9 Fakta Darkhold, Kitab Sihir Terkuat di Marvel Cinematic Universe!

Darkhold menjadi salah satu benda penting yang diperkenalkan di MCU melalui serial WandaVision. Kitab sihir yang satu ini kembali disebut dan muncul dalam Doctor Strange in the Multiverse of Madness dan disebut sebagai kitab sihir terkutuk.

Walaupun begitu, kitab sihir Darkhold menyimpan banyak pengetahuan serta membuka sihir kegelapan kepada pembaca dan penggunanya. Penasaran dengan Darkhold? Simak 9 fakta dari Darkhold, sang kitab sihir terkuat di MCU ini!

1. Asal Mula/Pencipta Darkhold

Darkhold ditulis oleh Chthon pada tembok kuil yang terletak pada puncak dari gunung Wundagore di Eropa Timur. Chthon adalah entitas yang memiliki julukan Iblis Pertama yang juga membangun kuil yang ada pada puncak gunung Wundagore. Dia juga yang menciptakan Ksatria Wundagore yang bertugas menjaga kuil tersebut. Pada kuil tersebut, Chthon mendirikan sebuah tahta yang diramalkan akan ditempati oleh Scarlet Witch.

2. Darkhold Adalah Sumber Segala Pengetahuan di Dalam Semesta Marvel

Darkhold merupakan kitab terkutuk yang memiliki pengetahuan yang tak terbatas. Isi kitab tersebut hanya akan tampak kosong kecuali terjadi kontak secara langsung kepada pembacanya. Kitab ini akan memberikan informasi yang dicari oleh pembaca dengan bahasa yang dipahami oleh pembaca. Selain itu, informasi yang diberikan juga rinci, sehingga dapat mengabulkan keinginan pembacanya.

Meskipun begitu, tidak semua orang dapat mengakses informasi yang ada di dalam Darkhold. Hanya beberapa orang atau penyihir kuat seperti Agartha Harkness dan Scarlet Witch yang dapat mengakses informasi yang disediakan oleh Darkhold.

3. Sihir Untuk Mengakses Dark Dimension

Darkhold memiliki hubungan khusus dengan Dark Dimension.

Dark Dimension adalah dimensi atau dunia yang tidak terbatas oleh ruang-dan-waktu, dengan Dormmamu sebagai penguasanya. Pada serial Runaways, Morgan le Fay menggunakan Darkhold untuk mempelajari sihir yang membuka akses jalan ke Dimensi Kegelapan.

4. Darkhold Memiliki Bab Khusus Tentang Scarlet Witch

Dalam serial WandaVision, Agatha Harkness menyebutkan bahwa Darkhold memiliki satu bab penuh ramalan dan khusus didedikasikan untuk Scarlet Witch. Bab tersebut juga menceritakan asal muasal Scarlet Witch hingga bagaimana dia menguasai dunia.

5. Darkhold Adalah Landasan Dasar Penemuan Teknologi Mutakhir di Semesta Marvel

Pada serial Agent of S.H.I.E.L.D.,Darkhold digunakan oleh beberapa individu sebagai sumber inspirasi dan dasara penemuan alat-alat. Beberapa alat tersebut antara lain:

  1. Quantum Particle Generator: Diciptakan oleh Lucy Bauer dan Eli Morrow untuk menciptakan Dark Matter.
  2. Quantum Batteries: Diciptakan oleh Joseph dan Lucy Bauer untuk menampung Quantum Energy dari dimensi lain.
  3. Inter-Dimensional Gate: Diciptakan oleh Aida dan Holden Radcliffe untuk menciptakan gerbang menuju dimensi lain.
  4. Laser-Coupling Gloves: Diciptakan oleh Radclife. Berbentuk sepasang sarung tangan yang bisa memanggil energi dari dimensi lain.
  5. Quantum Brain: Diciptakan oleh Aida yang digunakan untuk menyalakan Life-Model Decoys.
  6. Improvement of the Framework: Diciptakan oleh Radcliffe dan Aida untuk simulasi dari dunia virtual secara spesifik.
  7. Life-Model Decoy Body: Diciptakan oleh Aida sebagai pengganti fungsi tubuh dari Ivanov.

6. Ilmu Tentang Sihir Kegelapan

Darkhold adalah kitab terkutuk yang mengajarkan adalah sihir kegelapan. Sihir kegelapan awalnya digunakan oleh Morgan le Fay dalam seri Runaway untuk menggabungkan Dimensi Kegelapan dengan Bumi. Darkhold juga digunakan oleh Agatha Harkness yang muncul pada seri Wanda Vision untuk meningkatkan kekuatan sihirnya.

Setelah tragedi yang terjadi di Westview yang diceritakan pada serial WandaVision, Darkhold berpindah ke tangan Wanda Maximoff. Dia kemudian terlihat menggunakan Darkhold untuk mendalami Dimensi Astral, Proyeksi Astral, Dreamwalking dan berbagai macam sihir lainnya.

7. Efek Samping yang Berbahaya

Selain menjanjikan banyak hal, Darkhold juga memiliki efek samping yang sangat berbahaya kepada penggunanya. Kitab ini bisa merusak pikiran pembacanya dan mengakibatkan obsesi yang berlebih kepada Darkhold.

Buku ini memiliki efek samping yang berbahaya dan bahkan bisa mengkorupsi pikiran seseorang yang hanya sekedar melihatnya. Hal ini ditunjukkan pada seri Agents of S.H.I.E.L.D. di mana Holden Radcliffe terpengaruh hingga mengkhianati teman-temannya sendiri demi memiliki Darkhold.

8. Penggunanya Berakhir Tragis

Selain efek samping yang berbahaya, sebagian besar dari para pengguna Darkhold juga memiliki akhir yang tragis.

Contohnya seperti:

  • Lucy Bauer dan Eli Morrow dibunuh oleh Ghost Rider
  • Holden Radcliffe dibunuh oleh Aida
  • Anton Ivanov dibunuh oleh Yo-Yo Rodriguez
  • Robert Minoru dibunuh oleh Morgan Le Fay
  • Morgan Le Fay dibuang ke Dark Dimension oleh Tina Minoru
  • Stephen Strange Earth-838 dibunuh oleh Black Bolt
  • Agatha Harkness terjebak dalam peran sebagai Agnes oleh Wanda Maximoff
  • Wanda Maximoff terkubur di reruntuhan gunung Wundagore.

9. Dihancurkan oleh Scarlet Witch

Setelah pertarungan di puncak gunung Wundagore, Scarlet Witch menghapus seluruh Darkhold dari seluruh alam semesta dan multiverse. Selain itu Scarlet Witch juga menghancurkan kuil yang ada pada puncak gunung Wundagore dan mengubur dirinya dalam reruntuhan tersebut.

Itulah beberapa hal fakta seputar Darkhold, kitab sakti mandraguna terkutuk yang ada di Doctor Strange 2. Walaupun penggunanya jadi super kuat, tapi sepertinya tidak sebanding dengan konsekuensi yang diterima yah!

More Stories
RBL Fearless diduga melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita.
Diduga Lakukan Pelecehan Seksual, RBL Fearles Dipecat!