Review HP Victus 16, Rekomendasi Laptop Ciamik Buat Para Gamers!

Laptop HP Victus 16

Laptop gaming punya pasar yang cukup luas di Indonesia, maka nggak heran kalau HP (Hewlett-Packard) lagi-lagi merilis salah satu koleksi mereka di Tanah Air, yaitu Victus 16 yang akan saya review.

Bagi sebagian orang, main game mungkin cuma hiburan. Tapi yang lain menjadikan game sebagai kebutuhan primer untuk menjaga kewarasan di tengah hiruk pikuk kehidupan.

Solusi yang pas memang laptop gaming. Bisa dibawa ke mana-mana, ukuran layar besar. dan tampilan warna yang memuaskan. So, buat Sobat YODU yang berniat beli laptop gaming, cek dulu review berikut yuk siapa tahu makin kepincut.

Dari tiga varian Victus 16, saya akan review Laptop HP Victus 16-e0094AX mulai dari desain hingga performanya dalam gaming.

First Impression dan Desain

Review Laptop HP Victus 16
HP Victus 16 via YODU

Kesan pertama saat Laptop HP Victus 16-e0094AX sampai di tangan saya, ‘wah ini laptop tampilannya gaming banget!’. Kalau dibawa ke tempat nongkrong agak ‘beda’ ya . Orang lain sibuk nugas, kita asyik nge-game! Eits, nggak gitu, laptop ini sebenarnya ramah buat kreator konten kok, karena performa editing videonya amat mumpuni.

Balik lagi ke first impression, ya seperti laptop gaming pada umumnya, HP Victus 16 tampil gahar dengan desain ‘laki’. Bedanya, dia menawarkan warna biru logam cantik yang cukup menarik perhatian. Performance Blue, nama warnannya.

Terdapat logo ‘V’ cukup besar pada casing laptop. Logo ini menambah kesan misterius karena orang awam mungkin tidak tahu kalau laptop ini dikeluarkan HP. Identitas HP itu sendiri justru muncul di bagian engsel dengan ukuran font sangat kecil.

Review Laptop HP Victus 16
Engsel HP Victus 16

Secara kasat mata, body laptop terlihat dibalut material aluminium, namun ketika dipegang, oh ternyata plastik. Meski begitu tak ada kesan ringkih sama sekali dari Victus 16 ini. Bagaimana tidak, bobotnya saja mencapai 2,45 kilogram.

Laptop HP Victus 16 memiliki dimensi layar 16,1 inci dengan resolusi 1920 x 1080 dan refresh rate 144 Hz. Layar ini sudah mendukung 100 persen Adobe sRGB, low blue light, serta tingkat kecerahan 300 nits.

Keyboard-nya hadir dengan number pad dan tidak begitu berisik ketika ditekan dalam tempo cepat. Keyboard ini juga sudah menggunakan LED backlit yang memudahkan pengguna memakai perangkat di tempat gelap.

Di bagian atas keyboard terdapat speaker berpola huruf V, seakan menekankan identitas laptop Victus. Lalu pada bagian bawah keyboard terdapat touchpad dengan ukuran besar dan peka terhadap gerakan.

Review Laptop HP Victus 16
Keyboard HP Victus 16

Kembali bicara soal layar. Di luar dari ukurannya, desain layar sangat pas dengan pandangan. Sisi kanan-kiri-atas layar dibingkai material hitam tipis. Saya sampai nggak sadar kalau ada kamera webcam nyempil di atas sana. Selanjutnya, bagian bawah layar dibingkai dengan material cukup lebar, tak lupa ada logo ‘V’ sebagai identitas laptop HP Victus 16.

Lanjut bagian slot port, pada bagian kiri terdapat port power, RJ 45, HDMI 2.1, USB 3.1 Gen 1, USB-C, audio 3.5 mm, dan SDCard reader. Lalu di bagian kanan ada slot dua USB 3.1 Gen 1.

Saat laptop ini di balik, saya menemukan ventilasi pembuangan udara yang cukup besar. Cantiknya, desain pembuangan udara dibentuk menyisakan huruf ‘V’, lagi-lagi untuk memberikan identitas bahwa ini adalah laptop HP Victus.

Laptop ini datang dengan charger dan kabel listrik yang bobotnya cukup berat. Kabel charger-nya sendiri lumayan panjang, sementara kabel power-nya bukan standar Indonesia, jadi kamu butuh over steker kaki tiga buat memakainya.

