Sarana Monetisasi Konten Kreator, YouTube Luncurkan Super Chat dan Super Stickers di Indonesia

YouTube baru saja mengumumkan fitur terbaru untuk konten kreator di Indonesia pada 16 Agustus 2022 lalu. Fitur tersebut adalah Super Chat, Super Stickers, dan Super Thanks.

Super Chat adalah pesan berwarna-warni yang disorot dalam live chat pada saat streaming, agar tampil beda dari pesan chat lainnya supaya makin menarik perhatian kreator favorit penonton.

Super Chat akan disematkan di chat bagian paling atas, paling lama 5 jam, sehingga pesan dapat dilihat oleh lebih banyak orang.

Selanjutnya ada Super Stickers. Fitur ini berbentuk stiker keren yang dapat dibeli penonton untuk mendukung kreator favoritnya.

Stiker tersedia dalam berbagai jenis dan bahasa, serta dapat digunakan kreator untuk memperoleh penghasilan sambil membina hubungan dengan para penontonnya.

Terakhir adalah Super Thanks. Fitur ini memungkinkan penonton menunjukkan rasa terima kasih lebih atas konten para kreator favorit mereka. Penonton dapat membeli animasi seru yang disebut Super Thanks di halaman video.

Animasi hanya akan ditampilkan satu kali kepada pembeli Super Thanks. Lalu, sebagai bonus tambahan, pembeli juga akan dapat memposting komentar yang berbeda secara visual, berwarna-warni, dan dapat disesuaikan di bagian komentar video.

Fitur ini akan tersedia di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang.

Kata Konten Kreator, Soal Fitur Monetisasi Terbaru YouTube

Kehadiran fitur monetisasi terbaru ini tentu mendapat antusiasme yang positif dari para konten kreator Indonesia.

Dalam acara peluncuran yang diadakan online tersebut, ada Christopher Devin hadir menyuarakan pendapatnya. Ia pun menceritakan:

Christopher Devin

“Selama 12 tahun sebagai kreator musik dan game di YouTube, saya belajar bahwa kreator saat ini harus memahami konsep multiformat – mulai dari video on demand (VOD), short-form hingga live streaming.”

“Salah satu cara yang dapat membantu kreator untuk berkembang adalah, pertama, monetisasi di luar iklan, kedua, fitur untuk memungkinkan interaksi yang lebih bermakna.”

“Selain channel membership yang tersedia di Indonesia beberapa tahun lalu, super chat dan stiker memberi kreator akses ke sumber pendapatan tambahan sekaligus meningkatkan interaksi dengan komunitas kami” cerita Christopher Devin, kreator YouTube.

Tak hanya itu, perwakilan dari YouTube yaitu Barbara Macdonald selaku Product Manager, Paid Digital Goods, juga menceritakan alasannya menyertakan fitur ini untuk para konten kreator YouTube di Indonesia.

Barbara Macdonald

“Kreator saat ini telah berkontribusi ke ekonomi kreatif dan mendefinisikan apa artinya menjadi pemimpin opini, menggunakan YouTube sebagai platform untuk menyebarkan hal – hal positif dan memulai perubahan.”

“Oleh karena itu, kami terus berkomitmen untuk membantu para kreator membangun hubungan yang baik dengan penggemar mereka dan membangun lebih banyak cara untuk membantu mereka berkembang lebih jauh.”

“Kami tidak sabar untuk melihat bagaimana kreator Indonesia menggunakan Super Chat dan Super Stickers!” tutup Barbara Macdonald.

Wah dengan kehadiran fitur baru ini di YouTube, kita jadi punya lebih banyak cara untuk mendukung konten kreator favorit ya sobat!

Apalagi, fiturnya juga punya nilai menarik untuk para fans, yang bikin berinteraksi dengan konten kreator jadi makin menarik.

Apa pendapat sobat soal fitur baru YouTube ini? Share artikelnya dan utarakan pendapatmu ya!

More Stories
Rekap Akhir MPL Season 10: EVOS Legends Gagal Melaju ke Playoff