Profil dan Biodata CW: Pro Player MLBB, Pengisi Role Gold Laner Andalan ONIC Esports

Calvin “CW” Winata merupakan pemain Gold Laner yang kini bermain di ONIC Esports. Ia juga menjadi salah satu pemain yang mewakili Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi bulan Mei silam.

CW memiliki perjalanan karir esports yang sudah cukup panjang. Karirnya dimulai sebagai pro player Arena of Valor, hingga akhirnya beralih ke Mobile Legends, dan menjadi salah satu pemain Gold-laner yang disegani di skena Mobile Legends Indonesia.

Pembahasan lebih lengkap seputar sosok yang satu ini, yuk simak artikel profil dan biodata Calvin Winata atau “CW” dari kontributor YODU berikut ini:

1. Biodata CW, Pemain Mobile Legends ONIC Esports

CW adalah pemain profesional MLBB yang mengisi peran Gold Laner di dalam tim esports ONIC Esports. CW memiliki nama asli Calvin Winata, ia lahir pada 10 November 2000 (21 tahun). Berikut biodata lengkap dari sosok CW.

  • Nama : Calvin Winata
  • In-Game Nickname : CW
  • Tanggal lahir : 10 November 2000
  • Role : Gold Laner
  • Tim: ONIC Esports
  • Sosial Media : Instagram

2. Prestasi CW di Skena Esports Mobile Legends dan Arena of Valor

CW berkarir sebagai pro player di skena esports sejak dari tahun 2018. Namanya mulai mencuat di skena Arena of Valora karena berhasil menjadi pemain newcomer yang disegani.

Sejak dari tahun 2018, Calvin Winata sudah merengkuh beragam prestasi, baik saat berkarir sebagai pro player AOV ataupun MLBB. Berikut daftar pencapaian yang pernah didapat CW sepanjang karirnya di skena esports MOBA Indonesia:

Prestasi CW sebagai Pro Player Mobile Legends

  • Peringkat 3 MPL Indonesia Season 5
  • Peringkat 5-8 MDL Indonesia Season 1
  • Peringkat 4 MPL Indonesia Season 6
  • Peringkat 4 MPL Indonesia Season 7
  • Peringkat 1 MPL Indonesia Season 8
  • Peringkat 1 ONE Esports MPL Invitational 2021
  • Peringkat 9-12 M3 World Championship
  • Peringkat 2 MPL Indonesia Season 9

Prestasi CW sebagai Pro Player Arena of Valor

  • Peringkat 1 Southeast Asia Cyber Arena 2018
  • Peringkat 1 Arena of Valor International Championship 2018 Kualifikasi Indonesia
  • Peringkat 13-16 Arena of Valor International Championship 2018
  • Peringkat 3 AOV Star League Season 2
  • Peringkat 2 ESL Indonesia Championship Season 1
  • Peringkat 4 ESL Clash of Nations 2019
  • Peringkat 2 AOV Star League Season 3

3. Perjalanan Karir CW di Ranah Esports

CW adalah pemain yang begitu berdedikasi terhadap tim yang ia bela. Hal tersebut tercermin lewat perjalanan karirnya. Ia hanya membela dua tim saja di sepanjang perjalanan karirnya sebagai pro player esports yang dijalani sejak 2018 silam. Dua tim yang dibela oleh CW adalah sebagai berikut:

  • AOV – Saudara Esports (2018-2019)
  • MLBB – ONIC Esports (2020-sekarang)

Awal Karir Calvin Winata Sebagai Pro Player Esports AOV Indonesia

Calvin Winata memulai karir sebagai pro player dari skena kompetitif Arena of Valor. Nickname yang ia gunakan saat memulai perjalanan tersebut adalah “Catee”. Tim yang dibela Calvin adalah Saudara Esports.

CW merengkuh beberapa prestasi di Arena of Valor. Ia berhasil mengantarkan timnya meraih juara Southeast Asia Cyber Arena 2018 dan menjadi perwakilan Indonesia di Arena of Valor International Championship 2018.

Saudara Esports juga berhasil menjadi tim yang disegani di esports AOV Indonesia. Bukti hal tersebut adalah pencapaian SES menjadi runner-up di ESL Indonesia Championship Season 1 dan Arena of Valor Star League Season 3. Menariknya, CW bersama SES harus tumbang di tangan EVOS Esports di 2 turnamen ini.

Setelah ASL Season 3, Saudara Esports resmi menonaktifkan roster AOV. CW akhirnya pensiun dari kompetitif AOV dan memutuskan pindah sebagai pemain Mobile Legends.

