PUBG New State Resmi Rilis Global Bulan November 2021 Mendatang!

Sebuah pengumuman menarik terjadi pada bulan Februari 2021 lalu. Di tengah turnamen PUBG (PC), Krafton mengumumkan game terbarunya. Game tersebut diberi nama PUBG: New State, sebuah game mobile baru yang masih mempertahankan gameplay khas PUBG namun dengan twist berupa tema futuristik.

Setelah pengumuman tersebut, PUBG New State pun masuk fase pra-registrasi hingga saat ini. Setelah melihat trailer yang disajikan, berbagai pertanyaan pun muncul. Kapan game-nya rilis? Akan seperti apa map permainannya? Apakah masih mempertahankan Erangel sebagai medan perang?

Berikut beberapa informasi seputar PUBG New State yang wajib kamu ketahui!

1. PUBG New State Akan Dirilis Tanggal 11 November 2021 Mendatang! – Update 22 Oktober 2021

Akhirnya, hal yang lama dinanti-nanti tiba juga. Siang ini, tepatnya pukul 13:00 WIB tanggal 22 Oktober 2021, Krafton secara resmi mengumumkan tanggal rilis PUBG New State.

Dalam sebuah video launch trailer, Krafton menampilkan berbagai hal menarik yang bisa kita nikmati nantinya di dalam PUBG New State. Pada video trailer tersebut, dituliskan bahwa peluncuran tersebut adalah Global Launch.

Maksudnya Global Launch adalah, game PUBG New State akan langsung tersedia di semua belahan dunia (termasuk Indonesia) di tanggal 11 November 2021 mendatang.

PUBG New State sendiri nantinya akan tersedia di 3 platform aplikasi yaitu Google Play Store (Android), Samsung Galaxy Store (Android), dan Apple App Store (iOS).

2. Fase Alpha Gelombang kedua PUBG New State Diselenggarakan di Indonesia Mulai Agustus – Update 9 Agustus 2021

Krafton mengumumkan akan melakukan alpha test kedua pada Minggu, 8 Agustus 2021 kemarin. Dalam video tersebut setidaknya ada 3 informasi penting yang perlu dicatat terkait alpha test kedua ini.

Pertama, pemain yang ingin berkesempatan menjadi bagian alpha test harus melakukan pre-register terlebih dahulu. Pemain bisa pergi ke laman newstate.pubg.com atau melakukan pre-register lewat Google Play.

Kedua, alpha test kedua dilakukan secara terbatas yang artinya tidak semua orang yang melakukan pre-registrasi punya kesempatan memainkan game ini selama masa tersebut. Alpha test kedua juga hanya berlangsung selama 3 hari, yaitu tanggal 27-29 Agustus 2021 mendatang.

Ketiga, alpha test kedua PUBG New State terbuka untuk wilayah yang lebih besar dan jenis device yang lebih beragam. Terkait wilayah, Krafton menjelaskan kalau mereka akan mengadakan alpha test ini di Turki, Timur Tengah, Mesir, dan Asia. Indonesia juga kebagian, yang termasuk dalam kelompok kawasan Asia.

Dari segi device, alpha test kedua ini juga kabarnya terbuka untuk device berbasis iOS. Jadi apabila kamu menggunakan device iOS, kamu bisa melakukan pre-register melalui web di atas atau ke laman PUBG New State di Apple App Store.

3. PUBG New State Rilis Bulan Oktober, Sebut CEO Krafton – Update 28 Juli 2021

Changhan Kim, CEO Krafton, mengungkap informasi tersebut pada tanggal 26 Juli 2021 kemarin. Ia mengungkapnya dalam acara konferensi pers pengumuman penawaran saham perusahaan Krafton ke muka publik (IPO) yang dilakukan di Korea Selatan sana.

Media ternama Korea Selatan, Ruliweb, menuliskan seluruh hasil konferensi pers tersebut dalam sebuah artikel berbahasa Korea. Salah satu pertanyaan yang diajukan media ketika itu adalah perkiraan tanggal rilis dua game terbaru besutan mereka, PUBG New State dan Callisto Protocol.

