7 Komik Crossover Marvel dan DC Seru yang Wajib Kamu Baca!

Mulai dari Spider-Man melawan Superman sampai ada Spider-Man bekerja sama dengan Batman!

Pertarungan superhero atau supervillain dari dua semesta yang berbeda selalu menarik untuk dibayangkan. Bagaimana jadinya jika Marvel dan DC, bertemu dan bahkan sampai bertarung satu sama lain untuk menjawab pertanyaan fans mengenai siapa yang terkuat di antara keduanya.

Apakah Superman bisa menang melawan Thor? Ataukah Captain America lebih kuat daripada Batman?

Pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para fans tersebut pun bukannya tanpa jawaban. Pasalnya, Marvel dan DC sudah berkali-kali mempertemukan karakter mereka melalui komik crossover yang mereka kerjakan bersama.

Ada cukup banyak komik crossoverMarvel dan DC yang telah beredar hingga saat ini. Nah, bagi kamu yang bingung ingin mulai dari mana atau komik apa saja yang menarik untuk dibaca, kamu bisa mulai membaca dari 7 komik crossoverMarvel dan DC paling seru ini!

1. Marvel vs DC

Marvel dan DC memutuskan untuk memberi fans sesuatu yang spesial di tahun 90-an dengan mengeluarkan komik yang menceritakan pertarungan antar semesta Marvel dan DC.

Konflik dalam komik crossover Marvel dan DC ini memiliki taruhan yang besar: semesta yang menang akan diperbolehkan melanjutkan kehidupan mereka sementara semesta yang kalah akan dihancurkan selamanya.

Banyak pertarungan menarik yang disajikan, mulai dari Hulk vs Superman, Captain America vs Batman, hingga yang tidak seimbang seperti Spider-Man vs Superboy dan Wonder Woman vs Storm.

Meskipun menarik, tetapi bisa dibilang komik ini cukup kontroversi karena kemenangan karakternya ditentukan oleh polling suara fans. Meskipun begitu, secara keseluruhan komik ini cukup memuaskan kedua belah pihak fans.

2. JLA/Avengers

Menurut pendapat saya pribadi, ini adalah komik crossoverMarvel dan DC paling menarik bagi fans kedua seri komik tersebut.

Komik ini menceritakan kedua tim superhero yang secara tidak sadar diadu oleh Krona dan Grandmaster untuk saling berebut artifak terkuat dari masing-masing semesta: Spear of Destiny di semesta DC dan Infinity Gauntlet di semesta Marvel.

Sangat menarik melihat interaksi para superhero ini, seperti misalnya Iron Man yang kagum dengan cincin Green Lantern dan mengatakan kalau cincin tersebut memiliki energi yang bisa menghidupi satu kota New York, atau ketika Quicksilver kesal karena mengetahui ada individu yang lebih cepat dari dirinya: The Flash.

Belum lagi pertarungan antara Superman melawan Thor atau Batman melawan Captain America. Hingga puncaknya, kedua belah tim bersatu untuk mengalahkan musuh yang sama.

3. Batman & Spider-Man: New Age Dawning

Sebenarnya komik ini merupakan kerja sama kedua antara Batman dan Spider-Man setelah keduanya berhasil mengalahkan Carnage dan Joker.

Kali ini mereka menghadapi Kingpin dan Ra’s Al Ghul. Kingpin dan Ra’s Al Ghul hendak bekerja sama menyelundupkan barang misterius di New York dengan bantuan anaknya, Talia Al Ghul.

Batman dan Spider-Man yang mengetahui hal tersebut pun setuju untuk bekerja sama menghentikan dua supervillain tersebut. Cerita crossover yang satu ini sangat menarik karena penuh dengan aksi dan drama yang seru.

Belum lagi interaksi antara batman dan Spider-Man serta Ra’s, Talia, dan Fisk yang sangat akurat sesuai dengan karakter dari komik asal mereka masing-masing. Bagi kamu fans Spider-Man dan Batman, komik Batman & Spider-Man: New Age Dawning ini jangan sampai kamu lewatkan!

4. Superman vs The Amazing Spider-Man

Crossover besar pertama antara karakter paling populer dari Marvel dan DC pada masanya. Kemunculan antara Superman dan Spider-Man di tahun 1976 dalam komik yang berjudul Superman vs Spider-Manmerupakan impian para fans komik yang menjadi nyata.

Ceritanya sendiri standar: kedua superhero bertemu dan berkelahi satu sama lain karena kesalahpahaman. Lantas, bagaimana bisa Spider-Man menandingi Superman yang jelas-jelas ada perbedaan kekuatan di antara mereka?

Rupanya Lex Luthor memberi Spider-Man radiasi Red Sun sehingga menurunkan kekuatan Superman dan keduanya bisa bertarung seimbang. Lex Luthor sendiri bekerja sama dengan Doc Ock sampai pada akhirnya Doc Ock berpihak pada Superman dan Spider-Man menyadari bahwa rencana Luthor sangatlah jahat.

5. Amalgam Comics

Bagaimana jadinya jika Marvel dan DC berkolaborasi menyatukan karakter-karakter mereka? Amalgam Comics adalah jawabannya. Komik yang satu ini penuh dengan karakter-karakter gabungan dari kedua belah raksasa komik Amerika Serikat.

Karakter yang dihasilkan juga cukup keren, seperti di antaranya: Doctor StrangeFate gabungan antara Doctor Strange dan Doctor Fate; Super Soldier kombinasi antara Superman dan Captain Amerika; Dark Claw gabungan antara Batman dan Wolverine; dan Speed Demon perpaduan The Flash dan Ghost Rider.

6. The Uncanny X-Men and the Teen Titans

Baik X-Men dan Teen Titans adalah tim super paling populer pada tahun 80-an. Saat berada di puncak popularitas tersebut, munculah komik crossover keduanya: The X-Men/Teen Titans. Komik ini dianggap sebagai salah satu komik crossover Marvel dan DC terbaik yang pernah dibuat. Komik ini menceritakan bagaimana Darkseid berusaha untuk mendapatkan kekuatan tak terbatas The Phoenix.

Banyak hal menarik yang terjadi di dalam komik ini, seperti Wolverine melawan Deathstroke, atau Kitty Pride dan Beast Boy yang saling jatuh cinta, hingga bertemunya Darkseid dengan The Phoenix!

7. Galactus vs Darkseid: The Hunger

Crossover terakhir ini menarik. Biasanya Marvel dan DC fokus pada superhero milik mereka masing-masing. Kali ini mereka fokus pada dua supervillain terkuat, terbesar, dan paling berbahaya milik mereka: Galactus dan Darkseid.

Tidak hanya itu, dua karakter populer dari masing-masing komik juga muncul dalam crossover ini: Silver Surfer an Orion. Kisah yang ditawarkan dalam crossover yang berjudul Galactus vs Darkesid: The Hunger ini cukup menarik.

Diceritakan bahwa Galactus mengalami kelaparan yang sangat tak tertahankan dan dia memilih Apokolips—planet tempat tinggal Darkesid—sebagai target untuk dimakan.

Wah menarik-menarik sekali yah ceritanya. Apakah kamu jadi penasaran ingin membacanya atau justru sudah tahu ceritanya? Share artikel ini dan tulis pendapatmu soal hal tersebut ya!

More Stories
Promo Yodu untuk para pengguna premium Desember 2022.
Top Up Spesial di YODU Premium, Dapetin Diskon Asyik hingga 50%