Lokapala di PON XX Papua 2021 Jadi Momentum Kebangkitan Developer Game Lokal

Pertandingan PON XX Papua 2021 memang telah usai digelar. Walaupun begitu, pertandingan itu sendiri terbilang tetap jadi satu tonggak sejarah yang patut dikenang bagi ekosistem esports di Indonesia.

Satu penyebabnya adalah karena pertandingan itu jadi kali pertama festival olahraga multi-event tingkat nasional mempertandingkan esports. Hal lain yang membuat event tersebut patut dikenang adalah karena esports di PON XX Papua 2021 juga jadi momen kebangkitan bagi kreator game lokal.

Momen itu terbentuk gara-gara kehadiran Lokapala sebagai game lokal yang dipertandingkan dalam pertandingan persahabatan esports di PON XX Papua 2021.

Kami berharap, dengan diselenggarakannya pertandingan persahabtan ini (Lokapala) di PON XX Papua, dapat mendorong bangkitnya industri pengembangan game tanah air.”, ujar Dedi Suherman-CEO Melon Indonesia selaku publisher Lokapala.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhamad Fajrin Rasyid juga menyampaikan:

“Dengan berkembangnya industri eSports di Indonesia, saya berharap masyarakat tidak hanya menjadi konsumen saja. Kita bersama juga akan mendorong para kreator game lokal untuk bisa menciptakan game yang berpotensi untuk mendunia.”

Hasil Pertandingan Esports Lokapala di PON XX Papua 2021

Pertandingan esports Lokapala di PON XX Papua 2021 sendiri dilaksanakan secara offline dengan prokes yang ketat.

Pertandingan disiarkan secara langsung di channel YouTube PBESI, UPoint.id dan NimoTV.

Lokapala dipertandingkan pada tanggal 22 September 2021 untuk babak semifinal.

Jalannya kompetisi berlanjut pada tanggal 23 September 2021 untuk pertandingan Bronze Match dan 25 September untuk babak final.

Memperebutkan total hadiah sebesar 180 Juta Rupiah. Berikut adalah pemenang serta hadiah yang didapatkan di pertandingan persahabatan gim Lokapala di PON XX Papua:

  • Juara 1 = Jeet Esports – 100 Juta + Piala
  • Juara 2 = Dewa United – 50 Juta
  • Juara 3 = Capital Esports – 20 Juta
  • Juara 4 = Pasopati Esports – 10 Juta

Esports di PON XX Papua 2021 Menunjukkan Peta Kekuatan Player Esports Merata Hampir ke Seluruh Indonesia

Saat penutupan acara eksibisi esports PON XX Papua 2021, Bapak Frengky Ong, selaku Ketua Pengarah dan Sekjen PB Esports Indonesia menyampaika:

“Sejak eksibisi esports PON XX Papua dibuka pada tanggal 21 September lalu, kita telah telah menyaksikan kehebatan 188 atlet yang bertanding dalam penuh strategi dan kecerdasan para atlet. Para tim telah bermain dalam penuh sportifitas sesuai dengan janji atlet yang telah diserukan.”

“Menarik untuk kami sampaikan, kemampuan para atlet dari semua daerah yang terlihat merata ini menjadi sumber daya potensial yang menjanjikan untuk kemajuan prestasi esports di masa yang akan datang. Penampilan seluruh atlet di babak pertama eksibisi PON XX Papua 2021 pantas untuk mendapatkan pujian dan applause semeriah-meriahnya.” Tambahnya.

Menarik sekali ya melihat esports di PON XX Papua 2021 kemarin. Semoga saja Lokapala bisa semakin baik kualitas game-nya dan menjadi game pilihan para gamers di Indonesia.

Selain itu, semoga juga prestasi player esports di Indonesia bisa terus membumbung tinggi di masa depan!

More Stories
PKCL Twins, Perpaduan NFT dan Dress-Up Game dari Jepang Dirilis Resmi Hari Ini!