Banyak Plot Twist? 5 Alasan Hunter x Hunter Jadi Salah Satu Anime Lawas Terbaik

Hunter x Hunter atau biasa disingkat HxH adalah seri anime lawas yang pertama kali rilis tahun 1999.

Saking populernya, anime genre shounen ini kembali digarap dengan artwork yang lebih ciamik di tahun 2011. Namun sayangnya, pengerjaan anime manga Hunter x Hunter berhenti di November 2018.

Penggemar pun menanti dengan cemas selama masa hiatus ini sebab sang mangaka, Togashi Yoshihiro mengalami gangguan kesehatan. Setelah empat tahun vakum, akhirnya berhembus kabar baik yang menyebutkan bahwa manga Hunter x Hunter kembali dilanjutkan tahun ini.

Tentunya hal ini membuat penggemar kembali antusias. Soalnya Hunter x Hunter adalah salah satu anime manga lawas terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

Tapi, memangnya kenapa sih Hunter x Hunter begitu populer? Simak opini pembahasan kontributor YODU berikut ini ya.

1. Setiap Tokoh Memiliki Karakter yang Kuat dan Seimbang

Penggemar mestinya menyadari bahwa setiap tokoh yang ada di dalam serial anime manga Hunter x Hunter memiliki karakter yang kuat.

Tak hanya tokoh utama yang menonjol, namun tokoh pendukung juga meninggalkan kesan yang membuat penonton terus mengingatnya.

Misalnya saja tokoh pendukung Satotz sang penguji di Ujian Hunter, Razor yang jadi Grandmaster di Greed Island, Kite, dan masih banyak lagi.

Walau hanya muncul sebentar, penggemar dapat mengingat mereka dengan baik. Selain itu, setiap tokoh diciptakan dengan kekuatan dan kepribadian yang seimbang.

Tokoh antagonis tak selamanya memiliki karakter jahat, sebaliknya tokoh protagonist tak selalu baik. Contohnya Genei Ryodan alias Phantom Troupe, kelompok perompak terkejam yang menyelamatkan Meteor City setelah dikuasai Semut Chimera.

Kasus lain, Gon sang tokoh utama yang ternyata tak mau tahu tentang ibu kandungnya. Sekilas tindakan itu membuatnya dicap sebagai anak durhaka.

Namun kalau dipikir-pikir, hal ini cukup masuk akal sebab sejak kecil Gon dirawat dan dibesarkan oleh bibinya, Mito. Kemunculan Hisoka juga membuat penggemar semakin penasaran dan ‘terusik’ menentukan apakah dia tokoh baik atau jahat.

2. Perkembangan Karakter yang Masuk Akal

Salah satu alasan terkuat kenapa Hunter x Hunter sangat disukai penonton, karena perkembangan karakternya sangat masuk akal.

Sang tokoh utama tak lantas berubah menjadi sakti mandraguna dalam waktu singkat hanya karena motivasi. Ada proses latihan berat yang ditempuh selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Gon, Killua, Kurapika, dan Leorio memang digambarkan sebagai remaja yang punya kemampuan di atas rata-rata. Namun ukuran kekuatan mereka tetap tak sebanding dengan hunter profesional yang sudah dewasa, sehingga mereka harus menempuh latihan berat untuk menjadi kuat.

3. Fenomena dan Kekuatan yang Cukup Logis

Hunter memiliki kemampuan khusus yang sekilas terlihat seperti sihir. Namun nyatanya, dalam dunia Hunter x Hunter hal ini dijelaskan dengan logis.

Bahkan ‘nen’ atau aura kehidupan ini dijabarkan dengan sangat detail sehingga kalian sendiri pun mungkin bisa melatihnya. Selain itu, dalam anime manga ini fenomena Semut Chimera juga dijelaskan secara sains.

4. Cerita dan Suasana Terus Dibangun

Jika diperhatikan, kalian akan menemukan banyak sekali dialog dalam serial Hunter x Hunter. Entah itu mengenai karakter, kekuatan, analisa, bahkan situasi.

Penggemar pun bisa mendapatkan sudut pandang lain saat menyaksikan serial anime manga satu ini.

Hunter x Hunter adalah anime manga yang memberikan penjelasan detail bahkan sampai ke inti cerita dan suasananya.

Sang creator juga tampaknya tak ingin penggemar melewatkan momen begitu saja. Alhasil suasana tak hanya dibangun melalui audio dan visual, tapi juga lewat narasi dan deskripsi.

5. Plot Twist yang Tak Pernah Gagal

Anime manga Hunter x Hunter tentunya tak lupa memberikan bumbu plot twist yang membuat cerita semakin menarik dan menegangkan. Plot twist dalam serial ini tergolong enggak memaksa dan alami.

Pada awal cerita penonton akan mengira bahwa Mito adalah ibu Gon. Apalagi keduanya memiliki perawakan yang mirip. Tapi ternyata tidak, Mito adalah sepupu Ging, ayah Gon.

Plot twist yang lebih menarik adalah saat pertempuran Phantom Troupe melawan organisasi mafia yang mempekerjakan Zeno Zoldyck dan Silva Zoldyck. Kedua assassin profesional ini ditugaskan untuk membunuh pemimpin Phantom Troupe, Chrollo Lucifer.

Pemimpin Phantom Troupe terpojok dan hampir terbunuh oleh Zeno. Sayangnya pertempuran harus terhenti karena pemimpin organisasi, 10 Don Mafia tewas. Siapa yang sangka bahwa ternyata mereka dibunuh oleh Illumi Zoldyck yang disewa oleh Chrollo.

Hal yang paling epik adalah misi penyerangan Semut Chimera yang bertujuan untuk membunuh sang raja.

Penggemar bersorak gembira karena melihat sosok Zeno Zoldyck dan Netero berdampingan menghujani istana dengan serangan. Tak ada yang menduga bahwa kakek assassin yang tak pernah pensiun ini akan ikut bertempur di sisi Hunter.

Mulai dari perkembangan karakter hinggal plot twist-nya, itulah tadi beberapa alasan Hunter x Hunter jadi salah satu manga terbaik. Saat ini manga Hunter x Hunter masih dalam tahap awal pengerjaan setelah empat tahun hiatus.

Semoga sang mangaka tetap diberi kesehatan agar penggemar bisa menyaksikan akhir dari kisah perjalanan Gon dan kawan-kawan yaa.

More Stories
7 Fakta Jugram Haschwalth Bleach: Sumber Kelemahan Sang Raja Quincy?