Changhan Kim pun menjawab kalau PUBG New State akan rilis secara global bulan Oktober 2021 mendatang.

Lalu bagaimana dengan Callisto Protocol? Game seperti apakah Callisto Protocol yang juga dibesut oleh Krafton? Sepertinya akan butuh pembahasan berbeda apabila kita ingin membicarakan soal Callisto Protocol.

Lalu, bagaimana dengan PUBG New State sendiri? Seperti apa gameplay-nya? Apa yang membedakan PUBG New State dengan PUBG Mobile?

4. Lebih Banyak Fitur Diungkap – UPDATE 11 Juli 2021

Siang ini, PUBG New State baru saja mengeluarkan sebuah video terbaru yang memberi sedikit cuplikan terhadap fitur-fitur di dalam game tersebut. Dalam video bertajuk Field Trip to Troi, Krafton menjelaskan beberapa fitur baru yang belum pernah ada di PUBG sebelumnya. Berikut fitur tersebut:

Trio Kendaraan Terbaru Volta, Vulture, dan Tram

Volta dan Vulture, dua kendaraan baru di PUBG New State.

Kalian mungkin sudah tahu tentang kehadiran tiga kendaraan tersebut. Tetapi, detail soal apa saja yang baru dari tiga kendaraan tersebut belum banyak diungkap. Pada video terbaru ini, Krafton menjelaskan beberapa detailnya.

Pertama soal Volta. Kendaraan tersebut adalah mobil listrik dengan beberapa kelebihan.

Pertama, suara mesinnya lebih senyap sehingga sulit terdengar ketika sedang berjalan. Kedua, bahan bakarnya lebih irit. Walaupun begitu, Volta tetap punya kekurangan. Pertama, bahan bakarnya lebih cepat habis kalau pemain menggunakan boost atau berkendara di area blue zone.

Kendaraan baru PUBG New State kedua adalah Vulture, yang berbentuk moge alias motor gede.

Kelebihan Vulture adalah kecepatan maksimumnya lebih tinggi ketimbang kendaraan lain. Tapi, ia punya kelemahan berupa akselerasi yang buruk dan suaranya yang bising.

Kendaraan baru ketiga adalah Tram. Kendaraan ini berbentuk kereta kecil yang berjalan mengikuti rel secara otomatis.

Tram punya kelebihan yaitu kendaraannya yang tidak bisa dihancurkan dan anti peluru. Sebagai penyeimbangan, Tram memiliki kelemahan yaitu kecepatannya yang sangat rendah dan pintunya terbuka sehingga pemain bisa mudah ditembaki dari sudut tertentu.

Fitur Baru Bernama Drone Shop

Drone berasap biru yang akan mudah ditemukan oleh musuh

Fitur ini memungkinkan pemain untuk bisa membeli perlengkapan tertentu sesuai kebutuhan. Supaya pemain bisa membeli barang dari Drone Shop, pemain harus mengumpulkan Drone Credits yang bisa kamu temukan melalui looting.

Drone Credit yang terkumpul bisa dibelanjakan. Setelahnya, barang yang kamu beli akan diantar dengan menggunakan drone. Tapi harap waspada. Drone mengeluarkan asap biru yang akan membuat kamu mudah sekali ditemukan musuh. Kalau kamu cerdik, Drone Shop justru bisa kamu gunakan sebagai jadi pancingan agar musuh datang.

Dyneema Armor, Baju Pertahanan Anti Senapan M4A1

Armor lawannya M4A1S

Sudah jadi rahasia umum bahwa M4A1 adalah senjata paling meta di PUBG Mobile. Melihat hal itu, Krafton sepertinya ingin sedikit melakukan nerf.

Oleh karena itu, baju pertahanan baru bernama Dyneema Armor pun muncul. Armor ini membuat damage M4A1 dan semua senapan yang berpeluru 5.56mm (peluru hijau) 9mm (peluru pistol oranye), dan .45 ACP (peluru pistol putih) jadi berkurang.