Charger HP Victus 16 via YODU

Spesifikasi dan Testing

HP Victus 16 adalah laptop gaming perpaduan perangkat Ryzen 7 5800H dan kartu grafis NVDIA GeForce RTX 3050, produksinya spesial disuguhkan untuk para gamers.

Simak spesifikasi HP Victus 16 e0094ax berdasarkan CPU-Z dan GPU-Z berikut:

Victus 16 mempunyai prosesor Intel Core i7-11800H2 atau mobile processor AMD Ryzen 5000 Series2. Selain itu, memiliki memori DDR4 3200 MHz 16GB.

Ada ekosistem OMEN Gaming Hub pada laptop ini yang bisa memudahkan penggunanya memilih game dan mengatur profil mereka. Adapun untuk Widows-nya, sudah terinstall Windows 11 Home dalam perangkat ini.

Hasil testing cukup memuaskan! Pada bagian webcam, kamera menampilkan objek dengan jelas di tempat minim cahaya. Untuk speaker, ketika testing video dan lagu dalam volume maksimal, suara terdengar jernih dan kencang, meski getaran pada speaker amat terasa.

Webcam HP Victus 16

Testing Game

Sebagai laptop gaming, testing main game tentu tak terlupakan. Saya mencoba memainkan Tomb Raider selama satu jam dengan kualitas ‘Ultra’ hasilnya grafik game halus dan lancar. Namun ketika di-setting ke kualitas ‘Ultimate’ render visual game terlihat agak kasar.

Review Laptop HP Victus 16
Grafik Game

Baterai laptop setelah dimainkan Tomb Raider selama 60 menit berkurang sekitar 60 persen, dengan catatan sejak awal kondisi baterai tidak full.

Hasil Benchmark

Saya memanfaatkan beberapa software untuk mengecek kinerja HP Victus 16, berikut hasilnya:

Cinebench R23

  • CPU Multi Core: 8872 pts
  • CPU Single Core: 1094 pts

Novabench

  • CPU Score (AMD Ryzen 7 5800H with Radeon Graphics running at 2,59GHz): 1902
  • GPU Score (AMD Radeon Graphics): 331

Geekbench 5

  • Single-Core Score: 1403
  • Multi-Core Score: 7559

Dari tiga software di atas, hasil performa cenderung naik turun tapi perbedaannya tidak terlalu jauh.

Storage

Saya juga melakukan benchmark untuk storage menggunakan Crystal Disk Mark, hasil kemampuan baca tulisnya sebagai berikut:

  • Read: 3260.68
  • Write: 2894.36

Kalau sudah punya performa read hingga 3000 MB/s, menurut saya sudsah lebih dari cukup karena aktivitas di laptop bisa berjalan mulus.

Review Performa Baterai HP Victus 16

Nah, untuk mengetes performa baterai, saya menggunakan metode video on loop sampai baterai terkuras habis. Cek hasil pengujian berikut ini:

Metode Uji Kemampuan Baterai

  • Video 1080p on loop
  • Wi-Fi: Off
  • Bluetooth: Off
  • Sound: 50%
  • Brightness: 50%
  • Backlit keyboard: Off
  • Performance profile: Windows Battery Saver
  • Ketahanan baterai: 6 jam 7 menit 40 detik

Cek pada tabel baris kedua pukul 12.07.32. Baterai terkuras 93% selama 6 jam menyalakan video on loop.

Battery Report HP Victus 16

Cek Harga HP Victus 16

Harga HP Victus 16 cukup terjangkau untuk unit laptop di kelasnya. Kesediaan laptop ini di pasar online sendiri aman. Sobat YODU bisa pilih e-commerce yang dipercaya untuk mendapatkan unit ini, beli offline langsung di store jug tidak masalah.

Harga laptop HP Victus 16 di beberapa e-commerce seperti dilihat YODU sekitar Rp 21 jutaan di Lazada, Rp 19 jutaan di Tokopedia, dan Rp 18 jutaan di Shopee. Gimana, kepincut beli?

Ikuti kanal resmi YODU Indonesia di Instagram untuk mendapatkan seluruh berita, panduan, dan highlight Mobile Legends lainnya.

More Stories
usopp live action
Jacob Romero Akan Tampilkan Usopp Live Action dalam Versi yang Berbeda