5 Kolaborasi Game dan K-pop Paling Hype: Sampai Bikin Konser Virtual!

Kolaborasi antara sebuah game dengan sesuatu brand mungkin menjadi hal baru belakangan ini.

Fortnite bisa dibilang jadi pelopor, yang akhirnya jejaknya diikuti oleh game lain seperti League of Legends, PUBG MOBILE, Free Fire, dan game lainnya.

Dari berbagai macam kolaborasi yang terjadi, kerja sama dengan grup idol K-pop menjadi salah satu yang menarik; disambut antusias oleh para fans sehingga dilakukan oleh beberapa game.

Walau game mungkin dekat dengan kehidupan para penggemar K-pop, tapi momen kolaborasi ini jadi sesuatu yang langka sehingga bikin nge-hype di antara penggemar game dan K-pop sendiri.

Memangnya apa saja sih kolaborasi game dan K-pop yang paling hype? Simak pembahasan berikut ini dari 5 kolaborasi apik yang pernah terjadi:

1. Free Fire x BTS

Free Fire x BTS adalah kolaborasi terbaru yang dirilis pada tahun 2022.

Menurut penggemar, ini merupakan kerja sama paling memuaskan sebab Free Fire mewujudkan nuansa serba BTS yang enggak tanggung-tanggung.

Mulai dari tampilan lobby dan interface serba ungu, lagu “Idol” yang menjadi backsound lobby, desain khas BTS pada aircraft, pesawat, serta vending machine.

Tak hanya itu, Free Fire juga merilis bundle skin yang dirancang langsung oleh para member BTS.

RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook bebas menggunakan kreativitas untuk menciptakan kostum yang super keren, unik, juga aneh.

Tak lupa, pengembang juga mengadakan event in-game dengan berbagai hadiah item tema BTS yang bisa didapatkan oleh pemain. Dengan demikian, penggemar dari berbagai kalangan bisa juga mengoleksi item spesial edisi BTS.

Pokoknya, kolaborasi FF x BTS ini jadi nge-hype banget deh!

2. PUBG Mobile x Blackpink

PUBG Mobile dan Blackpink pertama kali mengumumkan kolaborasi pada tahun 2020.

Pemberitahuan ini dirilis setelah Jennie, Lisa, JIsoo, dan Rose comeback dengan lagu “How Do You Like That”. PUBG Mobile mengadakan event spesial bertajuk ‘Blackpink in Your Area’.

Kemudian di 2022 pengembang kembali merilis konten terbaru dengan girl group yang sama. Kolaborasi PUBG Mobile dan Blackpink adalah salah satu konten yang paling meledak di tahun ini.

Pasalnya, pengembang merilis music video Blackpink dengan nuansa PUBG Mobile yang dikemas dengan teknologi 3D.

Visual 3D Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rose dalam video bertajuk ‘Ready For Love’ langsung membuat penggemar jatuh hati.

Tak tanggung lagi, PUBG Mobile juga mengumumkan konser virtual in-game Blackpink yang bisa dihadiri penggemar di seluruh dunia.

Selain itu, PUBG Mobile juga turut merilis skin permanen Blackpink, voice pack, serta skin senjata bertema Ready for Love.

3. League of Legends K/DA x G-Idle

K/DA adalah idol grup virtual yang diciptakan oleh Riot Games untuk menarik perhatian khalayak umum kepada game League of Legends.

Girl group yang terdiri karakter Champion perempuan di League of Legends yaitu Ahri, Akali, Evelyn, dan Kai’sa. K/DA debut pada tanggal 3 November 2018, hingga kini K/DA memiliki basis fandom yang cukup kuat bernama BLADES.

Meskipun sosoknya virtual, vokal para membernya diisi oleh girl band K-Pop sungguhan yang bernama G-Idle.

Selain grup idol asal Korea ini ada Jaira Burns, Madison Beer, Bea Miller, dan Wolftyla yang juga ikut mengisi suara K/DA di era yang sebelumnya. Jajaran penyanyi tersebut pernah membuat K/DA naik daun dengan lagu ‘POP/STAR’, ‘MORE’ dan’ ‘The Baddest’

4. Fortnite x BTS

Setelah merilis single ‘Dynamite’, BTS melakukan kolaborasi dengan game Fortnite pada September 2020. Epic Games selaku pengembang mengadakan event spesial dengan tajuk ‘Light It Up Like Dynamite’.

Dalam event kolaborasi Fortnite ini, pemain bisa membeli emote cosmetic “It’s Dynamite” dan “I’m Diamond” di Item shop.

Emote ini membuat karakter bergerak sesuai dengan dance lagu Dynamite yang dibawakan oleh BTS.

Selain itu, pengembang mengadakan virtual party yang bisa dihadiri oleh pemain di seluruh dunia.

Sederhananya, maksud virtual party adalah BTS mengadakan show di dalam game Fortnite. Pemain bisa menghadiri mini concert tersebut dengan cara menghadiri Main Stage yang sudah disediakan.

Keren banget ya!

Tentu saja penggemar menyambut event ini dengan suka cita. Apalagi, sudah bukan rahasia lagi, bahwa RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook juga merupakan sosok gamers yang hobi bermain game di waktu senggang.

https://cdn2.unrealengine.com/keeperdreamchorus-088464530.mp4
https://cdn2.unrealengine.com/btshook-1080-088464525.mp4

5. League of Legends K/DA x TWICE

Setelah dua tahun berlangsung, girl group virtual beranggotakan Ahri, Akali, Evelyn, dan Kai’sa comeback.

K/DA memasuki era baru dengan pengisi suara yang baru. Kali ini Riot Games merekrut TWICE untuk menggantikan G-Idle di comeback K/DA tahun 2020.

Selain itu, Bekuh Boom dan Annika Wells juga turut ikut serta mengisi suara personil K/DA.

Pihak Riot Games juga mengklaim, bahwa memang semua penyanyi wanita di seluruh dunia bisa mengisi suara K/DA. Namun, mengingat tingginya antusiasme dunia terhadap K-pop, maka Riot Games pun tetap mempertahankan unsur tersebut dalam grupnya.

Penggemar menyambut keterlibatan TWICE dalam K/DA dengan positif dan bikin hype, baik terhadap penggemar LoL atau penyuka TWICE.

Tapi tentu saja, sensasi yang dirasakan pendengar jadi berbeda, dari segi genre musik, vokal, hingga kualitas grafis visual yang lebih baik.

Bagaimana dengan kalian, teman-teman? Apakah kalian tim K/DA 2018 atau K/DA 2020? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya.

Kolaborasi group idol K-pop dengan game memang sangat jarang terjadi. Tapi, harus diakui bahwa semua konten kerja sama ini sukses merebut hati penggemar.

Manakah kolaborasi yang jadi favorit kalian? Free Fire dengan BTS? PUBG MOBILE dengan Blackpink? atau yang lainnya? Share artikel ini dan tuliskan pendapatmu ya!

More Stories
wallpaper free fire weapon attachment
Guide Weapon Attachment Free Fire: Bikin Senapan Makin Sakit dan Akurat!