MOBA Lokapala Rilis Ksatriya Karakter Lokal, Si Buta Dari Gua Hantu!

YODU Circle – Lokapala bekerja sama dengan Bumilangit Entertainment selaku pemilik hak kekayaan intelektual atas karakter komik legendaris, Si Buta dari Gua Hantu.

Kehadiran Lokapala di pasar MOBA Indonesia memang merupakan sesuatu yang istimewa. Pasalnya, game ini bisa dibilang sebagai game Indonesia pertama yang menampilkan fitur live multiplayer battle online.

Tak hanya itu, Lokapala juga tampil beda lewat tema dan karakter yang ditampilkan. Anantarupa Studio (developer Lokapala) mencoba memperkenalkan budaya Indonesia ke kalangan muda lewat game dengan menampilkan karakter-karakter yang berasal dari mitologi ataupun sejarah lokal.

Lokapala, game MOBA pertama buatan developer game Indonesia.

Berusaha menjaga komitmen tersebut, baru-baru ini Anantarupa Studios pun merilis Si Buta dari Gua Hantu sebagai Ksatriya (sebutan Hero di Lokapala) terbarunya.

Perilisan ini dilakukan lewat kerja sama dengan Bumilangit Entertainment selaku pemilik kekayaan intelektual dari karakter Si Buta dari Gua Hantu.

Si Buta Dari Gua Hantu, Karakter Legendaris yang Sempat Jadi Primadona

Anak-anak zaman sekarang mungkin tidak terlalu tahu atau bahkan kenal dengan karakter ini. Namun, Si Buta dari Gua Hantu sebenarnya merupakan sosok karakter komik yang sempat jadi primadona pada zamannya.

Si Buta dari Gua Hantu merupakan sebuah karakter komik yang diciptakan oleh Ganes Thiar Santosa. Serial komik tersebut rilis pertama kali di tahun 1967 dan segera mendapat perhatian para pecinta komik lokal di masa itu.

Penampakan Barda di dalam Lokapala.

Pencapaian terbesar komik Si Buta dari Gua Hantu sendiri adalah ketika ia berhasil terjual sampai 500 ribu eksemplar pada masanya. Tak hanya itu, karakter Si Buta dari Gua Hantu bahkan juga diangkat menjadi 7 film layar lebar dan 2 serial televisi.

Tak hanya itu, Si Buta dari Gua Hantu juga kerap kali dianggap sebagai karakter yang membuka tren komik silat lokal yang memang sempat terjadi di masa tersebut.

Sedikit Cerita Asal Muasal Si Buta dari Gua Hantu

Nama asli sosok Si Buta dari Gua Hantu sendiri adalah Barda Mandrawata. Ibarat Daredevil dari cerita komik Amerika, Si Buta dari Gua Hantu adalah sosok yang punya kemampuan istimewa berkat dari kekurangannya.

Salah satu cover komik Si Buta dari Gua Hantu yang telah dimodernisasi oleh Bumilangit Komik

Awal mula Barda Mandrawata menjadi Si Buta dari Gua Hantu adalah karena rentetan kemalangan yang terjadi kepadanya. Ayah dan tunangannya yang bernama Marni dibunuh oleh sosok penjahat buta sakti mandraguna yang memiliki julukan Mata Malaikat.

Demi dapat membalas dendamnya, Barda pun berlatih silat di Gua Hantu. Agar ia dapat menyamai kekuatan si Mata Malaikat, Barda lalu mengorbankan kedua matanya. Setelah bertahun-tahun berlatih, ia pun jadi punya kemampuan melihat dengan suara.

Kemampuan tersebut membuat dirinya jadi dijuluki sebagai Si Buta dari Gua Hantu. Setelah memiliki kekuatan dan julukan tersebut, Barda lalu melakukan petualangan ke seluruh Indonesia. Selain bertemu musuh bebuyutannya, si Mata Malaikat, Barda juga bertemu dengan berbagai permasalahan lain hingga musuh-musuh baru di sepanjang perjalanannya.

Rilis di Lokapala Sebagai Hadiah Ulang Tahun Sang Kreator, Ganes TH

Perilisan Si Buta dari Gua Hantu di Lokapala ini ternyata juga menjadi satu momen istimewa tersendiri. Dalam sesi konferensi pers yang dilakukan 15 Juli 2021 kemarin, Is Yuniarto selaku General Manager Bumilangit Komik menceritakan bahwa perilisan karakter Si Buta dari Gua Hantu di Lokapala memang sengaja dilakukan di tanggal tersebut sebagai bentuk perayaan hari lahir sang kreator yaitu Ganes TH.

Menyambut perilisan karakter Si Buta dari Gua Hantu, Bismarka Kurniawan selaku Founder dan CEO Bumilangit Entertainment mengungkapkan, “diangkatnya Si Buta dari Gua Hantu dalam game besutan asli Indonesia, Lokapala, menjadi suatu momentum bahwa karakter asli lokal Indonesia seperti Si Buta dari Gua Hantu sudah dapat digunakan oleh para fans pencintanya dalam bentuk permainan digital yang mutakhir”.

“Si Buta dari Gua Hantu telah lahir dan dikenal selama lebih dari 5 dekade, dan di era digital ini saat yang tepat bagi Bumilangit berkolaborasi dengan Melon Indonesia sebagai salah satu penyedia platform digital terdepan asli Indonesia, untuk lebih mengenalkan dan menghadirkan karakter legendaris ini kepada generasi muda penerus bangsa” lanjut Bismarka Kurniawan.

Dedi Suherman selaku CEO PT Melon Indonesia yang merupakan publisher dari Lokapala juga menambahkan, “Banyak request dari komunitas Gamers, bahwa mereka ingin sekali karakter asli Indonesia masuk ke Gim Lokapala dan kami melihat ini sebagai potensi kerjasama yang apik dengan Bumilangit karena Si Buta dari Gua Hantu ini sendiri juga belum pernah dijadikan sebagai karakter dari gim manapun”.

Ivan Chen selaku CEO PT Anantarupa juga menambahkan, “sejak awal Anantarupa mengembangkan konsep universe Lokapala supaya bisa berkolaborasi dengan IP lokal, tujuan kami adalah agar IP (intelletual property) lokal bisa tumbuh bersama-sama dan saling menguatkan di tengah bombardir industri IP asing yang semakin masih. Kehadiran Si Buta dari Gua Hantu ke dalam Suaka Lokapala adalah salah satu wujud dari visi kami, semoga dengan ini ekosistem industri IP/konten di Indonesia semakin berkembang sehingga industry IP local dapat menjadi tuan di negeri sendiri”.

Bagaimana menurut kalian? Keren sekali ya! Akhirnya kita bisa memainkan sosok karakter komik lokal lewat game Lokapala!

Inisiatif yang dilakukan Lokapala dan Bumilangit Entertainment ini memang sangat apik! Supaya anak muda zaman sekarang jadi bisa berkenalan dengan sosok-sosok karakter asli buatan orang Indonesia.

More Stories
10 Fakta Ymir Fritz di Attack on Titan, Manusia Pertama Pemilik Kemampuan Titan