Tapi, baju pertahanan itu juga diberi penyeimbangan. Sebagai gantinya, Dyneema Armor akan menerima damage lebih besar dari AKM dan semua senapan yang berpeluru 7.62mm (peluru coklat), 300 Magnum (peluru AWM), dan 12 Gauge (peluru shotgun).

Fitur IMBA yang Bikin Vector Jadi Bisa Dipakai Untuk Jarak Jauh!

Penggemar AKM siap-siap, senjata kamu sekarang bisa dipasangi Vertical Grip!

Fitur terakhir yang dijelaskan pada video adalah fitur Weapon Customization. Selama ini, semua senapan memang sudah bisa diracik sendiri dengan menggunakan weapon attachment walau dengan batasan tertentu.

Namun, fitur weapon customization mencabut batasan tersebut. Apa maksudnya? Contohnya senjata AKM. Selama ini, senjata itu tidak bisa dipasangkan grip (Vertical Grip dan sebagainya). Tapi, dengan fitur ini, maka AKM jadi bisa dipasangkan grip.

Fitur ini jadi IMBA, karena hampir sepenuhnya menutupi kelemahan sebuah senjata. Misalnya AKM tadi, selama ini dianggap lemah karena recoil-nya tidak bisa dikurangi dengan grip.

Selain AKM masih ada senjata lain yang bisa diperkuat lagi. Dalam video, beberapa contohnya seperti Vector jadi bisa menembak jarak jauh atau VSS jadi bisa diganti scope-nya dengan RDS atau scope Holo.

5. Gameplay PUBG New State – Update 17 Juni 2021

Fase closed alpha dari PUBG New State telah dimulai tanggal 15 Juni 2021 kemarin. Para pemain yang mendapat undangan dari Krafton pun sudah mulai bisa menjajal iterasi terbaru dari PUBG untuk platform mobile ini.

Banyak YouTuber membagikan video gameplay PUBG New State. Dari video gameplay tersebut, ada beberapa fakta menarik dari game tersebut yang bisa kamu ketahui.

Penampakan user interface PUBG New State.

Dua poin paling menarik dari PUBG New State adalah kehadiran kaca di jendela-jendela rumah dan sajian informasi game dalam bentuk AR. Kehadiran kaca jendela juga jadi tambah menarik karena ada beberapa daerah di PUBG New State yang kacanya bersifat anti peluru.

Tak hanya itu, PUBG New State juga punya beberapa objek yang sebelumnya tidak ada di PUBG Mobile. Salah satu contoh dari objek tersebut adalah eskalator naik-turun yang aktif dan kehadiran trem (kereta kecil) di area perumahan yang berjalan keliling kota secara otomatis.

6. Bisa Dimainkan di HP Kentang

Ketika ada game mobile baru, pertanyaan yang satu ini hampir selalu ditanyakan.

“Apakah PUBG New State bisa dimainkan di HP kentang yang punya spesifikasi rendah?”

Jawabannya adalah, BISA! Tapi pemain tentu harus bermain dengan segala keterbatasan yang dialami. YouTuber bernama Fiqi Amd sempat menjajal dan menunjukkan PUBG New State bisa berjalan di HP kentang lewat salah satu konten miliknya. Ia menjajal PUBG New State di HP Xiaomi Mi A1.

Xiaomi Mi A1 adalah smartphone rilisan tahun 2017 yang menggunakan prosesor Snapdragon 625 dan memiliki RAM/ROM sebesar 4/64GB.

PUBG New State berjalan cukup lancar di HP tersebut, walau memang jumlah fps (frame per second) yang didapatkan sepertinya tidak besar (mungkin sekitar 30 fps) karena animasi terlihat tidak secara 100% mulus di dalam video. Ia juga menunjukkan kalau semua pengaturan grafis tetap terbuka walau HP yang digunakan berspesifikasi rendah.

Percobaan tersebut juga menemukan informasi menarik lain. Informasi tersebut adalah kecerahan lingkungan sekitar game PUBG New State yang menjadi lebih gelap saat menggunakan pengaturan grafis terendah. Hal tersebut diduga karena penggunaan teknologi global illumination di PUBG New State oleh Krafton.

