Nvidia Umumkan GeForce RTX 3080 Ti, Berapa Harganya?

Nvidia baru saja mengumumkan Graphics Processing Unit (GPU) terbarunya pada hari ini. GPU tersebut adalah GeForce RTX 3080 Ti, sebuah GPU yang dikhususkan untuk gaming dan menggunakan arsitektur Ampere terbaru milik Nvidia.

Apa yang membuat GeForce RTX 3080 Ti istimewa? Mengutip dari The Verge, GeForce RTX 3080 Ti menjanjikan performa yang 1,5 kali lebih cepat dari RTX 2080 Ti. GPU baru dari Nvidia ini dikabarkan akan tersedia di seluruh dunia pada 3 Juni 2021 dengan harga US$1.199 (sekitar Rp17 juta).

RTX 3080 Ti memiliki rancangan yang hampir sama persis dengan RTX 3080 hanya saja jumlah VRAM yang ditawarkan dan tenaga pemrosesannya berbeda. 

Di atas kertas, RTX 3080 Ti punya tenaga memroses grafis yang hampir setara dengan RTX 3090. Walau punya kemampuan memroses grafis yang tinggi, satu hal yang mungkin akan jadi kelemahan bagi RTX 3080 Ti adalah sistem pendinginnya.

RTX 3090 memiliki punya ukuran yang lebih bongsor karena sistem pendinginnya. Sementara pada sisi lain, RTX 3080 Ti masih menggunakan rancangan dan sistem pendingin RTX 3080 walau performanya hampir mendekati RTX 3090. Kondisi tersebut memunculkan prasangka bahwa RTX 3080 Ti mungkin akan jadi lebih mudah panas.

Untuk kamu yang memang seorang geek dalam hal perakitan komputer, berikut beberapa perbandingan RTX 3080 Ti dengan saudara dekatnya.

Sumber Gambar – The Verge

GPU ini disebut sebagai kartu grafis untuk gaming karena menyikapi hype cryptocurrency yang terjadi belakangan.

Sebagai bentuk respon dari kejadian tersebut, Nvidia pun melakukan nerf terhadap kemampuan kartu grafisnya untuk melakukan mining cryptocurrency.

Hal tersebut juga terjadi pada RTX 3080 Ti. Oleh karena itu, ada kemungkinan harga GPU ini akan cenderung lebih stabil ketimbang pendahulunya.

Nvidia dikabarkan akan meluncurkan produk baru lainnya pekan depan. Produk baru tersebut adalah RTX 3070 Ti yang menawarkan performa hingga 1,5 kali lebih kuat ketimbang RTX 3070 Super dan akan ditawarkan dengan harga US$599 (sekitar Rp8,5 juta).

Hingga saat ini, dunia perakitan PC masih dilanda masalah kelangkaan chip secara internasional. Kelangkaan tersebut tidak hanya membuat harga kartu grafis menjadi mahal, tetap juga membuat kartu grafis jadi sulit didapatkan. 

Jadi, walaupun Nvidia bilang RTX 3080 Ti tersedia 3 Juni mendatang, kita sepertinya tidak bisa berharap terlalu tinggi untuk bisa memiliki kartu grafis tersebut.

More Stories
Hero Counter Kaja MLBB
Hero Counter Kaja Mobile Legends Paling Mantul dari Bang Otat