8 Fakta Fujitora One Piece: Sang Samurai Bekuatan Buah Iblis Gravitasi

Fujitora adalah seorang admiral bernama asli Issho, yang diperkenalkan pertama kali di Dressrosa Arc. Dalam One Piece, Fujitora digambarkan sebagai sosok seorang samurai buta.

Menariknya, penampilan Fujitora ini sangat mirip dengan karakter dari film Samurai lawas, lho! Tidak hanya itu, sifatnya juga mirip dengan karakter di film tersebut.

Hal ini membuat Fujitora sebagai karakter yang unik. Lebih simak 8 fakta mengenai Fujitora dari kontributor YODU berikut ini!

1. Nama Aliasnya Terinspirasi dari Legenda Momotaro

Arti nama Fujitora adalah Wisteria Tiger atau Harimau Wisteria.

Menariknya, kalau nama Fujitora disandingkan dengan Ryokugyu (yang memiliki arti banteng hijau dalam bahasa Jepang), keduanya membentuk jadi membentuk kata ushitora (banteng-harimau).

Dalam kosmologi Onmyodo atau mitologi Jepang, ushitora adalah kata yang menyimbolkan Ogre atau setan jahat.

Nah, Ogre adalah oni (atau iblis dalam bahasa Jepang) yang diceritakan dalam legenda Momotaro. Dalam legenda tersebut, diceritakan kalau Momotaro memiliki misi untuk membunuh Ogre untuk mengembalikan kedamaian.

2. Nama Aliasnya Menyesuaikan Warna Pakaiannya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Fujitora memiliki arti Harimau Wisteria.

Nah, Wisteria adalah nama bunga yang berwarna ungu. Namanya menyesuaikan warna pakaian Issho alias Fujitora, yaitu kimono berwarna ungu.

3. Alasan Oda Memberinya Nama “Fujitora”

Dalam kolom SBS, seorang fans bertanya kepada kreator One Piece, Eiichiro Oda.

Pertanyaannya adalah “mengapa memberi Issho diberi nama alias Fujitora (Harimau Wisteria), bukannya Murasakitora (Harimau Ungu) dengan kata warna sederhana layaknya admiral-admiral lain.”

Oda mengatakan, bahwa dia tidak suka dengan pengucapan Murasakitora atau Shitora (yang juga berarti Harimau Ungu). Akhirnya ia pun memutuskan untuk menamai alias Issho dengan Fujitora, karena terasa kedengaran lebih keren.

4. Desain Karakternya Terinspirasi dari Aktor Film Zatoichi

Desain karakter Fujitora terinspirasi dari aktor film lawas yang sudah meninggal, Shintaro Katsu. Lebih tepatnya, penampilannya mirip dengan karakter Zatoichi yang diperankan oleh Shintaro.

Banyak kemiripan antara Zatoichi dengan Fujitora, antara lain: keduanya membawa shikomizue (tongkat-pedang) untuk berjalan dan bertarung, keduanya juga merupakan samurai buta yang rendah hati tapi suka berjudi.

Selain itu, Fujitora dan Zatoichi juga punya kemiripan gaya bertarung. Mereka sama-sama mengandalkan iaijutsu, yaitu teknik menarik pedang cepat dari sarungnya.

5. Nama Jurus-Jurusnya Terinspirasi dari Judul Film Zatoichi

Berbicara mengenai pertarungan, ternyata nama teknik Fujitora memiliki diambil dari judul film-film Zatoichi juga, lho!

Jigoku no Tabiberasal dari Zatoichi Jigoku-Tabi(Zatoichi and the Chess Expert) yang dirilis pada tahun 1965.

Abare Hinamatsuri berasal dari Zatoichi Abare-hi Matsuri(Zatoichi Goes to the Fire Festival) yang dirilis pada tahun 1970.

6. Satu-Satunya Admiral yang Memakan Buah Iblis Tipe Paramecia

Berbeda dengan admiral lainnya yang memakan buah iblis tipe Logia, Fujitora adalah pemakan buah iblis tipe paramecia, Zushi Zushi no Mi.

Fujitora pun jadi satu-satunya admiral dalam One Piece menggunakan kekuatan buah iblis tipe Paramecia.

Zushi Zushi no Mi berasal dari padanan kata zushizushi yang merupakan onomatopoeia atau kata suara dari hentakan kaki, tepatnya suara hentakan kaki para pegulat sumo.

7. Kelemahan Buah Iblis Milik Fujitora

Kekuatan buah iblis Fujitora mengendalikan gravitasi.

Dengan Zushi Zushi no Mi, Fujitora bisa mengangkat dan menjatuhkan berbagai macam objek.

Berkat kekuatan Fujitora yang dahsyat, ia bisa mengangkat kapal perang besar dan juga menjatuhkan meteor. Selain kuat, Zushi Zushi no Mi juga cukup fleksibel karena bisa diarahkan ke berbagai arah, tidak hanya ke atas atau ke bawah.

Walaupun begitu, buah iblis ini tetap memiliki kelemahan. Salah satunya adalah, manipulasi gravitasi dapat digagalkan jika Fujitora diserang.

Hal ini terlihat ketika Zoro menggunakan serangan proyektil miliknya untuk melepaskan diri dari medan gravitasi Fujitora. Selain itu, orang berfisik kuat juga mampu menahan, bahkan melepas belenggu kekuatan gravitasi Fujitora.

8. Pedangnya Sebenarnya Memiliki Nama, Tapi…

Pedang Fujitora bukan sembarang pedang, melainkan sebuah Meito

Meito artinya adalah pedang yang telah diberi nama. Dalam dunia One Piece, pedang dengan nama akan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat jika dibandingkan dengan pedang tanpa nama.

Meskipun begitu, kekuatannya tetap tergantung dari kualitas pedangnya masing-masing.

Meskipun pedangnya adalah Meito, tetapi Fujitora belum pernah menyebut namanya sejauh ini.

Selain itu, level Meito milik Fujitora juga masih belum diketahui. Jadi … walau sudah sempat muncul, tapi kekuatan sesungguhnya dari seorang Fujitora sepertinya masih jadi misteri ya!

Walau tergolong antagonis, para admiral One Piece memang punya karismanya masing-masing.

Apakah kamu termasuk sebagai fans yang menyukai dan mengantisipasi kemunculan Fujitora nantinya? Share artikel ini dan tulisakn pendapatmu ya!

More Stories
5 Fakta Nusa PUBG MOBILE: Map Baru, Ukuran Kecil, Terinspirasi Indonesia!