Semoga saja Krafton terus mengoptimasi game tersebut supaya jadi lebih ringan lagi supaya bisa dimainkan di HP berspesifikasi rendah dengan lebih mulus.

7. Bukan Buatan Tencent

Selama ini, satu hal yang kita ketahui adalah PUBG yang ada di platform mobile merupakan rilisan Tencent. PUBG New State berbeda. Walaupun sama-sama game PUBG yang ada di mobile, tetapi PUBG New State merupakan game yang dikembangkan oleh Krafton, pengembang game PUBG orisinal di PC.

Krafton adalah perusahaan pengembang game asal Korea Selatan. Pengembang game tersebut terkenal salah satunya berkat game MMORPG berjudul TERA Online. Walaupun berkembang sebagai pengembang game PC, tetapi Krafton sendiri memiliki beberapa pengalaman dalam mengasuh game mobile.

Sejauh ini ada beberapa game mobile yang sudah diasuh dan dikembangkan oleh Krafton, seperti PUBG Mobile di Korea Selatan dan juga Battleground Mobile India. 

PUBG New State mungkin akan jadi game mobile pertama yang dikembangkan dan di-publish secara global oleh Krafton. Melihat dari trailer-nya yang sudah cukup menjanjikan, semoga saja perlakuan Krafton terhadap game tersebut bisa sama bagusnya.

8. Memiliki Latar Futuristik di Sebuah Kota Bernama Troi

PUBG New State akan meninggalkan Erangel, Miramar, dan kawan-kawannya. Sebagai gantinya, Krafton pun memperkenalkan sebuah latar tempat baru bernama Troi.

Lewat sebuah twit, Krafton menceritakan kalau sebelumnya kota Troi adalah sebuah kota yang damai. Namun sayang, kemiskinan dan ketimpangan ekonomi membuat kota tersebut tenggelam ke dalam era kekacauan.

Dalam twit dari akun @PUBG_NEWSTATE, Krafton juga menceritakan bahwa latar waktu kota Troi yang ada di dalam game adalah tahun 2051. Karenanya kendaraan, senapan, granat, serta berbagai persenjataan lainnya terlihat masih belum terlalu berbeda jauh dibandingkan dengan game PUBG yang sudah ada.

Walaupun begitu, aksen futuristik tetap terasa lewat visual yang disajikan. Jangan lupa, trailer PUBG New State juga menunjukkan sebuah tameng anti peluru muncul di tengah pertarungan yang membuat nuansa futurisktik semakin terasa kental.

9. Rilis Tahun 2021?

Sampai bulan April 2021 kemarin, dikabarkan sudah ada 10 juta orang yang melakukan pra-registrasi terhadap game PUBG New State. Walaupun begitu, masih belum ada juga hilal terkait informasi tanggal rilis game tersebut.

Krafton sempat mengumumkan tanggal penting terkait PUBG New State. Lewat sebuah twit, Krafton mengatakan bahwa PUBG New State akan masuk fase alpha test pada Q2 2021 (sekitar April – Juni).

Alpha test dilakukan secara terbatas di kawasan tertentu saja. Kawasan mana yang jadi ladang uji coba PUBG New State masih jadi tanda tanya. Tapi apabila melihat antusiasme gamers mobile terhadap game PUBG, ada kemungkinan Indonesia dapat kesempatan untuk menjajal PUBG New State lebih dulu.

Semoga saja pengembangan PUBG New State berjalan dengan lancar dan dapat rilis di tahun 2021 ini. Untuk sementara waktu ini, satu-satunya yang bisa kita lakukan hanyalah melakukan pra-registrasi di website resmi PUBG New State dan menunggu dengan sabar.

Melihat konten-konten yang disajikan oleh para YouTuber, rasanya jadi semakin tidak sabar untuk memainkan PUBG New State ya! Apakah kamu juga menanti perilisan PUBG New State?

More Stories
REKT berencana buat comeback ke EVOS Legends.
REKT Balik Lagi ke EVOS Legends?