5 Fakta Titan Shifter di Attack on Titan, Cuma Hidup 13 Tahun!

fakta titan shifter
Sumber: YouTube

(Update – 2 Februari 2022) – Dalam Attack on TItan, Titan merupakan makhluk raksasa tak berakal yang sangat berbahaya karena selalu mengincar manusia untuk dijadikan makanannya. Mereka sangat kuat dan tidak mengenal ampun. Para Titan ini bisa saja meluluhlantakkan satu kota hanya dalam semalam.

Lebih diperparah lagi, rupanya ada segelintir manusia yang bisa berubah menjadi Titan sesuka hati dan mereka dapat mengontrolnya. Manusia-manusia ini dikenal sebagai Titan Shifter.

Ada banyak sekali fakta mengenai Titan Shifter, tapi di kesempatan kali ini akan dijelaskan beberapa fakta yang paling menarik, atau mungkin belum kamu ketahui. Yuk intip!

1. Kekuatan Titan Shifter Terhubung dengan Founding Titan

frieda reiss dalam bentuk founding titan
Frieda Reiss dalam bentuk Founding Titan

Kekuatan para Titan Shifter berasal dari Ymir Fritz, sang Founding Titan, sehingga mereka selalu terhubung dengan .

Bahkan setelah lewat ribuan tahun pun dan dia sendiri sudah tewas, Ymir masih bisa mengetahui dan mengontrol kekuatan Titan Shifter dari sebuah alam tak kasat mata bernama Path.

Sebagai nenek moyangnya Titan, Ymir Fritz memiliki kuasa untuk mengatur kemampuan Titan Shifter, salah satunya seperti membuat Titan Shifter kembali menjadi manusia biasa.

Hal ini terjadi pada akhir cerita Attack on Titan, ketika Ymir Fritz melepaskan semua kekuatannya sehingga para Titan Shifter kembali menjadi manusia normal dan tak lagi dapat berubah menjadi Titan.

2. Titan Shifter Memiliki Memori Para Pendahulunya

eren yeager setelah mencium tangan historia
Memori Para Titan Shifter Terhubung, Contohnya pada Momen Eren Mencium Tangan Historia

Titan Shifter mampu membawa pikiran sehat dan memegang kendali ketika berubah menjadi Titan, sangat berbeda dengan Titan murni yang hanya bisa menghancurkan saja.

Namun yang lebih spesial dari Titan Shifter adalah mereka memiliki memori dari para Titan Shifter pendahulunya. Mereka mengetahui kehidupan hingga hal-hal yang dialami sang pendahulu, seperti kenyataan soal Titan yang sebenarnya.

Namun, kemampuan memori ini tidak sepenuhnya bisa diandalkan. Bagi Titan Shifter biasa, memori yang didapat dari pendahulunya sangat acak dan tidak jelas. Beda cerita dengan Founding Titan dengan darah bangsawan, dia mampu mengakses memori pendahulunya dengan mudah.

3. Titan Murni Tidak Bisa Kembali Menjadi Manusia, Kecuali…

pure titan

Pastinya kamu tahu kan, kalau Titan berasal dari manusia? Fakta ini adalah salah satu yang sangat mengerikan bagi orang-orang pulau Paradis.

Orang yang sudah berubah menjadi Titan tidak akan bisa kembali ke wujud manusia dan mereka akan selamanya menjadi makhluk raksasa tak berakal tersebut.

Namun, ada satu cara yang bisa membuat Titan murni kembali menjadi manusia lagi, yaitu mereka harus memakan Titan Shifter dan mewarisi kekuatannya. Eren dapat berubah menjadi Attack Titan setelah dia memakan ayahnya, Grisha Yaeger.

4. Punya Kekuatan Spesial

armored titan
Contoh kekuatan spesial Armored Titan, yaitu kulit keras yang sulit dihancurkan

Diluar bisa berubah jadi Titan yang dapat meluluhlantakkan kota dengan mudah, Titan Shifter juga memiliki kemampuan uniknya masing-masing.

Ambil contoh seperti Armored Titan yang sekujur tubuhnya memiliki daging keras seperti baju zirah, begitu juga dengan Colossal Titan dengan tubuhnya sangat besar melampaui gedung bertingkat.

Selain kemampuan khusus, Titan Shifter juga memiliki beberapa kekuatan yang sama. Paling umum adalah mereka punya kemampuan regenerasi tubuh yang cepat, bahkan bagian tubuh yang hancur bisa tumbuh kembali ke sedia kala.

5. Masa Hidup Titan Shifter Terbatas

eren yeager dan eren kruger

Banyak yang mengatakan kalau kekuatan untuk berubah jadi Titan ini merupakan sebuah kutukan. Hal ini memang benar karena setiap Titan Shifter hanya punya umur hidup selama 13 tahun setelah menerima kemampuan tersebut.

Ketika berada di ujung hidupnya, tubuh mereka menua dengan cepat dan rentan terkena penyakit. Eren Kruger, Uri Reiss dan Tom Ksaver melalui momen ini sebelum akhirnya tewas dimakan Titan lain.

Kutukan 13 tahun berawal dari Ymir Fritz. Setelah mendapat kekuatan Titan, dia hidup selama 13 tahun sebagai selir raja Fritz sebelum akhirnya meninggal akibat melindung rajanya.

Itu dia beberapa fakta menarik tentang Titan Shifter. Kira-kira fakta apa lagi yang bisa diungkap dari Titan Shifter ini ya? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar.

More Stories
Mobile Legends Skin KOF
Mobile Legends: Bang Bang Rilis Skin Baru KOF ‘97, Koleksi Skinnya Sekarang!