Rekomendasi 10 Anime Detektif Buat Kamu si Pecinta Cerita Misteri!

Saat menonton anime bertema detektif, kita bisa merasakan ketegangan saat sang karakter utama sedang memecahkan misteri yang hebat.

Proses pemecahan misteri, saat kita bisa mengetahui prosesnya yang rumit, adalah satu hal yang membuat anime detektif menjadi sangat menarik,

Nah, kali ini mimin ingin memberi rekomendasi 10 anime bertema detektif terbaik yang pastinya cocok ditonton buat kamu penggemar misteri.

Apa saja sih? Daripada kalian penasaran, langsung saja yuk simak baik-baik pembahasannya di bawah ini!

10. Tantei wa Mou, Shindeiru

Anime yang baru saja dirilis pada tahun 2021 ini merupakan anime detektif terbaru dengan kisah yang sangat unik. Dari judulnya saja penonton sudah bisa mengetahui bahwa detektif dalam anime ini bakalan mati.

Menceritakan tentang detektif legendaris bernama Siesta yang tiba-tiba meminta seorang remaja acak bernama Kimizuka untuk menjadi asistennya.

Meskipun Kimizuka awalnya menolak, dia akhirnya bergabung berkat desakan Siesta. Mereka berdua pun akhirnya bergerak mencegah berbagai ancaman yang dapat menyebabkan malapetaka bagi manusia.

Sayangnya, Siesta harus meninggal setelah tiga tahun bersama. Merasa kebingungan, Kimizuka mencoba untuk melupakan semuanya tentang Siesta. Tetapi saat dia mulai bertemu dengan banyak orang lagi, tampaknya pengaruh Siesta tidak benar-benar mati.

9. The Millionaire Detective Balance: Unlimited

The Millionaire Detective Balance: Unlimited merupakan anime yang mengisahkan Daisuke Kanbe, seorang perwira polisi yang menggunakan kekayaannya sebagai alasan untuk melakukan apapun yang dia inginkan.

Selain Daisuke, ada juga Haru Katou, seorang detektif yang sifatnya bertolak belakang dengan Daisuke dan lebih suka memecahkan masalah tanpa menghabiskan uang.

Sifat keduanya memang tidak akan pernah bisa bersatu, tetapi anime ini menceritakan dengan baik tentang bagaimana jika dua orang dengan perspektif yang berbeda harus bekerja sama.

8. Psycho Pass

Psycho Pass merupakan anime dengan konsep tentang baik dan jahatnya manusia, serta alasan mengapa manusia bisa seperti itu. Dengan sistem Sybil, para karakter di dalam anime ini dapat mengukur biometrik jiwa manusia untuk menilai orang-orang tertentu.

Anime ini menceritakan Akane Tsunemori, seorang wanita muda memiliki keinginan mulia untuk menegakkan keadilan. Namun, saat dia bekerja dengan Shinya Kougami, dia langsung mengetahui bahwa ternyata Sibyl tidak sesempurna ia bayangkan.

Dengan semua pengetahuan yang ia ketahui, Akane dipenuhi dengan pertanyaan apa sebenarnya keadilan itu, dan apakah keadilan itu dapat ditegakkan melalui sistem yang mungkin saja sudah korup?

7. Hyouka

Anime detektif terbaik selanjutnya yang berjudul Hyouka ini memiliki sisi slice of life yang menceritakan tentang keseharian murid sekolahan; Oreki Houtarou yang selalu bosan dan terlihat tidak memiliki energi, dan Chitanda Eru yang selalu penasaran dengan segala sesuatu.

Oreki diseret untuk memecahkan satu demi satu misteri yang ada di sekolahnya, yang dimulai dengan asal usul klub sekolah mereka yang ternyata sudah berusia 45 tahun.

Masing-masing karakter di dalam anime ini menghadirkan misteri yang harus dipecahkan, dan semuanya memiliki fungsi penting untuk disajikan di setiap episodenya.

