10 Game PS1 Genre Action Adventure Terbaik, Seru dan Penuh Nostalgia!

Playstation 1 merupakan salah satu konsol terbaik sepanjang masa menurut khalayak banyak. Banyak yang mengatakan kalau perilisan konsol dari Sony tersebut merupakan dimulainya era keemasan dari industri gaming secara luas.

Banyak sekali judul-judul keren dan menarik memulai debutnya di dalam Playstation 1 mulai dari Parasite Eve, Crash Team Racing (CTR), Spyro, dan juga serial Xeno yang dimulai dengan Xenogears. Dari sekian banyak judul tersebut, ada sepuluh game dengan genre action adventure yang menurut kami menyondong gelar terbaik.

Apa saja game tersebut? Berikut judul-judul action adventure terbaik yang ada di dalam konsol Playstation 1:

10. Tail Concerto

Kita akan mulai dengan judul yang mungkin agak sedikit asing di telinga beberapa gamer Indonesia. Tail Concerto merupakan game action adventure 3 dimensi yang dikembangkan oleh CyberConnect dan dipubilkasikan oleh Bandai.

Game ini berceritakan tentang Kerajaan Prairie yang dihuni oleh kucing dan anjing yang hidup layaknya manusia. Kalian akan mengendalikan Waffle, seorang polisi dari ras anjing yang menginvestigasi komplotan kriminal, Black Cat. Oh, dan kalian akan menggunakan robot di dalam game ini.

9. Tenchu: Stealth Assassins

Selanjutnya di peringkat 9 ada Tenchu: Stealth Assassins. Rikimaru dan Ayame merupakan protagonis dari serial ini dan kalian akan memerankan salah satu dari kedua ninja dari klan Azuma tersebut.

Kedua karakter tersebut mempunyai stage yang sama namun memiliki cerita berbeda. Selain itu, keduanya mempunyai gaya bermain yang cukup berbeda satu dengan yang lain. Rikimaru yang berbekal pedang ninja akan lebih kuat namun lambat, sedangkan Ayame dengan dua pisau kecil akan lebih cepat dengan kombo beragam.

8. Fear Effect

Fear Effect merupakan salah satu judul yang underrated dibandingkan dengan kualitas dari game tersebut. Game yang diterbitkan oleh Eidos ini bisa dibilang sebagai salah satu pionir yang menggunakan grafis 3 dimensi.

Berceritakan tentang tiga tentara bayaran, Hana, Deke, dan Glas yang ingin “menculik”** Wee Ming**, anak perempuan dari pemimpin komplotan kriminal Hong Kong. Story yang berat, gameplay yang menarik merupakan kunci dari keberhasilan Fear Effect.

7. MediEvil

Jika kalian sering melihat sesosok tengkorak dengan kepala ceper yang memegang pedang maka judul inilah yang memulai debut dari sosok tersebut. MediEvil adalah game action adventure yang dikembangkan oleh SCE Cambridge (sekarang Guerilla Cambridge) dari Sony.

Game ini bercerita tentang Sir Daniel Fortesque, sosok yang tidak sengaja dihidupkan kembali oleh sang antagonis, Zarok. Dan harus membuktikan kalau dirinya bisa menjadi pahlawan sesungguhnya. Dengan gameplay hack-n-slash yang solid serta cerita yang menarik, MediEvil menjadi salah satu game paling ikonis dan sudah mendapat remake untuk konsol Playstation 4!

6. Resident Evil 2

Iya, kami sedikit curang dalam hal ini karena kebanyakan orang mengategorikan Resident Evil mayoritas sebagai horror. Tapi tidak bisa disangkal kalau terdapat elemen action adventure pada serial ini. Kami secara spesifik mengatakan Resident Evil 2 adalah yang terbaik dibandingkan judul lainnya yang rilis di Playstation 1 dalam seri legendaris ini.

Seri kedua ini sangat fenomenal, sampai-sampai dibuat remake yang tidak kalah keren di konsol PlayStation 4, PC, dan juga Xbox One. Saking terkenalnya, tidak sedikit pula yang mengatakan kalau Resident Evil 2 merupakan seri Resident Evil terbaik sepanjang masa.

5. Alundra

Game ini adalah salah satu action adventure terbaik pada masanya. Alundra dengan grafis 2d yang indah memukau para pemain dengan gameplay keren dan ceritanya yang tergolong gelap pada masanya.

Alundra (sang protagonis), bersama karakter yang dikendalikan pemain, merupakan seorang elf dari klan Elna yang bekerja sama dengan Meia untuk menghancurkan Melzas, sang iblis yang bangkit setelah segel miliknya lepas.

4. Legacy of Kain: Soul Reaver

Judul ini penuh kontroversi karena pengembangannya dibumbui dengan perseteruan hukum antara Crystal Dynamics (pengembang Legacy of Kain: Soul Reaver) dan juga Silicon Knights (pengembang Blood Omen: Legacy of Kain).

Legacy of Kain: Soul Reaver menceritakan tentang Raziel yang berusaha untuk membalas dendam ke Kain (protagonis dari serial Legacy of Kain). Soul Reaver menggabungkan grafis 3D yang memukau pada masanya dengan cerita kelam dan menarik.

3. Spider-Man

Serial legendaris dari karakter terpopuler semesta Marvel ini juga melahirkan game action adventure yang sangat keren. Spider-Man merupakan cikal bakal dari game-game superhero modern karena dalam game ini kalian bisa bebas menjelajahi kota-kota secara bebas.

Meski masih termasuk linear, Spider-Man berhasil menciptakan sensasi permainan open world yang tidak terbatas. Pergerakan yang luwes serta cepat membuat kalian merasa seperti bermain sebagai sang superhero.

2. Tomb Raider

Judul pertama yang menjadi pondasi dari salah satu serial game terbesar saat ini. Tomb Raider menceritakan tentang Lara Croft, sang arkeolog sekaligus petualang. Lara akan menjelajahi 4 area mulai dari Peru hingga ke Atlantis.

Tomb Raider juga menggunakan grafis 3d yang cukup rapi pada masanya dan juga gameplay yang menggabungkan action adventure dengan bumbu platforming yang seru dan berbeda.

1. Metal Gear Solid

Dan gelar game action adventure terbaik menurut kami jatuh pada Metal Gear Solid! Judul fenomenal dari Hideo Kojima ini sudah melahirkan banyak sekuel dan spin off yang tidak kalah kerennya.

Metal Gear Solid menggabungkan action adventure yang solid dengan stealth dan dibumbui cerita penuh intrik dan twist untuk menciptakan sebuah mahakarya yang masih berkesan setelah 20 tahun lebih lamanya.

Itulah 10 game action adventure Playstation 1 terbaik versi kami. Apakah kalian setuju? Judul manakah yang menurut kalian bisa menyandang gelar terbaik?

More Stories
Promo Agustus YODU: Promo Merdeka! Bebas Top-Up Games Favorit