8 Fakta Black Bolt, Superhero Inhumans Terkuat di Dunia Marvel?

Black Bolt menjadi karakter tamu dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Dalam debutnya di MCU tersebut, dia diperkenalkan sebagai seorang Inhumans dan juga anggota dari Illuminati.

Porsi kemunculannya memang “sedikit” di dalam film, tetapi Black Bolt menjadi karakter yang menarik untuk ditelusuri—karena mungkin saja dia (versi lain dirinya) akan muncul kembali di film Marvel lainnya.

Nah, berikut ini 7 fakta Black Bolt dalam komik Marvel yang menarik untuk kamu ketahui sambil menantikan kemunculannya kembali di MCU!

1. Pertama Kali Muncul di Komik Fantastic Four

Komik Black Bolt Marvel

Meskipun terkenal karena perannya dalam seri komik Inhumans, tetapi Black Bolt debut di komik Fantastic Four. Dia memulai debut di penghujung komik Fantastic Four #45.

Dalam komik Marvel teresebut, dia diperkenalkan sebagai raja dari Inhumans yang menghentikan perseteruan antara Inhumans dengan Fantastic Four.

2. Raja para Inhumans

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Black Bolt yang bernama lengkap Blackagar Boltagon adalah raja para Inhumans. Dia adalah anggota dari keluarga kerajaan Attilan.

Dia diangkat sebagai raja pada umur 20 tahun setelah secara tidak sengaja membunuh kedua orang tuanya saat berusaha untuk menghancurkan kapal luar angkasa Kree.

Meskipun memiliki kisah yang tragis, hal ini tidak menghentikan Black Bolt sebagai sosok raja dan pemimpin yang peduli terhadap rakyatnya. Dalam komik pula, Black Bolt menikah dengan Medusa.

3. Terisolasi Semenjak Kecil

Kekuatan ikonik Black Bolt adalah teriakannya yang kuat dan dahsyat—sampai-sampai bisa menghancurkan gunung dan bisa mengalahkan Hulk. Sayangnya, kekuatan ini tidak serta merta bisa dia kendalikan semenjak kecil.

Ketika lahir, Black Bolt sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol kekuatannya. Demi mencegah Black Bolt menghancurkan kerajaan Inhumans secara tidak sengaja, dia diberi kostum khusus dan diisolasi dalam ruangan kedap suara semenjak kecil.

Dalam keadaan terisolasi tersebut, Black Bolt belajar mengontrol kekuatannya. Dia juga mendapatkan bimbingan dari ayahnya, Agon.

4. Memiliki Kekuatan Fisik, Stamina, dan Ketahanan Super

Kebanyakan fans mengenal Black Bolt dari kekuatan suaranya. Akan tetapi, Black Bolt juga memiliki kekuatan fisik, stamina, dan ketahanan super, lho!

Kekuatannya itu ia karena terpapar Terrigen Mist (sumber kekuatan Inhumans) sejak masih di dalam kandungan. Selain memiliki kekuatan fisik super, Black Bolt juga bisa terbang dengan memanfaatkan manipulasi vibrasi elektronnya.

Dengan kekuatan fisiknya dan juga kekuatan suaranya, bisa dibilang Black Bolt adalah salah satu superhero dengan kemampuan yang seimbang di dunia komik Marvel.

5. Bermusuhan dengan Saudaranya Demi Tahta

Layaknya kisah kerjaan, Black Bolt memiliki konflik dengan keluarga kerajaan—dan salah satunya adalah saudaranya sendiri, Maximus.

Bagi para fans komik Marvel, Maximus sendiri terkenal sebagai sosok musuh atau supervillain bagi Black Bolt. Konflik keduanya dimulai sejak Black Bolt diangkat sebagai raja. Maximus merasa iri dan menganggap dirinya lebih pantas menjadi raja daripada Black Bolt.

Meskipun kekuatan Maximus sangat jauh di bawah Black Bolt, tetapi Maximus memiliki kepintaran dan kecerdikan yang luar biasa tinggi. Bisa dibilang, Maximus adalah seorang supervillain jenius yang selalu memberi tantangan tersendiri bagi Black Bolt.

6. Perang Melawan X-Men

Salah satu kisah Inhumans terbaik dan paling terkenal adalah konflik mereka dengan tim superhero lainnya, X-Men.

Dalam kisah ini, kedua belah pihak bersitegang setelah mengetahui kalau Terrigen Mist yang merupakan sumber kekuatan para Inhumans berbahaya bagi para mutant X-Men.

Demi menjaga kelangsungan eksistensi para mutant, X-Men berusaha menghancurkan Terrigen Mist. Akan tetapi, hal ini akan menyebabkan kepunahan bagi para Inhumans.

Konflik pun tak terelakkan. Kedua tim superhero ini berseteru satu sama lain. Dalam pertarungan ini, Black Bolt dengan mudah mengalahkan Cyclops, menunjukkan kalau dia akan melakukan apapun demi keberlangsungan hidup rakyatnya. Pertarungan ini juga menegaskan jika Inhumans bukanlah tim superhero yang bisa dianggap remeh.

7. Pernah Bertarung dan Menang Melawan Hulk Berkali-Kali

Salah satu pertarungan antara superhero yang paling sering terjadi di dunia Marvel adalah pertarungan antara Black Bolt melawan Hulk.

Dari segi fisik, tentunya Hulk jauh lebih kuat daripada Black Bolt. Akan tetapi, kekuatan teriakan Black Bolt juga tidak bisa dianggap remeh. Dengan kekuatan teriakannya, Black Bolt mampu menghentikan dan bahkan mengalahkan Hulk berkali-kali.

Prestasi Black Bolt dalam mengalahkan Hulk ini menunjukkan kepada para fans jika Black Bolt bukan hanya superhero dengan kekuatan teriakan saja.

Kurang lebih, itulah beberapa fakta seputar Black Bolt, salah satu anggota Illuminati yang muncul di dalam film Marvel Doctor Strange 2.

Apakah kalian tertarik untuk mengetahui cerita karakter ini lebih lanjut? Coba share artikel ini dan utarakan pendapatmu soal Black Bolt si superhero Marvel ya!

More Stories
Promo Agustus YODU: Promo Merdeka! Bebas Top-Up Games Favorit