M4 MLBB World Championship Berakhir, Intip Semua Keseruannya!

M4 MLBB World Championship

Berakhir dengan kemenangan tim ECHO Esports, M4 MLBB World Championship telah resmi berakhir.

Kejuaraan dunia dengan slogan “Dare To Be Great” dan “Saatny4 Indonesia” dari game MOBA populer Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) yang diselenggarakan di Indonesia ini sukses membawa suatu kemeriahan untuk industri esports di tanah air.

M4 World Championship telah mencapai rating tertinggi baru sebesar 4,26 juta pada 11 Januari 2023, tepatnya ketika laga tim RRQ Hoshi melawan Blacklist International, dengan jumlah penonton tertinggi berasal dari Indonesia sebesar 2,6 juta.

Kejuaraan dunia ini juga telah menjadi ajang esports terpopuler ketiga sepanjang masa, mengalahkan penonton IESF World Championship 2022, Arena of Valor Premier League 2022, dan PUBG Mobile Global Championship 2022, menurut Esports Charts.

Selain dari sajian utama yang begitu seru, kemeriahan M4 World Championship tidak terlepas dari rangkaian event bertajuk “Road to M4” yang diselenggarakan oleh MOONTON Games, kemudian penayangan video “Saatny4 Indonesia”, perilisan theme song “Saatnya Indonesia”, hadirnya M4 Battle Pass berhadiah skin Beatrix, hingga instalasi senjata Beatrix.

Baca Juga: ECHO PH Juara M4 MLBB Usai Kalahkan Blacklist Dengan Telak

Road to M4

Jadwal m4 mlbb

Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan perhatian masyarakat, khususnya gamers, terhadap M4 World Championship sebelum pertandingan resmi dimulai.

Acara offline yang terselenggara di Emporium Pluit Mall Jakarta ini dapat diakses gratis oleh seluruh pengunjung untuk dapat menikmati berbagai aktivitas yang berhubungan dengan kejuaraan dunia MLBB, mulai dari talkshow, main dan foto bareng influencer MLBB hingga nobar M4.

Influencer yang diundang untuk meramaikan acara yang berlangsung pada 29 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023 ini, antara lain Oura, Donkey, XINNN, Maipan, Luke, Bobocu, Gatot Damage (Heru), RianCYD, Echow, Naru, Wannn, Luminaire, Doyok, Aboy, Gamora, Jonathan Liandi, Antimage, Cadera, Udil, hingga Clover.

Salah satu sajian dari Road to M4 adalah lomba cosplay terbesar MLBB bertajuk “MLBB Cosplay Fest 2022” dengan hadiah total hingga 54 juta Rupiah dan 77.000 diamonds.

Kompetisi ini berhasil menampilkan aksi para cosplayer berbakat yang mengenakan kostum bertema MLBB dan dinilai oleh cosplayer tanah air yang memiliki prestasi hingga ke kancah internasional, yaitu juri RianCYD (Juara World Cosplay Summit 2022), Zai Naru (Juara AFA Singapura), dan Echow (Polymanga Switzerland).

Video “Saatny4 Indonesia”

Sebuah video yang dibuat untuk meningkatkan euforia dan semangat Indonesia sebagai negara tuan rumah M4.

Video “Saatny4 Indonesia” juga mengajak para penggemar untuk mendukung tim esports perwakilan negaranya masing-masing di M4 World Championship, khususnya untuk Indonesia.

M4 Battle Pass

Harga M4 Pass MLBB
Photo via Mobile Legends

Untuk memeriahkan M4 World Championship, M4 Battle Pass telah hadir pada 20 Desember 2022 dimana pemain bisa mendapatkan skin Beatrix “Stellar Brilliance”, efek khusus M4, border avatar M4, Glorious Trail M4, Grafiti M4, dan serangkaian hadiah menarik lainnya.

Pemain dapat memilih untuk naik level dan membuka Battle Pass melalui diamonds, yang memberi mereka akses ke skin M4 Beatrix Stellar Brilliance dan hadiah pass level premium.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah eksklusif M4. Jika belum punya, M4 Battle Pass tersedia sampai 22 Januari 2023.

Pemain juga bisa bermain dan mendapatkan M4 Coin untuk ditukarkan dengan hadiah di dalam M4 Event Store.

Instalasi Senjata Beatrix

M4 MLBB World Championship

MOONTON Games juga menghadirkan dua instalasi senjata dari Beatrix Prime Skin “Stellar Brilliance” yang berlokasi di depan Gedung Sarinah dan Terowongan Kendal, Jakarta.

Pengunjung yang berfoto dengan instalasi tersebut serta mem-posting ke TikTok atau Instagram dengan tagar #M4BarengBeatrix #RoadtoM4 #Saatny4Indonesia berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa skin epic MLBB dan tiket nonton grand final kejuaraan dunia M4.

Theme Song “Saatnya Indonesia”

Dalam rangka merayakan Indonesia sebagai tuan rumah M4 World Championship, MLBB bekerjasama dengan platform musik Resso merilis theme song lokal yang dinyanyikan oleh Happy Asmara dengan judul “Saatnya Indonesia”.

Lagu tema ini mengangkat musik yang dekat dengan budaya Indonesia, yaitu dangdut modern, dengan tetap mengedepankan semangat kompetisi dan juang untuk mencapai yang terbaik.

Grand Final M4 MLBB World Championship

echo ph juara M4 MLBB World Championship
Photo via Mobile Legends

Babak penentuan juara berlangsung dalam format BO7. Grand Final M4 World Championship telah mempertemukan dua tim terbaik MLBB, yaitu ECHO Esports menghadapi Blacklist International.

Memperebutkan bagian terbesar dari total hadiah sebesar USD 800.000 serta memperoleh kesempatan untuk memilih skin pemenang M4 dan mendapatkan cincin emas yang dirancang secara eksklusif oleh UBS.

Pertandingan antara kedua tim ini sendiri berlangsung dengan sangat seru, bangku penonton yang ada di Tennis Indoor Senayan sangatlah penuh sesak karena antusias dari para penonton akan pertandingan tersebut.

Pada Grand Final ini, Blacklist International yang berambisi menjadi juara dua kali beruntun gagal mempertahankan tahtanya karena harus kalah 4-0 dari ECHO Esports.

Dengan hasil ini, ECHO Esports mencatatkan namanya sebagai juara baru pada ajang M Series ini.

Selain itu, Goldlaner dari ECHO Esports yang bermain sangat ciamik pada gelaran M4 World Championship, yakni Bennyqt, berhasil menjadi MVP pada Grand Final ini.

M4 World Championship telah membawa pengalaman yang luar biasa untuk para penggemar esports di Indonesia, khususnya para gamer MLBB.

Tawa canda antar pemain saat nobar M4 di venue Tennis Indoor Senayan, ketegangan hingga kebanggaan menyaksikan dan mendukung tim esports jagoan bertanding dalam kejuaraan dunia secara langsung pastinya membawa kesan tersendiri di benak pecinta MLBB tanah air.

Sampai jumpa di M5 World Championship!

Baca Juga: EVOS Zeys Bagi Tips untuk Tim Indonesia Bisa Kalahkan Blacklist

Ikuti kanal resmi YODU Indonesia di Instagram untuk mendapatkan seluruh berita, panduan, dan highlight Mobile Legends lainnya

More Stories
bang alex pubg mobile
Bang Alex PUBG Mobile, YouTuber Ganteng Panutan Bocil