Ketika Calvin Winata Memutuskan untuk Hijrah ke Mobile Legends

Calvin Winata memutuskan pindah ke esports MLBB pada tahun 2020. Perpindahaan karir tersebut juga diikuti dengan “ritual ganti nama”, dari Catee menjadi “CW”.

Karir pertama CW di Mobile Legends adalah sebagai pemain ONIC Prodigy, tim Mobile Legends Development League (MDL) dari ONIC Esports. MDL Season 1 adalah debut kompetitif perdana CW di Mobile Legends.

CW bermain sebagai Gold Laner. Sayangnya, CW bersama ONIC Prodigy kurang meraih hasil yang baik di awal musim. Menariknya, hal yang sama juga terjadi di ONIC Esports ketika MPL Indonesia Season 5.

Perubahan akhirnya dilakukan dengan menukar pemain MPL dan MDL ONIC Esports guna mendapatkan hasil yang lebih baik untuk kedua tim.

CW mendapatkan promosi ke MPL bersama rekannya Rasy yang bermain sebagai support. Mereka menggantikan Angsa dan Kiboy yang harus turun ke MDL.

Debut CW di panggung MPL berbuah manis dengan mengalahkan Genflix Aerowolf 2-1. Tidak hanya itu, ia berhasil mendapatkan savage di pertandingan pertamanya.

ONIC Esports akhirnya berakhir di posisi ke 5 di regular season MPL Indonesia Season 5. Meski begitu, mereka tampil lebih baik di babak playoff dengan meraih peringkat 3 setelah takluk dari EVOS Legends.

Menjadi Juara MPL Indonesia

CW menjadi sosok yang tidak tergantikan di roster utama ONIC Esports. Sempat menjadi midlaner di MPL Indonesia Season 6, ia kembali menjadi Gold Laner di Season 7.

Meski begitu, ONIC Esports gagal meraih gelar juara baik MPL Indonesia Season 6 dan 7 dengan sama-sama berakhir di peringkat 4.

Ketika MPL Indonesia Season 6, mereka harus takluk dari Alter Ego. Sedangkan di musim selanjutnya mereka harus mengakui keunggulan Genflix Aerowolf.

Penantian gelar juara CW bersama ONIC Esports akhirnya terjawab di MPL Indonesia Season 8. Mereka sukses menumbangkan RRQ Hoshi di grand final dengan skor sengit 4-3.

Tidak hanya sukses membawa ONIC mengakhiri puasa gelar sejak MPL Indonesia Season 3, CW juga berhasil mendapat gelar MVP di grand final.

Prestasi kembali didapatkan ONIC Esports dan CW dengan menjadi juara ONE Esports MPL Invitational 2021. Mereka sukses mengalahkan Blacklist International, tim Mobile Legends asal Filipina dengan skor 3-1.

Sayangnya, hasil berbeda didapatkan ONIC Esports di M3 World Championship. Memulai dari lower bracket setelah mendapatkan peringkat terakhir di babak grup, mereka harus puas di 12 besar. ONIC Esports kali ini harus mengakui keunggulan Blacklist International setelah takluk 0-3 tanpa balas.

Terpilih Menjadi Pemain Timnas Indonesia

Berkat prestasi yang ia capai membuat ia masuk ke pelatnas timnas Indonesia di SEA Games 2022. Ia terpilih melalui jalur prestasi dan ikut terpilih bersama 4 rekannya di ONIC Esports yakni Butts, Sanz, Kiboy, dan Drian.

Ia akhirnya terpilih mengisi role Gold Laner di timnas Indonesia dengan menyisihkan kandidat lain seperti Skylar dan Xiin yang sama-sama bermain di RRQ Hoshi.

Bersama timnas Indonesia, CW harus puas dengan pencapaian medali perak. Mereka harus mengakui keunggulan timnas Filipina yang mendapatkan medali emas.

Dengan usianya yang masih terbilang muda, bukan tidak mungkin lebih banyak prestasi yang akan dicapai oleh CW di ranah Mobile Legends.

Wah ternyata perjalanan karir seorang Calvin Winata sebagai pro player esports sudah cukup panjang ya. Bakatnya juga ternyata tidak main-main, dengan prestasi yang sudah cemerlang sejak dari awal karirnya sebagai pro player AOV. Semoga ke depannya babang CW bisa semakin bersinar karirnya di skena esports MLBB juga ya!

More Stories
Kumpulan nama FF keren yang belum dipakai.
100+ Nama FF Keren Aesthetic yang Belum Dipakai Desember 2022