6. Gosick

Anime ini bercerita tentang Victorique de Blois, seorang gadis cerdas yang tahu bagaimana memecahkan misteri apapun, dan Kazuya Kujo, seorang anak muda yang meninggalkan Jepang.

Sepanjang cerita, keduanya memecahkan berbagai misteri yang ada, dari misteri pembunuhan di atas kapal, hingga memecahkan serangkaian pembunuhan berantai.

Bagi kamu yang juga gemar dengan anime romance, Gosick juga menghadirkan bumbu-bumbu romansa yang cukup menarik.

5. Tantei Gakuen Q

Anime yang satu ini mengisahkan tentang Kyuu yang mendaftar di Dan Detective School, sebuah sekolah yang terkenal karena menghasilkan detektif yang brilian. Di sini, dia berteman dengan orang-orang yang memiliki bakat uniknya masing-masing. Bersama-sama mereka memecahkan misteri apapun yang ada di hadapan mereka.

4. Bungou Stray Dogs

Bungou Stray Dogs merupakan salah satu anime detektif yang berhasil ditulis dengan sangat baik. Menceritakan tentang Atsushi Nakajima yang menemukan bahwa dirinya memiliki kekuatan yang disebut sebagai Binatang di Bawah Cahaya Bulan — membuatnya bisa berubah menjadi harimau di malam hari.

Karena memiliki kekuatan tersebut, dirinya direkrut oleh Agensi Detektif Bersenjata yang bertugas menjadi agen spesial untuk memecahkan berbagai masalah.

3. Death Note

Siapa sih yang enggak tahu dengan anime Death Note?

Anime ini menceritakan tentang Light Yagami. Suatu hari dirinya mendapatkan sebuah buku misterius bernama Death Note yang ternyata bisa digunakan untuk membunuh seseorang hanya dengan namanya saja.

Dengan buku itu, Yagami melakukan pembantaian terhadap kriminal yang namanya muncul di publik, dengan tujuan untuk menghapus kejahatan dari muka bumi ini

Detektif pun berusaha untuk mencari tahu siapa sebenarnya dalang di balik semua ini. Alhasail permainan pikiran dan psikologi antara detektif dan Yagami pun dimulai.

2. Boku Dake ga Inai Machi

Mengisahkan tentang Fujinuma Satoru, seorang pengantar pizza berusia 29 tahun yang memiliki kemampuan unik, Revival.

Kemampuan itu membuat dirinya bisa melakukan perjalanan ke 5 menit di masa lalu. Kemampuan ini aktif tiba-tiba setiap kali dia dalam bahaya.

Pada suatu hari, dirinya dituduh melakukan pembunuhan terhadap ibunya sendiri dan pada saat itu juga kemampuannya aktif.

Namun, kali ini Satoru malah melakukan perjalanan ke 11 tahun yang lalu — sekarang dia berada di masa kanak-kanak dan dia harus mencari tahu siapa pembunuh sebenarnya.

1. Detective Conan

Rasanya tidak lengkap jika tidak menyebut Detective Conan dalam daftar kali ini.

Anime ini menceritakan tentang Shinichi Kudo seorang detektif SMA yang fisiknya berubah jadi anak laki-laki berusia 7 tahun setelah diminumkan racun misterius.

Setelah kejadian itu, dirinya menggunakan identitas Conan Edogawa yang terinspirasi dari Arthur Conan Doyle (Novelis pencipta cerita Sherlock Holmes) dan Ranpo Edogawa (penulis novel detektif kenamaan asal Jepang).

Kejadian itu tidak menghentikan Conan untuk tetap memecahkan berbagai misteri di kotanya. Sepanjang cerita, kita akan dibawa kepada berbagai kasus yang terjadi di kota sembari mencari tahu sosok jahat yang meracun Conan Edogawa.

Nah itulah rekomendasi 10 anime terbaik yang cocok untuk ditonton kalau kamu merupakan penggemar cerita misteri. Dari ke-10 rekomendasi di atas, kira-kira mana nih yang bakal kamu tonton?

More Stories
MAJAMOJO Luncurkan Boxing Star: KO Master dan Gerakan #HidupkanTinjuIndonesia