pada anime Attack on Titan, kemunculan Attack Titan dari dalam tubuh Eren Yeager menggemparkan banyak penggemar. Bagaimana tidak, Titan yang notabene adalah makhluk tanpa akal pemakan manusia justru muncul dari dalam tubuh seseorang.

Sejak saat itu, rahasia para Titan mulai terkuak perlahan-lahan dan salah satunya adalah kemampuan 9 Titan spesial. Attack Titan milik Eren adalah satu dari kesembilan Titan spesial tersebut.

Lalu, bagaimana dengan fakta-fakta tentang Attack Titan milik Eren ini? Simak daftarnya di bawah ini!

1. Attack Titan Diwarisi ke 3 Orang

Dalam cerita Attack on Titan hingga tamat, Attack Titan hanya diwarisi ke tiga orang. Pertama-tama, Attack Titan dipegang oleh Eren Kruger. Dia adalah seorang mata-mata Eldia yang menjadi petugas otoritas keamanan publik Marley. Dia lah pendiri dari Eldian Restorationist.

Kedua, Grisha Yeager, ayah Eren Yeager. Grisha merupakan dokter kelahiran Eldia Liberio dan juga anggota Eldian Restorationist. Dia mendapat misi dari Eren Kruger untuk memanfaatkan Attack Titan dan mengambil kekuatan Founding Titan di pulau Paradis.

Setelah mendapat kekuatan Founding Titan, Grisha menyerahkan Attack Titan ke Eren Yeager.

2. Ada 4 Bentuk Attack Titan yang Sudah Terlihat

Seperti yang kita tahu, bentuk dari Titan akan berbeda-beda tergantung pemiliknya, tak terkecuali Attack Titan.

Karena Attack Titan sempat dimiliki oleh tiga Titan Shifter, bentuknya juga ada tiga. Satu bentuk lagi adalah Attack Titan dalam gambar sejarah Titan.

Postur badan Attack Titan Eren Kruger kurus dan berotot, serta rambut medium menutup matanya. Attack Titan Grisha Yeager berpostur badan lebih berisi dan rambut panjang serta berjenggot. Sedangkan Attack Titan Eren berbadan ramping dan berotot, garis mulut melebar hingga pipi, serta rambut cukup panjang.

Attack Titan dalam sejarah Titan mempunya badan bugar dan rahang mulut besar. Karakteristik wajahnya mirip seperti wajah Jaw Titan Porco yang kotak.

3. Attack Titan Melambangkan Kebebasan

Dari masa ke masa, Attack Titan dilambangkan sebagai Titan yang memperjuangkan kebebasan. Dengan kekuatannya yang bisa melihat masa lalu dan masa depan, Attack Titan selalu memiliki cara untuk menerjang berbagai rintangan hingga bisa menyelesaikan konflik yang ada.

Terungkap juga di akhir cerita bahwa Attack Titan adalah satu-satu Titan spesial yang tidak bisa dipengaruhi oleh kemampuan cuci otak Founding Titan. Sehingga, Attack Titan bisa menentang perintah Founding Titan
Kemampuan ini sesuai dengan makna cerita Attack on Titan sendiri, yaitu perjuangan meraih kebebasan.

4. Kemampuan Attack Titan Dapat Melihat Masa Lalu dan Masa Depan

Kesembilan Titan memberikan Titan Shifter-nya kemampuan untuk melihat memori pengguna kekuatan Titan sebelumnya. Namun bagi Attack Titan, Titan Shifter-nya justru bisa melihat masa depan. Inilah kemampuan spesial dari Attack Titan.

Dengan kekuatan ini, Eren bisa mengetahui rahasia di balik Founding Titan.

5. Daya Tempur Attack Titan Termasuk yang Lemah

Walaupun terlihat paling kuat untuk saat ini, Attack Titan terbilang satu level di bawah delapan Titan spesial lain dalam kategori kemampuan fisik.

Attack Titan tidak bisa mengeraskan bagian tubuh secara alami seperti Female Titan, Warhammer Titan maupun Armored Titan. Kecepatan gerak dan serangannya juga tidak sepadan dengan Jaw Titan dan Cart Titan. Attack Titan juga aslinya tidak bisa memberi perintah pada Titan liar.

6. Kemampuan Unik Attack Titan Terinspirasi dari Game of Throne

Pada akhir 2016, sang mangaka, Hajime Isayama, mengatakan bahwa cerita Attack on Titan seterusnya akan terinspirasi dari Game of Throne.

Kekuatan Attack Titan yang mampu melihat masa lalu dan masa depan mirip dengan Greensight, khususnya saat penjelajahan Three-Eyed Raven di Game of Thrones Season 6.

7. Bentuk Tubuh Attack Titan Terinspirasi dari Atlet MMA Jepang

Hajime Isayama pernah menyebutkan bahwa penampilan Attack Titan Eren terinspirasi dari atlet Mixed Martial Artist (MMA) asal Jepang yang bernama Yushin Okami.

8. Attack Titan Sudah Memakan Dua Titan Shifter

Sejauh ini, Attack Titan sudah memakan dua Titan Shifter.

Pertama adalah saat Attack Titan berada di tangan Grisha. Dia pergi ke kediaman keluarga Reiss untuk bernegosiasi kekuatan Founding Titan. Karena kondisi Grisha yang sudah di ujung kematian, dia terpaksa memakan Frieda Reiss yang saat ini memiliki kekuatan Founding Titan.

Selanjutnya ketika Attack Titan di tangan Eren, dia menelan darah Lara Tybur, Titan Shifter dari War Hammer. Sejak saat itu, Attack Titan memiliki kemampuan mirip War Hammer.

9. Attack Titan Memiliki Kekuatan Titan Shifter Lain

Tak hanya kemampuan menerawang waktu saja yang dimiliki Attack Titan. Titan spesial yang satu ini juga memiliki kemampuan Titan Shifter lainnya.

Attack Titan bisa mengeraskan beberapa bagian tubuh, seperti di kepalan tangan, kaki, punduk dan lainnya. Kemampuan pengerasan ini sama seperti milik Armored Titan.

Karena memakan Warhammer Titan, Attack Titan Eren jadi memiliki kemampuan untuk membentuk senjata dari tubuhnya.

Satu lagi adalah Attack Titan Eren mampu memanfaatkan kekuatan Founding Titan seperti memberikan komando kepada para Titan liar. Tak lupa juga bisa mempengaruhi kekuatan Ymir Fritz di Coordinate.

10. Attack Titan Mempengaruhi Bentuk Tubuh Pewarisnya

Tidak hanya bentuk tubuh Attack Titan yang berubah, tapi juga Attack Titan bisa mempengaruhi tubuh pewarisnya. Hal ini bisa dilihat pada Grisha Yeager.

Aslinya, warna mata Grisha cenderung lebih gelap. Namun setelah mewarisi Attack Titan dari Eren Kruiger, warna mata Grisha tampak lebih cerah.

Sekian 10 fakta mengenai Attack Titan. Bagaimana menurut kamu tentang fakta-fakta ini? Silahkan tulis jawabannya di kolom komentar ya!

More Stories
MAJAMOJO Luncurkan Boxing Star: KO Master dan Gerakan #HidupkanTinjuIndonesia